Dalam ranah digital marketing, khususnya Search Engine Optimization (SEO), memahami dan mengoptimalkan engagement rate merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan dalam bersaing di hasil pencarian Google.
Metrik ini dapat diakses melalui Google Analytics (GA), memberikan wawasan penting mengenai bagaimana pengunjung berinteraksi dengan konten website Anda.
Tingkat keterlibatan yang tinggi tidak hanya menunjukkan konten yang relevan dan menarik, tetapi juga berpengaruh terhadap campaign SEO secara positif.
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara mendetail apa itu engagement rate, mengapa hal itu penting, dan membagikan tips praktis yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkannya, sehingga membantu website Anda mencapai performa maksimal.
Daftar Isi
Apa itu Engagement Rate di GA?
Engagement rate (tingkat keterlibatan) adalah persentase sesi keterlibatan user (pengguna) di dalam website atau aplikasi Anda.
Engagement rate membantu teman-teman dalam mengukur persentase kunjungan ke website atau aplikasi yang melibatkan beberapa metrik engagement.
Contoh:
Ada satu user yang mengunjungi website Anda, ia mengonsumsi sebuah konten kurang dari 10 detik, lalu ia langsung pergi dari website Anda. Saat mereka berada di website Anda, mereka tidak men-trigger event apa pun atau mengunjungi halaman yang lainnya.
Dalam hal ini, karena user tidak cocok dengan salah satu kriteria sesi engagement (sesi kurang dari 10 detik, tidak ada event penting yang terjadi, dan tidak ada setidaknya 2 tampilan halaman atau tampilan layar), maka sesi ini tidak akan dihitung sebagai sesi engagement.
Dalam contoh di atas, jika ini hanya satu-satunya sesi di website Anda, engagement rate akan menjadi 0% dan rasio pentalan akan menjadi 100%.
Pentingkah Mengukur Engagement Rate di GA4?
Jawabannya adalah penting, berikut adalah beberapa alasan mengapa pengukuran ini harus teman-teman lakukan dengan seksama:
- Menunjukkan performa konten.
- Mengukur kepuasan pengguna.
- Mengidentifikasi peluang untuk peningkatan performa website.
- Menganalisa aktivitas marketing Anda.
- Meningkatkan conversion rate.
Tips Meningkatkan Engagement Rate Website Anda
Sejumlah praktik ini bisa teman-teman lakukan untuk meningkatkan engagement rate di dalam website, yaitu:
#1 Meningkatkan Site Speed
Salah satu hal yang kita kurang sukai saat mengunjungi suatu website adalah kecepatan loading-nya yang lambat.
Oleh karena itu, kita juga harus memahami keinginan user website kita, yaitu dengan mengoptimasi site speed-nya.
Jika website Anda lambat, besar kemungkinan user tidak akan betah berlama-lama di dalam website dan engagement pun akan menurun.
Hal-hal sederhana yang bisa teman-teman lakukan untuk meningkatkan site speed adalah:
- Menggunakan hosting yang berkualitas.
- Menggunakan ekstensi gambar yang sesuai dan mengompres ukurannya.
- Mengaktifkan Gzip Compression.
- Memasang cache website.
#2 Membuat Desain Website yang Bagus dan Responsif
Desain website tidak bisa teman-teman buat secara asal.
Dalam menggunakan CMS seperti WordPress, penting untuk memilih tema yang tidak hanya memiliki desain yang menarik tapi juga responsif.
Desain responsif berarti bahwa tampilan website dapat secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar berbagai perangkat, dari desktop, tablet, hingga telepon seluler.
Ini menjadi penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan meningkatkan engagement rate situs Anda.
#3 Minimalisir Masalah Teknis Dasar
Pastikan tidak ada masalah teknis dasar pada website.
Kesalahan umum seperti penggunaan tag noindex, memblokir search engine bot crawlers, atau keberadaan internal links yang mengarah ke halaman error 404 bisa menghambat performa SEO situs Anda secara signifikan.
Untuk menghindari hal ini, lakukan audit technical secara berkala dan perbaiki masalah secepat mungkin.
Pastikan bahwa semua elemen pada situs Anda dapat diakses dengan mudah oleh mesin pencari, sehingga konten yang Anda buat dapat diindeks dan diranking dengan efektif.
#4 Memproduksi Konten yang Bermanfaat
Konten yang bermanfaat akan selalu menjadi elemen penting di SEO.
Tanpa konten yang bermanfaat, website Anda akan minim engagement, atau bahkan merusak reputasi website.
Jika hal ini terjadi, bukan hanya engagement rate yang buruk, keberlangsungan website atau brand pun mungkin akan rusak akibat mendapatkan rasa ketidakpercayaan oleh para user.
Jadi, pastikan teman-teman membuat konten artikel yang unik, bermanfaat, original, dan berkualitas.
#5 Menggunakan Media Kaya pada Konten
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan user engagement di dalam website adalah dengan menggunakan media kaya pada konten.
Jangan hanya menampilkan teks saja, cobalah untuk memasukkan gambar, video, hingga audio pendukung agar mereka semakin betah dalam mengonsumsi konten teman-teman.
Untuk gambar, teman-teman bisa memasukkan infografik yang dibuat oleh Anda sendiri atau tim desain.
Untuk video atau audio, mungkin teman-teman bisa menggunakan konten terkait (asalkan diizinkan atau mencantumkan sumber), namun akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri.
#6 Menerapkan Internal Linking yang Sesuai
Sederhana namun seringkali terabaikan. Yap, menerapkan internal link yang sesuai dan dapat diakses oleh user.
Bantu user yang mengunjungi website Anda untuk menemukan konten lain yang relevan dengan apa yang sedang mereka lihat.
Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan “Baca juga” pada setiap sesi subheading, menyematkan suggested posts di bagian bawah konten, hingga pada anchor text secara langsung.
Contoh “Baca juga” yang diterapkan oleh DailySEO ID:
#7 Memasang Fitur Live Chat atau Chatbot
Last but not least untuk meningkatkan engagement rate adalah memasang fitur live chat atau chatbot, khususnya bagi website teman-teman yang menyediakan produk maupun jasa.
Dengan adanya live chat atau chatbot, maka audiens yang mengunjungi website Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Anda atau tim CS Anda secara langsung.
Tentunya hal ini akan meningkatkan time on site mereka di dalam website.
Jika mereka memiliki pertanyaan dan Anda membalasnya dengan baik dan cepat, maka rasa percaya mereka pun akan meningkat, bahkan sangat berpotensi untuk meningkatkan konversi, yaitu terjadinya transaksi produk atau layanan Anda.
Kesimpulan
SEO bisa diibaratkan seperti puzzle. Bukan hanya ada satu, dua, atau tiga bagian saja, melainkan lebih dari itu agar performa SEO kita benar-benar optimal.
Tapi mungkinkah SEO kita sempurna?
Jawabannya adalah tidak.
Setidaknya itulah yang dikatakan oleh John Mueller selaku Search Advocate di Google pada event Google SEO office-hours.
Demikianlah tulisan mengenai pengertian dan tips meningkatkan engagement rate di SEO ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
Sumber:
https://support.google.com/analytics/answer/12195621?hl=en
https://www.dataflo.io/metricbase/engagement-rate-in-google-analytics-4