Bagi SEO Specialist, memasang dan memahami events di GA4 (Google Analytics 4) adalah pekerjaan yang esensial.

Mengapa demikian?

Pasalnya, events di GA4 memungkinkan kita untuk melacak dan menganalisis setiap interaksi user yang terjadi di website, dengan memberikan data yang bermanfaat untuk proses optimasi SEO.

Ingin tahu lebih lanjut tentang event di GA4 dan cara memasangnya? Simak tulisan ini hingga selesai.

Pengertian dan Fungsi Events di GA4

Events (peristiwa) memungkinkan teman-teman untuk mengukur interaksi atau kejadian tertentu di dalam website atau aplikasi Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan events untuk mengukur saat audiens me-load (memuat) halaman, mengklik link, atau menyelesaikan tindakan purchase (pembelian), atau untuk mengukur system behaviour (perilaku sistem), seperti saat website atau aplikasi Anda mengalami error atau total impression (tampilan).

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat membuat keputusan berbasis data yang bisa meningkatkan kualitas website Anda, pun juga meningkatkan pengalaman pengguna, dan akhirnya meningkatkan konversi atau performa lainnya.

Jenis-jenis Events

Di GA4, terdapat empat jenis events utama yang penting untuk dipahami, masing-masing memberikan insight berbeda tentang interaksi user pada website Anda.

#1 Events yang dikumpulkan secara otomatis:

  • Automatically collected events.
  • Enhanced measurement events.

#2 Events yang harus dibuat secara manual:

  • Recommended events.
  • Custom events.

#1 Automatically Collected Events

Automatically Collected Events (Peristiwa yang Dikumpulkan Secara Otomatis) adalah events yang dikumpulkan secara default setelah teman-teman menyiapkan dan memasang Google Analytics di website atau aplikasi Anda.

Baca Juga:   Contoh Report SEO Agency yang Kaya Informasi Ala Ridho Putradi S'Gara

#2 Enhanced Measurement Events

Enhanced Measurement Events (Peristiwa Pengukuran yang Ditingkatkan) adalah events yang dikumpulkan setelah Anda menyiapkan Google Analytics di dalam website atau aplikasi Anda dan mengaktifkan enhanced measurement (pengukuran yang ditingkatkan).

#3 Recommended Events

Recommended Events (Peristiwa yang Direkomendasikan) merupakan events yang Anda terapkan secara manual, tetapi harus memiliki nama dan parameter standar.

Events ini membuka kemampuan report (laporan) yang ada saat ini dan yang akan datang.

#4 Custom Events

Custom Events (Peristiwa Khusus) merupakan events yang Anda tentukan sendiri. Pastikan Anda hanya membuat custom events jika tidak ada events default lain yang berfungsi untuk kebutuhan website atau aplikasi Anda.

Custom Events tidak muncul di sebagian besar laporan standar, sehingga Anda perlu melakukan eksplorasi atau membuat custom report (laporan kustom) untuk mendapatkan analisis yang dibutuhkan.

Contoh Cara Memasang Events di GA4

Pada contoh ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat new event (peristiwa baru) dari page_view events.

Langkah pertama: Membuat Event

  1. Di menu Admin, di bawah Data Display, silakan klik Events.
  2. Klik Create event.
  3. Di bawah Custom event name, masukkan nama (kurang dari 40 karakter). Misalnya: thank_you.
  4. Pada Matching conditions, di bawah Value, masukkan exact name (nama percis) dari event yang sudah ada. Pada contoh kali namanya adalah page_view.
  5. Klik Add condition.
  6. Di bawah Parameter, pilih page_location.
  7. Lalu di bawah Operator, pilih “contains (ignore case)”.
  8. Di bawah Value, masukkan nama halaman. Contohnya: thank-you.html.
  9. Kemudian klik Create.

Hasilnya, event yang baru dibuat ini akan muncul di Custom events table, namun tidak akan muncul di Existing events table di menu Admin > Data Display > Events sampai Google Analytics memproses datanya.

Baca Juga:   Google Analytics Update: Menghapus 4 Model dan Menambah Custom Metric

Langkah kedua: Menandai Event Baru sebagai Conversion (Konversi)

  1. Di menu Admin, di bawah Data display, silakan klik Conversions.
  2. Kemudian klik New conversion event.
  3. Lalu masukkan nama dari new event yang baru dibuat.
  4. Selanjutnya klik Save, dan selesai!

Bagaimana cukup mudah bukan?

Jika teman-teman merasa masih bingung, maka Anda bisa kunjungi video Youtube Google Analytics ini untuk melihat tutorial dalam versi videonya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian event di GA4, fungsi, dan cara memasangnya ini, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment