Apakah menggunakan template/theme yang sama untuk berbagai website aman-aman saja menurut Google? John Mueller dari Google mengatakan bahwa ini aman, karena banyak website menggunakan template/theme yang serupa/sama.

Ada pertanyaan lewat Twitter, “saya membuat WordPress theme, bisakah saya menggunakannya di berbagai website?”, dan dijawabnya dengan “banyak website menggunakan themes yang sama”. Secara tersirat, ini berarti baik-baik saja di mata Google.

Kemungkinan besar pertanyaan ini ditanyakan karena template/theme biasanya digunakan sebagai salah satu cara mendapatkan backlinks. Penyedia template/theme gratis, untuk WordPress atau Blogspot, menaruh link ke website-nya di bagian footer template/theme yang dia buat, lalu mendapatkan sitewide backlinks dari website yang menggunakan template-nya.

Contoh sitewide footer backlinks yang ada di template Blogspot gratisan

Google sendiri di panduan Google Search Central sudah menyatakan bahwa “Link yang secara luas didistribusikan dalam footer atau template berbagai situs” (widely distributed links in the footers or templates of various sites) termasuk ke dalam kriteria link yang tidak wajar (unnatural links), melanggar panduan Google Search, dan berpotensi terkena hukuman algoritma Google Search.

Kesimpulannya, sebagai pembuat template/theme, tidak masalah jika template/theme kita digunakan di berbagai website, seperti jawaban di atas. Akan tetapi, yang “tidak aman” jika pembuat template/theme website menaruh link ke website-nya sendiri di bagian footer karena itu termasuk unnatural links.

Sebagai pemilik website yang ingin menggunakan template/theme buatan orang lain, pastinya aman-aman saja. Tapi hati-hati, pastikan dulu kalau website lain di niche/kategori yang sama dengan web teman-teman tidak menggunakan template yang sama. Kalau sampai begini kejadiannya, ini seperti pergi ke mall dan ketemu orang lain dengan baju/celana yang persis sama 🤣.

h/t: Search Engine Roundtable

Author

Founder & Editor-in-Chief DailySEO ID | SEO Instructor & Curriculum Creator at RevoU | Former Digital Marketing Lead at Glints | Former Head of SEO & Product Manager at Traveloka | Father of 3

Write A Comment