Untuk praktisi SEO pemula, salah satu pedoman SEO yang harus dibaca adalah Google SEO starter guide. Seperti namanya, pedoman ini cocok untuk praktisi SEO yang baru saja mulai mempraktekkan SEO.

Google SEO starter guide pertama kali muncul pada tahun 2008, kemudian mengalami update di tahun 2017.

Itu berarti update Google SEO starter guide pada Februari 2024 merupakan update kedua dari panduan SEO dari Google.

Jika Anda membaca perbandingan antara Google SEO starter guide tahun 2017 dan 2024 (yang terbaru). Terdapat pembaharuan besar-besaran pada update kali ini.

Apa saja yang berubah dan apakah akan ada perubahan lagi di masa depan?

Apa saja yang Berubah pada SEO Starter Guide 2024?

#1 Yang Hilang dari Google SEO Starter Guide

a. Bagian Glosarium

Pada bagian ini, Google menggantikannya dengan menjelaskan masing-masing istilah dalam konteks halaman.

b. Bagian Structured Data

Google menghapus bagian ini karena topik ini termasuk sebagai topik lanjutan yang tidak perlu dipikirkan oleh pemula.

Selain itu, Google mengatakan “jika seseorang menggunakan sistem manajemen konten (CMS) seperti Wix atau Squarespace, mereka mungkin akan mencoba menggunakan plugin dan tidak perlu khawatir belajar cara menambahkan kode ke situs web mereka“.

Baca Juga:   3 Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Apa Itu Topical Authority

c. Bagian Mobile Friendliness

Alasan Google menghilangkan bagian ini adalah mayoritas website di internet saat ini sudah mobile friendly, sehingga bagian ini sudah tidak diperlukan.

d. Bagian Analisa Performa Situs

Seperti halnya pada bagian Structured Data, Google menghilangkan bagian ini karena pembahasan seputar analisa performa situs dianggap sebagai topik versi lanjut untuk seorang pemula.

2. Bagian yang “Dikompres” oleh Google

a. Bagian Are You On Google?

Pada bagian ini telah disederhanakan menjadi satu bagian yang hanya fokus pada cara cepat memeriksa apakah situs yang dikelola ada di Google.

Selain itu, juga dijelaskan langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik situs jika mereka tidak melihat situsnya di hasil Google Penelusuran.

b. Bagian “Apakah Saya butuh SEO?”

Pada bagian ini, Google merangkumnya menjadi hanya dua kalimat, dan mencantumkan link ke panduan lengkap untuk memudahkan akses menuju dokumentasi ini.

c. Bagian Title Link and Snippet

Bagian ini juga dipersingkat seperti bagian sebelumnya demi mendukung dokumen terpisah yang lebih komprehensif seputar Title dan Snippet.

d. Bagian Images

Untuk praktisi SEO pemula, alt text menjadi petunjuk yang lebih penting, untuk Anda yang ingin mempelajari seputar images dengan panduan yang lebih advance, Anda bisa mempelajari best image practice.

e. Bagian Opt Out Google Search

Meski ini topik yang penting untuk dibahas, menurut Google, (mungkin bukan) itu alasan pembaca mempelajari tentang panduan ini. 

Sehingga bagian ini pun juga turut dikompresi.

f. Bagian Links

Google mengkompresi bagian ini tanpa mengubah pesan penting/value tentang Links kepada para pembaca, sehingga masih menyoroti aspek-aspek penting dan manfaatnya, serta alasan mengapa link bisa bermanfaat bagi pengguna dan search engine.

g. Bagian Promoting a Site

Google mempersingkat bagian ini, namun juga turut mencantumkan dokumen atau panduan yang lebih komprehensif tentang promoting a site, sehingga pembaca bisa mempelajari lebih lanjut disana.

Baca Juga:   Insight dari Wawancara dengan Eli Schwartz, Penulis Buku Product-Led SEO

h. Bagian Site Structured

Pada bagian ini, kebanyakan isinya tidak berubah, namun ada beberapa yang di-remove seperti:

  • Navigasi: Fokus pada menghubungkan halaman yang penting.
  • 404: Google tidak peduli tentang halaman 404, namun pemilik website sebaiknya melakukan apa pun yang masuk akal bagi audience-nya.
  • Setup eksplisit untuk breadcrumb: Bagian ini juga dianggap sebagai materi advanced, sehingga Google menghapusnya.

Apa saja yang Baru?

Google mengaku bahwa mereka tidak ingin menambah bagian terlalu banyak.

Namun, ada beberapa bagian di mana mereka tidak menjawab pertanyaan seperti “mengapa saya harus melakukan ini” dan “mengapa hal ini tidak tercantum di sini”.

Berikut adalah beberapa hal baru yang ada pada SEO starter guide Google:

1. Konten Duplikat

Menyediakan klarifikasi tentang apa itu konten duplikat, metode perbaikannya, dan melengkapinya dengan video singkat.

2. Teori dan Persepsi Umum pada SEO

Menambahkan bagian ini untuk mengingatkan praktisi SEO agar tidak terlalu terikat pada teori SEO yang beredar luas di internet.

3. Berapa Lama SEO akan Menunjukkan Dampak

Google juga menambahkan informasi terbaru yang menjelaskan bahwa perubahan pada website tidak melulu langsung menghasilkan atau memperlihatkan dampak yang signifikan.

Apakah akan Ada Update Lagi pada SEO Starter Guide?

Google mengklarifikasi bahwa SEO starter guide jarang mengalami update.

Anda juga bisa melihatnya dari frekuensi update yang dilakukan, yaitu hanya pada tahun 2008 dan 2017, kemudian Februari 2024.

Yang jelas, Google tidak akan mengubah SEO starter guide dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, mereka mengatakan bahwa user bisa memberikan feedback kepada mereka jika ada topik atau ide yang harus diprioritaskan untuk SEO starter guide.

Ayo Pelajari SEO Starter Guide untuk Kesuksesan Strategi SEO Anda!

Baik praktisi SEO berpengalaman atau pemula bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca dan mengimplementasikan apa yang ada di SEO starter guide.

Pasalnya, pedoman tersebut bisa dianggap sebagai fondasi dasar dalam SEO. Mau se-advanced apa pun, semua kembali ke hal yang fundamental.

Baca Juga:   Terjadi Lagi, Performance Report Google Search Console Mengalami Delay!

Baca lebih lengkap seputar SEO starter guide by Google.

Gabung DailySEO ID Untuk Dapat Insights Terbaru Seputar SEO

Untuk tetap mendapatkan informasi terbaru seputar SEO, Anda bisa bergabung dengan grup DailySEO ID di Telegram.

DailySEO ID merupakan komunitas SEO yang berfokus pada kabar, insights dan best-practice seputar SEO.

Dengan bergabung, selain mendapatkan informasi terbaru, Anda bisa juga berjejaring dengan banyak praktisi SEO berpenglaman di sana.

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

4 Comments

Write A Comment