Siapa yang tidak kenal SEO? Saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan teknik yang satu ini untuk mempromosikan bisnis mereka.

Bisa dibilang, SEO yang dahulu tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang, kini menjadi primadona bagi para marketer.

Teman-teman tidak perlu heran jika perkembangan bisnis digital pun kian melesat layaknya roket. SEO menjadi teknik unggulan bagi para marketer karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim dibandingkan teknik lainnya seperti SEM.

Akan tetapi, sayangnya saat ini tidak sedikit juga para praktisi SEO yang hanya berfokus pada backlink serta meraih peringkat teratas di search engine.

Lalu, seperti apa praktik SEO yang tepat untuk mendatangkan keuntungan yang melimpah bagi pemilik bisnis?

Sedikit Cerita Perkembangan Bisnis Digital di Indonesia

Era pandemi mengubah semua sektor bisnis, tak terkecuali perilaku konsumen. Semua orang beralih menggunakan online shopping untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, menurut Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga, dalam market Review IDX Channel, dalam economy.okezone.com mengungkapkan adanya pertumbuhan e-commerce lebih dari 40% year-on-year dari tahun 2020-2021.

Tidak berhenti di situ, perkembangan bisnis digital juga terlihat semakin naik dilihat dari laporan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 dari Bank Indonesia.

Melalui laporan tersebut memperlihatkan bahwa transaksi e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan kurang lebih 51,6% pada tahun 2021, yaitu sebesar Rp266 triliun (databoks.katadata.co.id, 25 November 2021). 

Semakin tinggi perkembangan bisnis digital, maka semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan praktisi SEO.

Dunia SEO pun semakin digandrungi oleh semua kalangan sehingga banyak orang yang belajar mengenai hal tersebut untuk bisa terjun ke dalam industrinya.

Baca Juga:   Update Terbaru Google Search Console: Report untuk Video yang Diindeks

Sayangnya, seperti yang udah saya paparkan di awal artikel, masih banyak praktisi SEO yang belum berfokus untuk membantu pemiliki bisnis supaya mendapatkan return of investment dari investasi yang mereka lakukan.

Mereka hanya berfokus untuk mendapatkan backlink yang besar serta mencapai ranking terbaik di Google.

Search Marketers Indonesia Hadirkan The SEO Show Main Event Sebagai Solusi

Search Marketers Indonesia (SMI) adalah komunitas Digital Marketing yang secara aktif ingin memberikan sumbangsih terbaik untuk industri SEO yang lebih sehat dan lebih kompetitif di Indonesia.

Dengan visi dan misi tersebut, maka SMI menghadirkan event yang bertajuk The SEO Show Main Event bagi para praktisi SEO di tanah air.

Harapannya, lewat event ini seluruh praktisi SEO saling berkolaborasi untuk membangun industri SEO yang hebat, memberi perkembangan positif bagi bisnis, sekaligus menciptakan positive customer experience.

The SEO Show Main Event akan dilaksanakan nonstop selama dua hari pada tanggal 16-17 Juli 2022.

Buat teman-teman baik yang pemula maupun expert dalam dunia SEO bisa langsung mengikuti event ini karena akan diisi oleh 18 narasumber, di antaranya:

  • Miftahul Khoir (Head of Digital at KlikDokter) yang akan berbagi tentang Implement Data Structure for E-A-T.
  • Muhammad Ilman Akbar (Founder Daily.SEO ID Digital Marketing Lead at Pashouses) yang akan berbagi Cara Menulis Konten yang Menyentuh Hati dan Pikiran Pembaca
  • Surya Islami (SEO Associate Global Digital Marketing – Coda Payments) dengan materi tentang Multilingual SEO.
  • Dan masih banyak lagi

Acara The SEO Show Main Event disponsori oleh dua sponsor utama, yaitu Dewaweb dan Content Collision. Selain itu, masih ada sponsor lainnya seperti Search Agency, BRTNetwork, dan ASUS Indonesia.

Baca Juga:   Googlebot Hanya Mengindeks 15 MB Pertama dari Sebuah HTML Page. Awas Halamannya Terlalu Besar!

Beberapa media juga turut meramaikan acara ini seperti DailySEOID, Turnbacklink, Teknovidia hingga Suara Terkini.

Komunitas SEO pun turut serta untuk membangun industri SEO yang sehat dengan memberikan support terhadap acara ini. Beberapa komunitas tersebut di antaranya yaitu BiM, komunitas ISB, komunitas ODOP, BloggerHub, dan masih banyak lagi.

Cara Mendaftar The SEO Show Main Event

Acara ini gratis bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Buat teman-teman yang ingin mendaftar, Anda hanya perlu membuka link di bawah ini atau website resmi Search Marketers Indonesia:

Link Pendaftaran The SEO Show Main Event

Di link tersebut juga ada detail jadwal acara dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 15 Juli 2022. Jadi, pastikan teman-teman sudah melakukan pendaftaran, ya! Nanti, setelah mendaftar Anda akan diberikan informasi lebih lanjut perihal link event.

Itu dia sekilas berita mengenai acara The SEO Show Main Event dari SMI. Buat teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Search Marketers Indonesia, Anda bisa langsung follow Instagramnya @searchmarketers.id

SMI juga menyediakan program pembelajar mengenai SEO dan marketing yang bisa diakses secara gratis dan tersedia di grup telegram SMI dan di SMI Classroom.

Selain itu, kalau Anda perlu channel lain untuk belajar atau sharing seputar SEO, teman-teman juga bisa gabung ke telegram DailySEOID.

Di grup telegram Anda bebas menyampaikan pertanyaan ataupun ilmu mengenai SEO karena akan direspons langsung oleh para praktisi SEO di dalamnya.

Jadi, jangan lupa bergabung, ya!

Author

Orangnya suka menulis | SEO Content Writer at Zenius| SEO Enthusiast |

Write A Comment