Pada tanggal 13 Desember lalu, Google baru saja merilis dokumentasi baru yang berisi panduan nama dari berbagai fitur pada SERP (search engine result page) Google secara visual, yaitu Galeri Elemen Visual Google Penelusuran (Visual Elements gallery of Google Search).

Di panduan ini teman-teman bisa menemukan anatomi sebuah SERP, beserta nama-nama resmi dari 22 fitur pencarian—jumlah fitur ini akan terus di-update—di search result Google, beserta ilustrasi, penjelasan singkat, bahkan juga tips untuk mengoptimasinya.

Adanya dokumentasi ini tentu dapat sangat membantu para teman-teman praktisi SEO untuk mengoptimasi tampilan hasil pencarian website di Google. Berikut rangkuman singkat dari anatomi utama hasil pencarian di SERP Google.

Anatomi Hasil Pencarian di SERP Google

Di dalam SERP Google, terdapat beberapa blok yang masing-masingnya berisi elemen visual dengan jenis yang berbeda. Google sendiri mendefinisikan elemen visual sebagai fitur pencarian interaktif pada SERP yang ditampilkan pada pengguna.

Setiap elemen visual tersebut juga memiliki elemen visual turunan. Sebagai contoh, text result yang sebelumnya biasa kita kenal sebagai ‘’blue link” merupakan salah satu elemen visual utama di SERP Google, yang memiliki elemen visual turunan seperti attribution, title link dan snippet

Tampilan elemen visual ini akan terus mengalami perubahan, dan setiap pencari mungukin saja mendapatkan tampilan yang berbeda bergantung pada banyak faktor seperti lokasi, device, dan kata kunci yang mereka gunakan.

Ilustrasi dari beberapa elemen visual utama dari SERP Google adalah sebagai berikut:

Screenshot dari Google Seach Central

Pada dokumentasi tersebut Google juga menyertakan beberapa ilustrasi dan penjelasan dari setiap visual elemen utama di SERP seperti di bawah ini.

Baca Juga:   Alexa.com Bakal Pensiun Mei Tahun Depan

Attribution

Attribution merupakan konten atau elemen visual yang mendeskripsikan sumber dari hasil pencarian, yang meliputi nama situs, favicon, dan URL halaman web. Elemen ini dapat muncul di berbagai tipe search result termasuk hasil pencarian dengan format teks, gambar, dan video.

Screenshot dari Google Seach Central

Hasil Teks (Text Result)

Text result adalah hasil pencarian Google yang diambil dari konten berformat teks di halaman web yang telah diindeks oleh Google. Text result di hasil pencarian Google terdiri beberapa elemen visual turunan seperti attribution, title link, dan snippet

Text result juga bisa memiliki rich attribute atau sitelink group, bergantung pada device yang digunakan, informasi yang dicari, dan juga bahasa yang dipakai dalam pencarian.

Screenshot dari Google Seach Central

Hasil Gambar (Image Result)

Pada image result, terdapat dua elemen visual utama yang tampil pada hasil pencarian Google, yaitu attribution yang berisi informasi mengenai sumber gambar (nama domain), dan juga thumbnail dari gambar dari halaman web.

Hasil Video (Video Result)

Video result di Google adalah hasil pencarian video dari halaman website yang telah diindeks oleh Google. Beberapa elemen visual utama yang terdapat pada hasil pencarian video di Google antara lain thumbnail video, title link, attribution, dan tanggal upload video.

Fitur Eksplorasi (Exploration Features)

Exploration feature merupakan fitur pada search result Google yang ditujukan untuk membantu pencari menjelajahi pertanyaan atau pencarian yang berhubungan dengan kata kunci pencarian yang mereka gunakan. Teman-teman akan menemukan fitur ini pada search bar di bagian atas halaman (related search group)

dan juga di bagian tengah halaman (related question group), yang juga biasa kita kenal sebagai bagian ‘People Also Ask‘.

Baca Juga:   Update Algoritma "Helpful Content": Konten Harus Bermanfaat Dulu untuk Manusia, Bukan Google

Sekian rangkuman singkat dari panduan elemen visual di SERP Google. Untuk informasi selengkapknya, teman-teman bisa langsung mengunjungi dokumentasi terkait di Google Search Central ya.

Sedikit Napak Tilas Evolusi SERP Google

SERP Google sendiri sudah berevolusi jauh. Dulu Google hanya menampilkan 10 link berwarna biru saja, dengan ranking 1 menjadi tujuan utama.

SERP untuk keyword “tshirts” tahun 2013. Sumber: Dailymail.co.uk
SERP untuk keyword “jeans” tahun 2013. Sumber: Dailymail.co.uk

Kini sudah sangat beragam, dengan adanya featured snippet, news result, image result, video result, dan sebagainya, yang semuanya bisa mendatangkan traffic dan membantu mencapai tujuan bisnis setiap website.

SERP untuk keyword “jeans” di Desember 2022

________

Jika teman-teman memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, Anda bisa bergabung di grup Telegram DailySEO ID! Lewat grup ini Anda bisa mendiskusikan berbagai topik seputar SEO dengan para praktisi SEO lainnya!

Sumber

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment