Pada tulisan yang lalu, saya memperkenalkan tentang local SEO, pentingnya untuk bisnis, dan beberapa tips mengoptimalkan Google Business Profile (dulunya Google My Business) sebagai langkah awal implementasi strategi local SEO kita.

Akan tetapi, mengoptimalkan Google Business Profile saja tidaklah cukup. Lebih dari itu, teman-teman juga harus memperhatikan kualitas konten lokal yang dibuat kepada para user.

Pada dasarnya, konten lokal yang menarik dan berkualitas akan mampu mendorong Anda untuk memenangkan tingkat persaingan bisnis Anda terhadap para kompetitor di area bisnis teman-teman berjalan.

Bahkan, melansir dari Search Engine Journal, SEOreseller.com berhasil meningkatkan traffic hampir 300% melaui konten lokal.

Apa Itu Konten Local SEO?

Pada dasarnya, konten lokal tidak jauh beda dengan konten-konten pada umumnya yang sering teman-teman jumpai di Google.

Akan tetapi, perbedaan yang menonjol dari konten lokal yaitu informasi yang disajikan lebih spesifik membahas mengenai daerah lokal yang bersangkutan. Sebagai contoh, Anda bergerak di bidang bisnis baju Batik dan ingin memasarkan di Pekalongan. 

Dari situ, Anda bisa menyajikan hal-hal yang berbau dengan batik Pekalongan, misalnya jenis batik Pekalongan, bahannya, dan lain-lain.

Jadi, bisa kita simpulkan kalau search intent antara konten biasa dan konten lokal jelas berbeda. Jika konten pada umumnya user lebih umum, konten lokal justru lebih khusus karena hanya ditujukan kepada user yang berada di daerah tersebut.

Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam melakukan keyword research untuk konten lokal?

Dalam melakukan keyword research, teman-teman hanya perlu memfokuskan untuk mencari keyword yang lebih spesifik dan mempunyai tingkat relevansi yang tinggi dengan konten blog Anda.

Baca Juga:   Apakah Meta Description Memengaruhi Ranking di Google Search?

Misalnya, Anda ingin membuat konten motif batik Pekalongan. Teman-teman tinggal memfokuskan keyword yang berhubungan dengan Pekalongan, seperti motif batik Pekalongan, macam-macam motif Pekalongan, jenis batik Pekalongan, dan lain-lain.

Lantas, seperti apa jenis konten lokal yang bisa dibuat untuk website Anda? Mari kita bahas bersama-sama lewat artikel ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kursus/Belajar SEO Online di Indonesia, Ini Investasi Leher Ke Atas!

5 Jenis Konten Local SEO yang Bisa Anda Buat & Optimalkan

1. Landing page spesifik kota

Apakah teman-teman pernah berpikir untuk membuat landing page yang menjelaskan secara spesifik tentang lokasi bisnis Anda?

Hampir sebagian besar dari Anda mungkin hanya meletakkan alamat atau lokasi bisnis di bagian bawah website.

Namun, coba bayangkan jika teman-teman menggambarkan lokasi bisnis Anda secara spesifik di sebuah landing page website dengan menyajikan foto landmark di suatu kota bisnis Anda ditambah dengan deskripsi lokasi bisnis yang detail.

Teman-teman bisa melihat contoh landing page-nya melalui website jenis.com di bawah ini:

konten local SEO
Sumber: Search Engine Journal

Di situ, ia menjelaskan dengan detail bagaimana letak lokasi bisnisnya yang berada di pusat kota Atlanta. Tidak hanya itu, ia juga menggambarkan bagaimana akses menuju ke lokasi bisnis tersebut.

Langkah ini bisa Anda aplikasikan dalam bisnis Anda untuk membangun konten lokal yang berkualitas sehingga mampu memberikan gambaran yang jelas kepada user mengenai lokasi bisnis teman-teman.

2. Halaman FAQ

Teman-teman pasti seringkali menemukan website yang menyediakan landing page untuk sebuah FAQ atau Frequently Asked Questions

Melalui laman FAQ, user jadi lebih mudah mengetahui mengenai seluk beluk bisnis Anda. Di laman ini, Anda bisa menampilkan beragam pertanyaan umum yang mungkin seringkali ditanyakan oleh user.

Sebagai contoh, Anda menyediakan bisnis kelas online. Mungkin, di laman FAQ, teman-teman bisa menyajikan beragam pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti:

  • Apakah mengikuti kelas online ini mendapatkan sertifikat?
  • Bagaimana cara pembayaran kelas online?
  • Apa saja materi yang akan disajikan dalam kelas tersebut?
  • Apakah tersedia bootcamp untuk materi ini?
  • Dan lain-lain
Baca Juga:   Apa Itu Local SEO? Seberapa Penting bagi Keberlangsungan Bisnis?

Untuk menyediakan pertanyaan yang tepat, teman-teman bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai hal-hal umum apa saja yang seringkali ditanyakan oleh user terhadap bisnis yang Anda sajikan.

Melalui laman ini, website Anda tentu kaya akan informasi sehingga menimbulkan daya tarik bagi para user untuk menelusurinya lebih dalam lagi.

Baca Juga: 5 Daftar Indikator Performa Technical SEO dalam Google Search Console

3. Spesial diskon dan paket

Siapa yang tidak suka diskon? Hampir semua user tentu saja menyukai hal tersebut. Untuk menarik user dengan baik, Anda bisa menampilkan sebuah laman yang berisi mengenai diskon produk yang teman-teman sajikan.

Selain memikat daya tarik user, konten yang satu ini tentu bisa menjadi senjata terbaik dalam memenangkan local SEO! 

Bagaimana caranya?

Anda mungkin bisa menyajikan diskon tertentu bagi pengguna yang bertempat tinggal di lokasi Anda. 

Misalnya, Anda mempunyai bisnis cuci sepatu di Jakarta. Lewat konten ini, Anda bisa menyajikan diskon bagi siapa saja yang hendak mencuci sepatu langsung ke store. 

Selain itu, mungkin teman-teman juga bisa menampilkan paket pembelian yang bisa ditawarkan kepada user. Misalnya, Anda menawarkan paket buy 1 get 1 saat mencuci sepatu.

Dengan paket tersebut, user tentu saja semakin tertarik untuk memakai layanan dari bisnis teman-teman.

4. Partnership dengan acara lokal

Di area bisnis Anda ada banyak sekali acara-acara yang sedang berlangsung? Jangan ragu untuk menghubunginya dan mengajaknya bekerja sama.

Melalui partnership ini, Anda tentu bisa menggaet calon customer dari sebuah brand atau perusahaan yang mengadakan acara tersebut.

Dari situ, Anda bisa membuat sebuah laman diskon ataupun konten blog untuk mempromosikan acara itu.

Akan tetapi, satu hal yang perlu Anda perhatikan. Pastikan, acara yang akan ada sponsori memiliki relevansi yang tinggi terkait produk/jasa yang teman-teman tawarkan. 

Baca Juga:   Apa itu Google E-A-T? Apakah E-A-T Memengaruhi Ranking di Google Search?

5. Konten blog

Membuat konten/artikel di blog tentu saja akan membantu Anda menaikkan traffic untuk website bisnis. 

Hal ini sudah diterapkan oleh berbagai macam model bisnis yang ingin meningkatkan revenue/pendapatan. Mereka mencari organic traffic alias traffic gratis melalui Google. Ketika user mengetikkan sesuatu dan menemukan konten tersebut, alhasil user akan mengunjungi bisnis Anda tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Lalu, bagaimana dengan konten lokal? Jika Anda ingin memenangkan persaingan local SEO, tentu teman-teman perlu memikirkan konten yang matang.

Sebagai contoh, Anda bisa menyajikan konten-konten yang berkaitan dengan bisnis Anda, seperti makanan khas favorit di Jakarta, Bandung, dll jika bisnis Anda berkaitan dengan kuliner.

Selain itu, mungkin Anda bisa menyajikan informasi terbaru mengenai bisnis Anda. Misalnya, ada menu favorit baru yang perlu dicoba atau bahkan mengadakan promo terhadap menu tersebut.

Untuk memenangkan traffic lokal, Anda perlu memposting konten dengan konsisten. Jangan lupa juga, pilih keyword yang tepat dan pelajari konten dari para kompetitor untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Optimasi Gambar di SEO, Lakukan Semua Agar Google & User Happy!

Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai apa itu konten lokal beserta jenis-jenisnya yang mungkin bisa teman-teman aplikasikan dari sekarang juga.

Memenangkan local SEO bukanlah suatu hal yang sulit, asalkan teman-teman melakukannya dengan konsisten dan mempelajari para kompetitor dengan saksama.

Jika teman-teman hendak menanyakan hal apapun mengenai SEO, termasuk local SEO, Anda bisa langsung join grup telegram DailySEOID sekarang juga!

Di sana, ada banyak sekali para praktisi SEO yang siap diajak diskusi perihal SEO dan Anda bahkan bisa membagikan pengalaman Anda mengenai SEO kepada yang lainnya.

Sumber: https://www.searchenginejournal.com/local-seo/local-content-examples/

Author

Orangnya suka menulis | SEO Content Writer at Zenius| SEO Enthusiast |

2 Comments

Write A Comment