Memiliki channel YouTube yang memiliki banyak viewer dan subscriber tentu sangat menyenangkan. Nah, untuk mendapatkan kedua hal tersebut aa beberapa langkah yang perlu teman-teman lakukan.
Salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan topik konten video. Untuk dapat menemukan dan menentukan topik yang menarik, tentu ada proses riset kata kunci layaknya SEO pada website.
Namun perlu diingat, bahwa Youtube keyword research (riset kata kunci Youtube) tidak serta merta sama dengan proses riset untuk SEO Website.
Nah, dalam artikel ini, teman-teman akan mempelajari bagaimana caranya meriset keyword untuk Youtube yang efektif meskipun Anda seorang pemula.
Agar pengetahuan kita semakin bertambah, silakan baca artikel ini sampai selesai ya!
Daftar Isi
Apa itu Riset Keyword Youtube?
Riset keyword YouTube adalah serangkaian proses pencarian dan analisis keyword atau frasa yang sering dicari oleh user (pengguna) di YouTube.
Proses ini dilakukan untuk mengidentifikasi keyword yang relevan dan populer agar dapat membantu video Anda muncul di hasil pencarian YouTube.
Riset keyword YouTube biasanya dilakukan menggunakan tool riset keyword tertentu, seperti YouTube Keyword Tool-nya Ahrefs, VidiQ, hingga Keywordtool.io.
Tool di atas membantu teman-teman untuk menentukan keyword yang memiliki search volume tinggi dan relevan sesuai dengan konten video Anda.
Pentingnya Riset Keyword Youtube
Melakukan riset keyword YouTube sangat penting sebagai langkah upaya meningkatkan peforma konten video di platform tersebut.
Berikut adalah sejumlah alasan mengapa riset keyword YouTube dianggap penting dan harus dilakukan:
#1 Meningkatkan Visibilitas Konten Video
Riset keyword Youtube membantu teman-teman dalam mengidentifikasi keyword apa yang banyak dicari oleh user di YouTube.
Dengan menggunakan keyword yang tepat, populer, dan relevan, konten video Anda berpotensi untuk muncul di hasil pencarian dan direkomendasikan kepada user.
#2 Meningkatkan Jumlah Viewer
Pemilihan keyword yang tepat dan sesuai dengan konten dapat mendatangkan user yang benar-benar tertarik pada video tersebut.
Tentunya hal ini berbanding lurus dengan harapan teman-teman untuk meningkatkan jumlah viewer yang menyaksikan video Anda.
Jika viewer meningkat, maka video Anda berpotensi untuk mendapatkan like, comment, dan bisa menjadi trending di Youtube.
#3 Menemukan Topik yang Paling Banyak Dicari
Sebetulnya teman-teman bebas untuk menentukan dan membuat konten video yang akan di-upload, tapi jika kita melewatkan proses riset keyword Youtube, artinya video Anda bisa saja tidak memiliki viewer.
Oleh karena itu riset keyword Youtube ini menjadi penting untuk dilakukan supaya kita dapat menemukan topik atau jenis video apa yang sedang trend dan paling banyak dicari oleh user Youtube.
Cara Riset Keyword Youtube
Riset keyword Youtube bisa dikatakan hal yang susah-susah gampang, sama seperti kita melakukan keyword research di SEO.
Kita harus teliti agar bisa mendapatkan keyword yang sesuai untuk konten video kita agar tidak salah pilih atau bahkan malah jadi tindakan spammy.
Seperti apa caranya? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
#1 Menentukan topik Konten Video
Menentukan topik adalah langkah awal untuk melakukan riset keyword Youtube.
Contohnya jika Anda adalah sebuah agensi digital marketing, maka Anda bisa menuliskan daftar topik yang mungkin akan dijadikan konten video di channel Youtube Anda.
Contoh topiknya adalah:
- SEO (Search Engine Optimization)
- Digital Marketing
- Content Writing
- Copywriting
- Media Sosial
- Branding
Setelah menemukan dan menetapkan topik, silakan Anda lanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu menggunakan fitur autocomplete Youtube untuk menemukan keyword terkait.
#2 Gunakan Fitur Autocomplete di Kolom Pencarian Youtube
Fitur autocomplete Youtube didesain untuk menampilkan daftar pencarian populer yang berkaitan langsung dengan apa yang Anda ketika di kolom pencarian.
Fitur ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah dan gratis untuk melakukan riset keyword Youtube.
Pada poin sebelumnya, Anda telah menentukan sejumlah topik yang akan Anda angkat menjadi konten video.
Lalu, katakanlah Anda memilih topik Search Engine Optimization.
Yang harus Anda lakukan sekarang adalah membuka Youtube kemudian ketikan “search engine optimization” di kolom pencarian, lalu lihat suggestion (sugesti) pencarian yang Youtube tampilkan kepada Anda.
Dari hasil autocomplete tersebut, pilihlah sejumlah frasa yang Anda rasa cocok dan Anda mampu untuk membuat kontennya.
Dari contoh screenshot di atas, teman-teman bisa memilih frasa “search engine optimization tutorial” sebagai keyword yang akan Anda gunakan.
Keyword yang teman-teman pilih tadi bisa dikembangkan lagi menggunakan tool seperti keyword explorer-nya Ahrefs.
Cukup mudah bukan?
#3 Lihat Konten Video Kompetitor Anda
Melihat atau melakukan analisis kompetitor merupakan cara yang tidak boleh teman-teman lewatkan, karena dengan melakukannya Anda bisa mendapatkan berbagai macam ide keyword dan topik konten.
Selain ide keyword dan topik, teman-teman juga akan mendapatkan insight terkait bagaimana kompetitor membuat dan menyampaikan isi kontennya.
Hal ini penting dilakukan agar kita mengetahui konten video seperti apa yang user inginkan hingga bagaimana menyajikan konten tersebut agar mereka menikmatinya, percaya, dan merasa puas menyaksikannya.
#4 Analisis Title, Description, dan Tag Kompetitor
Jika sebelumnya kita menganalisis konten video kompetitor, kali ini kita akan menganalisis bagaimana kompetitor menulis dan mengoptimasi title, description, dan juga tag di Youtube.
Coba cek ketiga elemen tersebut agar kita bisa mendapatkan ide tentang keyword dan frasa apa yang mereka gunakan, seperti apa mereka menuliskan title dan deskripsinya, dan tag apa saja yang mereka sematkan di videonya.
Kemudian tidak lupa untuk memodifikasinya agar menjadi lebih bagus dan natural.
Ingat, apapun tentang user haruslah bermanfaat bukan malah spammy.
Tool untuk Riset Keyword Youtube
Berikut adalah beberapa tool riset keyword Youtube yang bisa teman-teman coba dan gunakan untuk menemukan potensial keyword di Youtube:
- YouTube Search Autocomplete
- Halaman Trending Youtube
- Google Trends
- Keyword Analytics for YouTube, Semrush
- Youtube Keyword Tool, Ahrefs
- VidiQ
- TubeBuddy
- Keyword Tool io
- Keywords Everywhere
- TubeRanker
Demikianlah artikel mengenai tips riset keyword youtube ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
Sumber:
2 Comments
sangat bagus
saya ingin berkata kasar