Apakah Google mempertimbangkan banyaknya gambar pada halaman web atau postingan artikel dalam algoritma penentuan ranking di SERP (search engine result page)?

Saya yakin teman-teman praktisi SEO tahu, bahwa menambahkan gambar pada sebuah artikel dapat menambahkan konteks bagi para pembaca dan membuat mereka merasa terlibat dengan konten untuk waktu yang lebih lama.

Hasilnya, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak di situs dan berpotensi meningkatkan page view per visit (tampilan halaman per kunjungan).

Memasukkan gambar pada postingan juga memberikan manfaat pada SEO, salah satunya yaitu mendapatkan trafik dari Google Image.

Namun, bagaimana dampaknya jika gambar yang kita masukkan pada artikel sangat banyak?

Apakah berdampak negatif atau malah berdampak positif pada ranking (peringkat) situs di Google?

Agar tidak seperti menebak-nebak buah manggis tentang jumlah gambar, mari kita cari tahu jawabannya di sini.

Klaim: Banyaknya Jumlah Gambar pada Halaman Web dapat Mempengaruhi Peringkat Google

Jumlah gambar pada konten artikel dikatakan dapat mempengaruhi peringkat dalam berbagai cara.

Dan ada klaim, menggunakan terlalu banyak gambar akan mempengaruhi ranking (peringkat) secara negatif. 

Hal ini terjadi karena gambar bisa mempengaruhi kecepatan halaman web, dan halaman web yang lambat cenderung tidak memiliki peringkat lebih baik dari halaman yang lebih cepat.

Bukti: Apakah Jumlah Gambar Di Halaman Web Mempengaruhi Peringkat?

Secara teori, jumlah gambar pada halaman web dapat berdampak negatif pada ranking (peringkat) seperti pernyataan klaim di atas

Namun, hal ini bukanlah aturan baku atau cepat, dan tidak ada ambang batas yang pasti untuk menentukan seberapa banyak gambar dikatakan terlalu banyak.

Sejauh mana gambar dapat mempengaruhi peringkat pencarian tergantung pada seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk loading (memuat) sebuah halaman situs.

Meletakkan banyak gambar dengan ukuran yang besar dapat membuat halaman menjadi lebih lambat, dan dapat berdampak buruk pada peringkat dengan page speed (kecepatan halaman) sebagai faktor peringkat.

Teman-teman harus tahu, bahwa page speed merupakan faktor peringkat yang telah dikonfirmasi, meskipun porsinya kecil.

Di sisi lain, jika sebuah situs menggunakan teknik yang sanggup membuat gambar dapat dimuat cepat, maka itu lebih baik, karena situs bisa menyematkan galeri gambar tanpa masalah.

Terkait dengan klaim bahwa gambar diperlukan untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google, jawabannya: Tidak ada benarnya sama sekali.

Sebagai bukti, teman-teman bisa lihat di halaman pertama SERP mesin pencari apapun. Hampir pasti ada halaman web yang berperingkat tinggi dengan sedikit gambar atau tanpa gambar sama sekali.

Wikipedia adalah contoh nyata dari situs yang tidak memiliki masalah untuk mendapatkan peringkat tinggi, meskipun banyak halamannya tidak memiliki gambar satupun.

Kesimpulan: Banyaknya Gambar Pada Halaman Web TIDAK MEMPENGARUHI RANKING

Tidak ada keterangan yang menunjukkan bahwa jumlah gambar di halaman web, entah terlalu banyak atau terlalu sedikit yang secara inheren (berhubungan erat) merupakan faktor untuk peringkat pencarian.

Jadi pada intinya, teman-teman jangan merasa perlu membatasi penggunaan gambar untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Di sisi lain, jangan merasa berkewajiban untuk menambahkan gambar di semua halaman untuk memenuhi “tuntutan” algoritma Google.

Sama halnya dengan jumlah kata, tidak ada standar jumlah gambar yang akan membantu kita untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Sumber: https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/image-quantity/

Author

SEO Learner | Jr. SEO Specialist at Farmaku & DokterSehat | SEO Freelancer | First time meet SEO in 2014 and diving more deeply in 2019.

7 Comments

  1. Thank you kak udah nulis ini. Eye-opening banget buat aku yang baru belajar SEO yang selama ini malah mikir harus ada gambar di tiap artikel. Keep inspiring <3

  2. Kalau menurut saya, banyaknya gambar ada mempengaruhi ranking google, namun secara tidak langsung. Sebagai contoh adalah artikel tutorial yang membutuhkan gambar yang cukup banyak. Katakanlah seperti WikiHow.

    Itu pengaruhnya pada bounce rate. Ketika orang-orang tak puas dengan artikel yang diberikan, maka mereka akan berpindah pada artikel dengan gambar, sehingga avg page time menjadi tinggi (semakin baik). Artinya memberikan signal kepada google bahwa ini adalah halaman yang informatif dan bermanfaat. Oleh karena itu secara otomatis google menaikkan rank page tersebut.

  3. Akhirnya terjawab sudah salah satu pertanyaan yang selama ini mengganggu para blogger termasuk saya sendiri. Ma kasih banyak atas pencerahannya ya Bang.

    • Apriyanto Ramdhan Reply

      Sama-sama Mas Dwi Wahyudi, semoga bermanfaat!

  4. Pingback: Apakah Bounce Rate Merupakan Faktor Ranking Google? - DailySEO ID

Write A Comment