Gary Illyes dari Google Search Team di PubCon 2023 lalu mengatakan bahwa link bukan lagi termasuk dalam tiga ranking factor terpenting yang digunakan oleh Google Search.

Pernyataan Gary tersebut banyak “diabadikan” di berbagai postingan di X a.k.a Twitter. Salah satu contohnya adalah cuitan dari Patrick Stox berikut ini:

Meski demikian, peran link sebagai ranking factor tidaklah hilang. Link (baik itu internal link maupun backlink) tetap dan akan terus menjadi hal penting. Pertanyaannya, link yang bagaimana?

Secara spesifik kita akan bahas di tulisan ini.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah link yang didapat oleh satu website dari website lain—disebut juga dengan inbound link, incoming link, external link, dan sebagainya.

Contoh sederhananya adalah jika DailySEO ID punya link yang mengarah ke website teman-teman, maka link di DailySEO ID ini disebut sebagai outbound link atau outgoing link, dan pada saat yang sama, outbound link inilah yang disebut sebagai backlink atau external link terhadap website teman-teman.

Oleh karena itu, sering ditemukan istilah “dapat backlink dari…”, “kasih backlink ke…”, dan masih banyak lagi.

Agar pembahasannya jadi lebih mudah dan simpel, untuk selanjutnya kita akan sepakati penyebutannya dengan “backlink” atau “link” saja.

Mengapa Backlink Penting dalam SEO?

Backlink menjadi penting karena Google bisa menemukan banyak halaman website lain saat melakukan crawling dan meng-index berbagai “isi” di internet ke database mereka karena backlink.

Para praktisi SEO sepakat bahwa cara kerja backlink bagi website diibaratkan sebuah vote.

Lewat backlink, kita dapat memberi informasi ke Google bahwa suatu website punya informasi atau konten yang relevan, bermanfaat, dan kredibel.

Manfaat Backlink Untuk Website

Backlink bermanfaat terutama dalam konteks SEO karena pada dasarnya backlink adalah ranking factor dan punya kontribusi sebagai penentu kualitas konten dari suatu halaman website.

Namun, tidak semua backlink dianggap sama. Mengapa? Pasalnya, Google punya ranking system khusus untuk menilai backlink dan memahami hubungan antar website yang dibangun via backlink ini—salah satu bagian dari sistem ini adalah PageRank.

Jadi, pastikan backlink yang teman-teman dapat atau terima adalah backlink yang relevan.

Selain sebagai ranking factor, ada manfaat lain dari backlink yang mana dapat menyumbangkan trafik tambahan yang disebut dengan referral traffic.

Jenis-Jenis Backlink

Ada banyak sekali jenis backlink tergantung bagaimana kita mengklasifikasikannya.

Contoh jenis backlink berdasarkan proses dan sumbernya adalah:

  • Organic backlink
  • Relationship-based backlink
  • Guest blogging backlink
  • Press release backlink
  • Editorial backlink
  • Forum backlink
  • PBN backlink

SE Ranking bahkan mengkategorikan backlink berdasarkan posisinya di halaman website sebagai berikut:

  • Link di isi konten
  • Link di gambar
  • Link di footer
  • Link di widget

Kenapa ini penting?

Baca Juga:   Mengenal Outbound Link, Perbedaannya dengan Backlink, & Cara Menerapkannya

Alm. Bill Slawski pernah menjabarkan hasil analisis tentang backlink berdasarkan posisi atau letaknya, yaitu orang-orang lebih cenderung mengeklik link yang ditempatkan dengan jelas (contohnya di isi konten dibandingkan dengan di footer), beberapa link di halaman website cenderung memberikan lebih banyak link authority.

Namun, dari banyaknya jenis backlink ini. Ada hal penting lain yang juga mungkin patut diperhatikan.

Berdasarkan dokumentasi Google yang berjudul Qualify Outbound Links for SEO, ketika kita ingin memberitahu Google terkait value dari link, kita bisa menggunakan rel attribute.

Berdasarkan rel attribute ini, jenis-jenis backlink terbagi menjadi:

Nofollow

Nofollow link adalah link dengan rel attribute nofollow.

<a rel="nofollow" href="https://www.dailyseo.id/">DailySEO ID</a>

Atribut ini adalah hint untuk crawler agar tidak mengikuti link tersebut dan menandakan bahwa halaman yang memberikan link tidak ingin diasosiasikan dengan halaman target.

John Mu mengatakan nofollow link tidak meneruskan PageRank.

<a rel="sponsored" href="https://www.dailyseo.id/">DailySEO ID</a>

Link berupa iklan atau dari paid placement.

Google beberapa kali mengingatkan agar menjauhi praktik membeli link hanya untuk sekadar ranking. Teman-teman bisa membaca lebih lanjut tentang peringatan Google ini di Spam policies for Google web search.

DailySEO ID juga pernah mengingatkan teman-teman tentang membeli backlink.

Itulah mengapa lebih baik menambahkan atribut ini untuk link yang benar-benar iklan dan paid placement.

User-generated Link

<a rel="ugc" href="https://www.dailyseo.id/">DailySEO ID</a>

Google merekomendasikan atribut ini untuk komentar dan kiriman atau postingan di forum-forum. Namun, Google juga menyarankan untuk menghapus atribut ini dari konten-konten kontributor tepercaya di suatu forum.

Hal ini dilakukan awalnya untuk memerangi dan mencegah UGC spam.

Multiple Values Link

Seperti namanya, yaitu link yang punya beberapa atribut atau value. Tiap atribut dapat dipisah dengan spasi atau koma.

<a rel="ugc nofollow" href="https://www.dailyseo.id/">DailySEO ID</a>

Dofollow

Dofollow link adalah link yang tidak punya atribut nofollow, UGC, maupun sponsored.

<a href="https://www.dailyseo.id/">DailySEO ID</a>

Dofollow link dapat diikuti oleh crawler dan meneruskan PageRank. Dan benar, backlink relevan seperti ini yang idealnya kita dapatkan.

Istilah-Istilah Lain yang Berkaitan dengan Backlink

Bicara tentang backlink, banyak sekali istilah-istilah yang berkaitan dengan backlink.

Berikut beberapa di antaranya:

Link juice

Merupakan sebutan lain untuk link equity, link value, dsb. yang pada dasarnya adalah nilai yang diteruskan dari satu halaman ke halaman lain via link.

Nilai ini tergantung pada banyak faktor dan baik internal link maupun backlink meneruskan value ini. Konsep dari link juice ini didasarkan pada PageRank.

Bagaimana PageRank bekerja telah mengalami banyak perkembangan sejak saat pertama kali dipulikasikan, dan PageRank terus menjadi bagian dari core ranking system Google Search.

Linking Root Domains

Linking root domains mengacu pada jumlah total link unik dari domain utama yang terhubung ke halaman website Anda (terlepas di halaman mana link tersebut mengarah).

Jika mengacu pafa Ahrefs, linking root domains ini sama dengan referring domain—lebih tepatnya total unique referring domain.

PBN (Private Blog Network)

PBN adalah rangkaian website yang dibuat semata-mata untuk memberikan link ke website lain dengan intensi meningkatkan visibilitas pencarian organik website yang menerima link ini.

Baca Juga:   Update Algoritma Google "Link Spam" Desember 2022: Hati-hati Membeli Backlinks!

Idenya adalah website PBN akan memberikan link equity atau link value ke website utama, yang akan meningkatkan authority-nya dan, dengan demikian, meningkat ranking-nya.

Menggunakan PBN dianggap sebagai upaya untuk memanipulasi algoritma. Oleh karena itu, Google menganggap tindakan ini sebagai link scheme (skema link atau skema tautan) yang melanggar Webmaster Guidelines (sekarang disebut Google Search Essentials). Hal ini membuatnya menjadi taktik SEO yang dianggap tidak etis (black hat SEO).

Link Scheme

Link scheme, skema link, atau skema tautan pada dasarnya adalah skema atau rangkaian yang dibangun untuk memperoleh link. Istilah lain yang berhubungan dengan ini adalah link farm.

Link scheme saat ini berkonotasi negatif karena dianggap sama saja dengan spamming.

Spam Score

Spam score adalah metrik yang digunakan Moz dalam menilai kualitas link dari suatu website.

Spam score dihitung berdasarkan persentase website serupa yang ditemukan Moz mendapat penalti atau diblokir oleh Google.

  • Skor 1%-30% dianggap rendah
  • Skor 31%-60% dianggap menengah
  • Skor 61%-100% dianggap tinggi

Semakin tinggi angka persentase ini, semakin besar pula kemungkinan suatu website merupakan website spam karena menilai banyaknya website serupa yang memang demikian.

Moz mengklaim perhitungan ini didasarkan pada machine learning model mereka yang mengidentifikasi 27 fitur umum di antara jutaan situs yang diblokir atau dipenalti Google dalam data mereka.

DR dan UR

DR (Domain Rating) dan UR (URL Rating) adalah metrik proprietary dari Ahrefs. Metrik ini menggambar kekuatan profil backlink suatu website dalam skala logaritmik dari 0 hingga 100, di mana angka 100 menunjukkan kekuatan tertinggi.

Ahrefs menyatakan terdapat korelasi antara DR website dan jumlah keyword website tersebut yang ranking. Mereka menjelaskan bahwa DR dapat digunakan untuk memperkirakan kemampuan sebuah website untuk mendapatkan organic traffic dari Google.

Hal yang penting diingat di sini adalah, korelasi tidak menunjukkan sebab-akibat 😉

Cara Mendapat Backlink yang Berkualitas

Setelah memahami bahwa backlink tidak dianggap sama rata dan familiar dengan beberapa istilah yang berkaitan dengan backlink, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapat backlink yang berkualitas?

Sebelum ke sana, kita perlu menetapkan definisi dari backlink berkualitas ini.

Para praktisi SEO mungkin punya definisi yang sedikit berbeda-beda.

Beberapa menyatakan backlink berkualitas harus punya atribut dofollow, beberapa mendefinisikan backlink berkualitas harus mendatangkan traffic, ada juga yang mengatakan bahwa backlink berkualitas adalah link yang relevan dan kontekstual dengan konten yang dirujuk.

Sederhananya, teman-teman dapat mendefinisikan backlink berkualitas sebagai backlink yang diperoleh secara organik hasil dari konten yang juga berkualitas. Tanpa link scheme, PBN, dan manipulasi apa pun.

Buat Konten yang Bermanfaat dan Menarik

Cara yang paling umum dilakukan untuk mendapat backlink berkualitas adalah dengan fokus membuat konten yang juga berkualitas. Konten di sini dapat berupa:

  • Case study,
  • Guide dan tutorial,
  • Infographic,
  • Deck,
  • Tools, dsb.

Sehingga orang lain merasa dapat manfaat dari konten yang dibuat dan secara sukarela membagikan, menjadikannya referensi, dan memberikan link ke konten teman-teman tanpa diminta.

Untuk cara ini berjalan efektif, biasanya, teman-teman juga harus melakukan content marketing sederhana dan mendistribusikan konten yang telah dibuat.

Buat Guest Post di Website Lain

Hal yang penting diingat ketika melakukan guest posting adalah kualitas guest post harus tetap sesuai dengan poin sebelumnya (bermanfaat dan menarik). Juga, website dan konten guest post juga sebaiknya relevan.

Baca Juga:   Mau Pakai Jasa Backlink yang "Katanya" Berkualitas? Perhatikan Hal Ini Dulu!

Meskipun cara ini rawan untuk dimanipulasi, guest post atau sering disebut juga guest blogging yang sesuai best practice dan dilakukan dengan baik dan benar (bukan sekadar cari link saja) masih jadi cara yang efektif untuk mendapatkan backlink.

Selain efektif, cara ini juga hemat biaya karena teman-teman tidak perlu membayar apa pun selain waktu dan usaha untuk membuat konten yang berkualitas.

Brand Partnership dan PR (Public Relations)

Brand partnership juga bisa jadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas, hal ini disampaiikan oleh Rifda Aufa Putri Nurazlya (Content dan SEO Specialist di Sunday).

Putri yang punya background di digital PR dan content marketing menjelaskan “Ide awalnya sebenarnya untuk leverage relationship. Saat kita menyampaikan press release, brand partner kita juga ikut mengamplifikasi ini.

Sederhananya, kita melakukan strategic press coverage. Efeknya, media-media lain juga melihat dan ikutan meliput. Nah, since we’re partner, aku coba pitch untuk upgrade dari yang awalnya unlinked mentions jadi backlink.”

“Hasilnya ada peningkatan brand visibility dan harapannya kredibilitas perusahaan juga meningkat. Kita dapat free coverage dan backlink dari media-media besar dan network ke teman-teman jurnalis jadi lebih luas,” tambah Putri.

Selain beberapa cara ini, sebenarnya masih banyak cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas:

Tips Mendapat Backlink yang Berkualitas

Selain cara, tentu ada yang namanya tips. Tips mendapat backlink berkualitas cukup sederhana:

  • Pahami kenapa suatu website layak mendapatkan backlink,
  • pahami kenapa orang lain ingin memberikan link ke website teman-teman,
  • Gunakan common sense,
  • Buat website teman-teman relevan dengan apa yang dicari user,
  • Jadilah akuntabel dan konsisten, terakhir
  • Harus kreatif.

Seringkali teman-teman tidak bisa menggunakan shortcut dalam menjalankan SEO. Oleh karena itu, sebaiknya hindari hal-hal berbau spam seperti membeli backlink hanya untuk ranking semata.

DailySEO ID juga berkesempatan berdiskusi tentang link building bersama Harys Imanulloh (SEO Specialist di PPM School Of Management) yang berpengalaman sebagai SEO Off Page Specialist.

Best practice ketika outreach itu kita pilih website yang paling relevan, kualitas keseluruhan website-nya bagus, dan kita cocok dengan website owner-nya. Kalau untuk ke media, karena di Indonesia jarang ada yang namanya HARO, kita pitch ke jurnalisnya. Jadi, relationship dan value based,” Harys menjelaskan.

“Semakin sering dilakukan justru saya semakin mengerti kalau menjadikan backlink nomor satu, hanya mementingkan off page, dsb. itu malah jadinya juga tidak benar. Justru backlink itu jadi pelengkap,” tambahnya ketika ditanya pendapat tentang seberapa penting backlink dalam SEO.

Tools Backlink Checker

Berikut beberapa tools yang bisa teman-teman gunakan untuk mengecek backlink:

  • Ahrefs
  • Moz Link Explorer
  • SEMrush
  • Google Search Console
  • Ubbersugest
  • Google Alerts
  • Pitchbox

Demikian sedikit penjelasan tentang backlink dan cara mendapatkannya.

Bagaimana pendapat teman-teman mengenai backlink? Seberapa besar prioritas manajemen backlink dalam pekerjaan sehari-hari teman-teman sebagai SEO? Share di kolom komentar, ya!

Untuk teman-teman yang ingin belajar dan memantapkan dasar-dasar tentang SEO, DailySEO ID sudah membuka pendaftaran untuk SEO Fundamental Course (Batch 3) dan kelasnya akan dimulai di 24 Oktober.

Terakhir, jangan lupa untuk bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk diskusi seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Technical SEO Consultant at Paradox Marketing, Contributor at DailySEO ID | I'm an SEO geek. AMA about anything related SEO, I'd be glad to help.