Apakah blogging (ngeblog) masih relevan untuk marketing dan strategi SEO?

Jawaban singkatnya adalah ya. Bagi bisnis, blogging sangat penting sebagai salah satu senjata pemasaran/marketing.

Blogging bisa membangun kepercayaan dan loyalitas, meningkatkan visibilitas di hasil pencarian search engine, meningkatkan brand awareness, mendapatkan leads atau potensi pelanggan baru, menciptakan engagement, serta membantu memahami kebutuhan pelanggan.

Dan itu semua masih relevan di tahun 2022 (dan selanjutnya!)

Blogging Masih Sangat Penting untuk Marketing

Saat artikel ini ditulis, setidaknya ada 4,9 miliar pengguna internet, ada sekitar 70 juta artikel baru yang diterbitkan setiap bulannya, dan 42% website yang ada saat ini dibuat menggunakan WordPress.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh contentmarketinginstitute, 90% bisnis menggunakan blog untuk membantu mereka meningkatkan pangsa pasar brand dalam 12 bulan terakhir.

Cukup tinggi ya?

Berdasarkan sejumlah data di atas, penting bagi sebuah bisnis untuk memasukkan blogging ke dalam strategi marketing mereka.

Walaupun sebenarnya terdapat model content marketing lainnya seperti, infografik, ebook, video, hingga webinar dan video.

Lalu mengapa blog masih tetap penting untuk marketing dan SEO. Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Blogging Membangun Kepercayaan dan Loyalitas

Bagaimana mungkin hanya dengan blog bisnis bisa meningkatkan loyalitas dan kepercayaan user?

Jawabannya adalah sangat mungkin.

Anda pasti sudah tahu dengan yang namanya Google E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness).

E-A-T ini merupakan standar bagi sebuah website atau blog, artikel, dan penulis artikel itu sendiri untuk menyajikan sebuah informasi yang terpercaya.

Meskipun Google E-A-T ini bukanlah faktor ranking, tetap saja Google mengatakan bahwa E-A-T ini esensial terhadap algoritmanya, sebab E-A-T dapat menganalisis dan memahami kualitas dari sebuah konten.

Oleh karena itu dengan E-A-T, konten artikel yang kita buat haruslah informatif, akurat, dapat menjawab pertanyaan user.

Baca Juga:   Apakah Alt Text di Image Memengaruhi Ranking Google Search?

Dan dengan menyajikan konten yang sesuai dengan Google E-A-T tadi (akurat, informatif, dan menjawab), maka secara perlahan kepercayaan dan loyalitas user akan meningkat.

2. Blogging Meningkatkan Visibilitas

Alasan kedua mengapa blogging penting adalah karena ia mampu meningkatkan visibilitas website dan bisnis di search engine results page (SERP) dan juga di mata user.

Blog yang dioptimasi dengan baik untuk search engine dan mampu menjawab pertanyaan user adalah salah satu kunci sukses SEO.

Belum lagi jika teman-teman menambahkan heading dan subheading yang unik dan relevan dengan isi konten, ditambah konten unik hasil riset yang menyeluruh juga memberikan potensi lebih untuk meningkatkan visibilitas.

Potensi peningkatan visibilitas juga datang dari penerapan internal linking.

Link building antar halaman web, konten blog, halaman produk di dalam website dapat mengembangkan visibilitas brand, awareness, hingga authority.

Pastikan juga panjang konten sesuai dengan topik yang dibahas agar konten tersebut dapat menjawab apa yang dicari oleh user.

Jangan lupa juga dengan gambar, karena gambar adalah penyempurna konten Anda dan juga dapat meningkatkan visibilitas di Google image search.

3. Blogging Menciptakan Brand Awareness

Konten original dan fresh (baru) dapat membuat brand Anda tampil lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

Ketika user mencari suatu jawaban dari apa yang mereka tanyakan atau ingin mempelajari sesuatu, kemudian brand Anda tampil teratas di SERP memberikan informasi yang mereka inginkan, di situlah momen brand awareness tercipta.

Semakin Anda investasi lebih dalam strategi blog, maka potensi peningkatan brand awareness juga tercipta, bukan hanya di SERP tapi juga di berbagai media sosial.

4. Blogging Menciptakan New Leads

New leads (prospek baru) yang dimaksud di sini adalah calon klien maupun calon pembeli.

Jika user menyukai konten yang Anda sajikan, kemungkinan besar mereka akan membaca lebih banyak, bahkan subscribe (berlangganan) secara sukarela.

Dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan new leads adalah dengan mengajak mereka untuk subscribe ke email listing Anda melalui blog.

Baca Juga:   Apakah Penggunaan Google Search Console Memengaruhi Ranking di Google Search?

Ajakan subscribe ke email listing melalui konten blog adalah cara yang lebih halus dan tidak mengganggu daripada memaksa mereka untuk menyukai iklan yang mengajak mereka untuk subscribe.

Selain menjadi salah satu taktik jitu untuk mendatangkan new leads, ternyata blog juga menciptakan connection (koneksi) antara user dengan brand Anda.

Jika mereka membaca konten Anda sampai selesai, itu artinya mereka menyukainya, dan di sinilah connection tercipta.

Ketika hal itu terjadi, Anda bisa menampilkan opt-in pop-up yang mengajak mereka untuk subscribe.

Penulis sendiri adalah salah satu orang yang dengan sukarela melakukan subscribe jika konten yang penulis baca itu bermanfaat, menambah ilmu atau wawasan, dan menarik.

5. Blogging Menciptakan Engagement

Salah satu goals (tujuan) dari para content marketer adalah terus membangun hubungan baik dengan user baru dan lama (langganan).

Sehingga hadirlah blog sebagai channel yang menyajikan konten yang lebih shareable ke berbagai media sosial bagi user ketimbang halaman produk atau layanan Anda saja.

Blog merupakan channel yang reliable untuk mengedukasi user, memberikan tips (tutorial), dan meningkatkan connection antara mereka dan brand.

Seiring berjalannya waktu dan perlahan akan membuat user mengingat brand Anda melalui konten yang mereka konsumsi hingga pada akhirnya akan mengubah mereka menjadi long-term customer (pelanggan tetap).

Apalagi jika mereka memiliki minat atau ingin belajar terhadap topik yang Anda buat, maka potensi mereka engage (terlibat) menjadi sangat tinggi.

6. Blogging Memungkinkan Anda Memahami Kebutuhan Customer

Secara umum, customer tidak memiliki banyak waktu untuk membaca blog, jadi penting untuk menemukan apa yang mereka butuhkan agar mereka betah berada di website.

Anda bisa mencoba untuk memposisikan diri sebagai customer, pikirkan apa yang mereka cari, yang mereka butuhkan, apa yang mereka mau dari blog yang Anda buat, dan pastinya pikirkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Sebagai contoh, jika target customer Anda adalah remaja, maka gunakanlah bahasa yang kasual.

Namun jika target customer Anda adalah dewasa, maka pertimbangkanlah menggunakan bahasa yang formal.

Baca Juga:   Apakah Banyaknya Gambar di Halaman Web Menaikkan Ranking Google Search?

Hal di atas hanyalah contoh sederhana, karena masih ada aspek lainya yang harus Anda pertimbangkan seperti topik atau niche yang Anda angkat, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan seterusnya.

Blog juga biasanya menyematkan kolom komentar agar pengunjung dapat ikut terlibat dengan meninggalkan ulasan dan feedback.

Jika pengunjung blog Anda ada yang melontarkan pertanyaan di kolom komentar, mungkin saja pertanyaan tersebut dapat menjadi topik terpisah yang bisa Anda bahas secara menyeluruh (menjadi konten baru).

Pengunjung blog yang engage adalah langkah baik untuk mendapatkan inspirasi, tetap terhubung dengan mereka, dan memahami apa yang mereka butuhkan

Seperti Apa Blogging di Masa Depan?

Blogging telah mengalami perubahan yang cukup signifikan selama bertahun-tahun, baik dalam strateginya hingga tentang cara terbaik agar user merasa engage.

Teman-teman bisa melihat data di Google Trends ini, pada data tersebut blogging dan content marketing terlihat sama di beberapa waktu, walaupun kini fokusnya beralih kepada konten secara keseluruhan.

Namun cara di atas (riset menggunakan Google Trends) belum cukup, karena saat ini semua konten harus dibuat sungguh-sungguh dan dipikirkan secara matang.

Apakah Blog Masih Relevan di 2022?

Blog masih relevan, tetapi sama seperti SEO, blogging pun terus berkembang. Intinya, strategi blog yang efektif adalah dengan menerapkan praktik SEO terbaik.

Mengevaluasi strategi saat SEO sedang berjalan adalah hal yang penting untuk memastikan konten dan website Anda secara keseluruhan memiliki expertise, authoritativeness, dan trustworthiness yang baik.

Blog tidak hanya dapat mendatangkan prospek tetapi juga menumbuhkan brand awareness untuk target market Anda.

Jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajari taktik SEO dan bagaimana cara menjangkau audiens Anda, maka Anda akan memiliki pondasi postingan blog yang baik.

Bagaimana? Apakah blog teman-teman sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan?

Silakan beritahu kami dengan cara menuliskan komentar di bawah, atau bisa gabung ke grup Telegram Daily SEO di sini, jangan lupa untuk berperan aktif di dalam grup ya!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/why-blogging-is-important/456559/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment