Apabila teman-teman ingin meningkatkan performa Search Engine Optimization (SEO) dari sisi trafik maupun visibilitas, maka Anda harus memperhatikan yang namanya keyword optimization (optimasi keyword).

Proses ini bersifat fundamental dalam proses SEO.

Mengapa demikian? Karena Google hanya akan menyajikan konten yang paling relevan kepada user dalam menjawab search queries yang digunakan user.

Untuk itu, kita akan belajar bersama-sama bagaimana caranya untuk mengoptimasi keyword untuk SEO, mari kita mulai!

Apa itu Keyword Optimization?

Keyword optimization (optimasi kata kunci) adalah sebuah proses untuk memastikan bahwa teman-teman memilih dan menggunakan kata kunci yang tepat dan efektif untuk mendatangkan trafik ke dalam website yang Anda kelola.

Optimasi keyword juga berarti Anda harus membuat dan memastikan isi konten Anda relevan dengan keyword yang ditargetkan.

Kemudian juga tentang pemilihan kombinasi keyword atau istilah lainnya adalah LSI Keyword.

Bagaimana Cara Melakukan Optimasi Keyword?

Meskipun terlihat sepele bagi orang yang mendiskreditkan SEO, aktivitas optimasi keyword sebenarnya sangat menantang dan terkadang sangat melelahkan.

Jika dilakukan secara asal-asalan, dapat dipastikan performa konten Anda akan kurang baik dan tidak sesuai dengan apa yang teman-teman harapkan.

Cara yang cukup sering digunakan dan gratis untuk optimasi keyword adalah dengan menggunakan tool dari Google seperti Google Search Console, Google Analytics, hingga Google Adwords.

Teman-teman juga bisa menggunakan tool berbayar seperti Keyword Research Toolkit-nya Semrush atau Keyword Explorer-nya Ahrefs.

Baca Juga:   Long Tail vs Short Tail Keyword, Manakah yang Lebih Baik untuk Mendatangkan Traffic & Conversion?

Ada juga extension Google Chrome seperti Keyword Surfer hingga Keyword io.

Tips Optimasi Keyword

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, optimasi keyword yang akan teman-teman lakukan berpotensi untuk meningkatkan performa SEO dan konten website Anda.

Agar teman-teman tidak bingung, silakan baca dan cobalah untuk mempraktekkan tips optimasi keyword di bawah ini:

Audit On-Page SEO Anda

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah meng-audit on-page SEO kita. Apa saja yang harus diaudit?

  • Meta title
  • Meta description
  • Header tag (H1, H2, dst)
  • Struktur URL
  • Gambar
  • Cek isi konten
  • Cek internal link dan eksternal link
  • Social share

Setelah melakukan audit dan penyesuaian halaman yang ada saat ini, kini  teman-teman dapat mulai fokus pada keyword secara lebih spesifik

Memilih Keyword yang Tepat

Anda harus melakukan keyword research untuk memilih keyword apa saja yang mungkin akan digunakan di dalam halaman.

Teman-teman bisa memulainya dengan melakukan brainstorming sejumlah daftar keyword dan frasa yang berkaitan dengan konten, lalu gunakan bantuan tool SEO yang telah disebutkan di atas untuk mendapatkan lebih banyak keyword.

Tidak lupa juga untuk melakukan analisis keyword apa saja yang mendatangkan trafik paling banyak dan keyword apa saja yang konversinya cukup tinggi, disesuaikan saja dengan goals dari website Anda.

Melakukan Mapping Keyword

Mapping keyword (pemetaan kata kunci) adalah strategi yang memetakan daftar keyword yang relevan terhadap konten yang Anda miliki.

Keyword mapping berfungsi agar Anda terhindar dari keyword cannibalization atau menggunakan keyword yang terlalu mirip untuk masing-masing halaman.

Teman-teman harus memastikan di mana keyword tersebut harus ditempatkan berdasarkan intent (maksud) dari masing-masing konten yang Anda punya.

Baca Juga:   Jenis-jenis Keyword yang Digunakan dalam Riset Keyword

Maka penting untuk membuat konten yang unik dan berbeda pada masing-masing halaman supaya konten Anda tidak menjadi sia-sia.

Memasukkan Keyword ke dalam Konten Website

Setelah Anda selesai memilih keyword yang tepat dan menentukan halaman mana yang sesuai, maka saatnya teman-teman memasukkan keyword tersebut ke dalam konten.

Tidak lupa untuk melakukan sejumlah modifikasi agar konten Anda tetap fresh, bernilai, dan natural bagi para pembaca.

Pertimbangkan juga penyematan keyword terkait pada bagian header tag seperti H2, H3, H4, dst, agar search engine lebih memahami pembahasan isi konten Anda.

Dengan menggunakan keyword yang telah ditentukan dan di-mapping ke dalam konten berpotensi meningkatkan keyword coverage dalam konten atau halaman website tersebut. Sehingga, konten dari teman-teman akan memiliki daftar keyword yang “kaya”.

Dalam proses ini, kami telah menyajikan tips dan panduan yang bisa Anda lakukan untuk memperkaya daftar keyword disini.

Hindari Keyword Stuffing

Keyword stuffing merupakan praktik memasukkan banyak keyword ke dalam konten secara berlebihan dan berusaha manipulasi search engine.

Sangat ditekankan untuk menghindari melakukan keyword stuffing ini, karena berpotensi menjadi “senjata makan tuan” yang merugikan performa website Anda.

Orang-orang yang mempraktikkan hal ini cenderung mengesampingkan kualitas konten dan tidak user centric.

Pastikan untuk Memahami Siapa Audiens Anda

Audiens adalah salah satu faktor utama yang harus diperhatikan pada setiap aktivitas SEO Anda.

Akan sangat kurang efektif apabila website Anda mendapatkan ranking dan trafik tinggi tapi ternyata mendatangkan target audiens yang salah.

Jika hal tersebut terjadi, kemungkinannya ada dua, yaitu:

  1. Mereka menemukan website Anda, namun kontennya bukan seperti apa yang mereka cari. Hasilnya, mereka akun langsung meninggalkan website Anda (bounce rate tinggi) dan tidak berminat lagi untuk mengunjungi website Anda.
  2. Target audiens Anda tidak pernah melihat website Anda di SERP (Search Engine Results Page).
Baca Juga:   Cara Menggunakan Google Keyword Planner Serta Tips Ampuh dalam Memakainya!

Sangat disayangkan bukan apabila kedua hal di atas terjadi?

Jadi, pastikan teman-teman memasukkan keyword yang tepat pada halaman dengan konten yang sesuai agar goals Anda tercapai.

Kesimpulan

Harap diingat, tujuan dari keyword optimization ini adalah bukan tentang mempermainkan sistem search engine, tapi lebih kepada membantu search engine agar menemukan dan memahami konten Anda dengan lebih baik.

Dan juga tidak lupa kami ingatkan bahwa SEO itu tentang bagaimana kita memberikan manfaat bagi user, bukan “mempermainkan” mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Demikianlah artikel mengenai tips optimasi keyword ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Sumber:

https://www.semrush.com/blog/keyword-optimization/

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment