Baru-baru ini (Maret 2024), Google melakukan dua update besar, yaitu core update dan spam update.

Ternyata, tidak hanya update besar tersebut, Google juga merevisi search quality evaluator guidelines mereka.

Tentunya hal ini menjadi diskursus menarik karena revisi yang terjadi pada search quality evaluator guideline mengikuti core update dan spam update Maret 2024.

Apa saja yang berubah pada search quality evaluator guideline setelah update besar di Maret 2024 ini?

Sekilas tentang Search Quality Evaluator Guideline

Search quality evaluator guideline adalah dokumen Google yang merupakan panduan/framework bagi search quality rater mereka untuk menilai “kualitas” dari sebuah situs.

Tugas search quality rater adalah menilai seberapa bagus kualitas dari hasil pencarian Google.

Sebagai informasi, search quality rater bukanlah sebuah ranking factor.

Namun, penting untuk mengikuti panduan tersebut karena hal tersebut merupakan panduan Google dalam menilai “kualitas” dari suatu situs (E-E-A-T) dan update ke depannya.

Apa yang Berubah dari Search Quality Evaluator Guideline?

Dalam update terbaru, ada bagian yang baru saja bertambah, yaitu tentang ciri-ciri dari laman yang tidak dapat dipercaya (untrustworthy) beserta dengan contohnya.

Menurut search quality evaluator guideline, ciri laman yang tidak dapat dipercaya (untrustworthy) adalah:

  • Kesalahan informasi (tidak faktual) dengan jumlah yang sangat banyak, sehingga user bisa kehilangan kepercayaan dengan situsnya sebagai sumber informasi
  • Kurangnya informasi tentang pemilik situs/kreator kontennya, serta tujuan dari situsnya
  • E-E-A-T yang rendah
  • Situs yang punya niat, tujuan, dan desain yang menipu
  • Ada scam, download yang bertujuan jahat (seperti phising), atau perilaku yang merugikan lainnya
  • Situs yang didesain untuk memanipulasi user untuk menguntungkan organisasi, tetapi membahayakan diri sendiri, orang lain, atau pun grup/populasi
Baca Juga:   Google Bongkar Rahasia Algoritma Helpful Content: Ini Update Pentingnya!

Cuitan ini menceritakan soal contoh yang ditunjukan oleh Google.

Mengapa Penting untuk Menjaga Kepercayaan Audiens dari Konten?

Sederhananya, kepercayaan itu adalah hal yang sulit didapatkan dan mudah sekali untuk hilang.

Konten harus bisa dipercaya oleh audiens agar mereka mendapatkan informasi yang faktual dan bermanfaat. 

Jika audiens kita ternyata menerima hoax dari konten kita, besar kemungkinan, branding situs kita akan rusak. Ingat bahwa informasi yang jelek menyebar lebih cepat daripada kabar baik karena manusia memiliki insting bertahan hidup bernama “ketakutan”.

Selain itu, Google juga selalu mengedepankan user experience, sehingga konten yang tidak bisa dipecaya seperti outdated content, cepat atau lambat akan hilang dari SERP.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa membuat konten yang terpercaya?

Bagaimana Cara Membuat Konten Kita Dipercaya oleh Audiens?

#1 Menggunakan Referensi yang Kredibel

Saat membaca konten yang tidak ada referensinya, mungkin kita jadi merasa kurang percaya dengan kontennya, meski tipe kontennya berupa opini pribadi saja. 

Untuk audiens yang kritis dan tingkat pendidikan tinggi, serta berliterasi tinggi, referensi merupakan kewajiban. Tanpa adanya referensi, bisa saja konten kita hanya dianggap karangan pribadi dan kurang kredibel.

Agar audiens percaya dengan konten yang kita buat, maka kita perlu memakai dan mencantumkan referensi yang kredibel.

Contohnya, kalau kita mau membuat konten dengan niche kesehatan, maka situs WHO atau Kementerian Kesehatan RI menjadi referensi utama.

Baca Juga:   Apakah Ini Algoritma "Google Helpful Content"? Membedah Paper Penelitian dari Google

Kita sebaiknya mencantumkan referensi di akhir konten agar audiens bisa fokus ke konten kita terlebih dahulu.

#2 Menyematkan Outbound Link ke Referensi Terkait

Tidak hanya sekedar mencantumkan referensi saja. Sertakan juga outbound link ke referensi yang kita pakai jika kita menggunakan situs sebagai referensi.

Apakah harus nofollow link? Jika Anda memakai referensi terpercaya, jelas bahwa kita tidak perlu ragu untuk memberikan dofollow link.

Jangan pelit dalam menyematkan outbound link. Ingat bahwa praktisi SEO harus memberikan user experience terbaik bagi audiens situsnya.

#4 Mencantumkan Profil Author

Poin ini bisa dibilang adalah penerapan author authority.

Contohnya, Anda bisa membandingkan jika tulisan di topik YMYL (your money your life) seperti niche keuangan. 

Misalnya, dalam konten dengan niche YMYL tentang rekomendasi saham, konten pertama dibuat oleh anonim, lalu konten kedua dibuat oleh orang yang punya sertifikat CFA (certified financial analyst) dengan pengalaman 3 tahun di pasar saham.

Kira-kira mana yang bisa lebih dipercaya? Jelas sekali bahwa jawabannya adalah tulisan yang ditulis oleh orang yang punya sertifikasi CFA dan pengalaman 3 tahun di pasar saham ketimbang tulisan yang dibuat oleh anonim.

Sebagai reminder, jangan pernah menyematkan nama orang lain beserta gelarnya tanpa consent atau mengaku bahwa suatu konten dibuat oleh manusia, padahal sebenarnya buatan AI demi menerapkan author authority “palsu”. Jadilah praktisi SEO yang berintegritas.

Buatlah Situs yang Terpercaya

Sebagai praktisi SEO, perubahan dalam search quality raters adalah kabar baik, terutama bagi praktisi SEO yang mengedepankan user experience dalam optimasinya.

Bangunlah kepercayaan audiens terhadap situs Anda. Sebagai analogi, kita tentunya juga hanya mau membeli barang/jasa dari tempat yang bisa kita percayai.

Baca Juga:   Google Umumkan Core Algorithm Update September 2022. Traffic Akan Naik atau Turun Ya?

Setelah Anda mendapatkan kepercayaan audiens, maka traffic dan conversion rate akan meningkat dan tujuan bisnis tercapai.

Yuk Bergabung dengan Komunitas Daily SEO ID!

DailySEO ID adalah komunitas SEO yang sangat bermanfaat untuk networking, terutama jika kamu belajar dan mencari insights menarik seputar SEO.

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk belajar SEO di sini.

Referensi:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

Write A Comment