Industri SEO di Indonesia belakangan ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, ditandai dengan semakin banyaknya bisnis yang mulai berinvestasi di SEO.

Bagi para profesional SEO, tentu hal ini menjadi kabar baik karena dengan begitu karier di bidang SEO pun menjadi semakin menjanjikan.

Namun, semakin ‘cerah’ nya masa depan SEO di Indonesia juga telah memikat banyak talenttalent baru untuk memulai karier di bidang SEO, yang artinya kompetisi dalam berkarier pun akan semakin tinggi pula.

Maka dari itu, teman-teman perlu menjadi lebih stand out dari talent lainnya untuk dapat mengakselerasi karier teman-teman.

Lantas usaha apa saja yang bisa teman-teman lakukan untuk mencapai hal tersebut?

Pada artikel ini, saya akan membagikan tips mengenai hal apa saja yang perlu teman-teman lakukan untuk dapat mengakselerasi karier SEO teman, serta beberapa skill penting yang perlu teman-teman miliki.

Tips Akselerasi Karier di Bidang SEO

1. Berusaha untuk Lebih Aktif

Cara pertama yang bisa teman-teman lakukan agar lebih menonjol dari talent lainnya adalah dengan lebih proaktif.

Masalah yang seringkali saya temukan adalah banyak praktisi SEO yang sebenarnya memiliki keahlian teknis yang baik, namun pasif dan tidak menonjol sehingga sulit untuk mengembangkan kariernya.

Menjadi aktif penting untuk teman-teman lakukan karena bisa meningkatkan peluang teman-teman untuk ‘dilirik’ oleh stakeholder lain, baik itu atasan, recruiter, maupun calon klien.

Lebih dari itu, menjadi proaktif juga dapat membantu teman-teman dalam pekerjaan, mengingat SEO merupakan bidang yang menuntut teman-teman untuk berkolaborasi dengan tim atau divisi lain.

Banyak cara yang bisa teman-teman lakukan untuk belajar lebih aktif. Misalnya saja, bagi teman-teman yang bekerja di perusahaan, teman-teman bisa mulai untuk berani mengutarakan ide atau membagikan informasi baru yang bisa membantu perkembangan kampanye SEO perusahaan teman-teman.

Untuk teman-teman freelancers, lebih aktif berbagi atau memulai diskusi di forum atau komunitas, mengajukan diri sebagai pemateri di webinar, atau bahkan membangun channel Youtube bisa menjadi cara yang efektif untuk membantu meningkatkan eksistensi teman-teman di industri SEO.

2. Belajar Lebih Accountable (Bertanggung jawab)

Kualitas kedua yang penting untuk dimiliki bagi teman-teman yang ingin meningkatkan karier di bidang SEO adalah menjadi accountable alias bertanggung jawab.

Baca Juga:   Memperkenalkan DailySEO ID, Blog Khusus SEO dalam Bahasa Indonesia

Menjadi accountable baik terkait waktu yang teman-teman luangkan, pekerjaan yang teman-teman lakukan, maupun deliverables yang teman-teman janjikan.

Tidak sedikit mereka yang bekerja di bidang SEO, yang meskipun hadir setiap hari di kantor, tetapi jika ditanya apa yang sedang mereka kerjakan mereka tidak mampu menjelaskan, bahkan tidak mengerti tujuan dari apa yang dilakukannya.

Hal ini mencerminkan kurangnya tanggungjawab atas waktu dan juga budget yang mereka habiskan untuk kampanye SEO yang mereka kelola.

Untuk menghindari hal ini, buatlah pola kerja yang jelas, susun rencana kerja yang rinci, dan atur dengan baik waktu yang dibutuhkan untuk mengelola kampanye SEO teman-teman.

Teman-teman bisa melakukan hal ini dengan melakukan perancanaan SEO yang runut, mulai dari riset, lalu ke tahap penentuan target, kemudian merinci usaha apa saja yang perlu dilakukan, dan lama waktu yang diperlukan untuk mencapai target tersebut.

Tanpa perencanaan yang jelas, teman-teman akan sulit menjelaskan tujuan dari pekerjaan yang teman-teman lakukan. Akibatnya, orang-orang juga akan kesulitan untuk memahami value yang teman-teman berikan dari kampanye SEO yang dijalankan.

3. Melibatkan Diri dalam Proses Pembuatan Strategi

Tips yang terakhir adalah untuk mulai melibatkan diri tidak hanya di tahap eksekusi saja, tetapi juga dalam proses membangun strategi SEO.

Mulai dari menyiapkan target audience, memahami perilaku dan tantangan yang mereka hadapi, hingga mencari tahu cara yang bisa dilakukan untuk menggapai mereka.

Hal ini sangat penting karena semua talent SEO pasti paham mengenai teknis SEO. Namun hanya sedikit dari mereka yang mengerti betul bagaimana cara menyusun strategi SEO yang baik.

Dengan begitu, membiasakan diri untuk terlibat dalam proses penyusunan strategi SEO menjadi nilai lebih teman-teman yang tidak dimiliki oleh talent lainnya.

Untuk teman-teman sudah bekerja di perusahaan, cobalah untuk mencari tahu apa target marketing yang dimiliki oleh perusahaan teman-teman.

Dari situ, teman-teman bisa mulai mendefinisikan audiens yang tepat, atau bahkan melakukan riset taksonomi untuk membangun kampanye SEO yang bisa membantu mencapai target marketing dari perusahaan teman-teman.

Begitupun bagi teman-teman freelancers. Teman-teman bisa melatih kemampuan strategizing dengan mulai mengintegrasikan aspek strategis ke dalam service yang teman-teman tawarkan.

Tekankan juga bagaimana SEO yang teman-teman jalankan dapat memberikan value yang jelas untuk klien teman-teman.

Skill yang dapat Membantu Akselerasi Karier SEO

Berbicara mengenai karier tentu sangat erat dengan skill atau keterampilan.

Baca Juga:   Inilah Alasan Mengapa SEO Adalah Skill yang Harus Anda Kuasai di Tahun 2024

Setiap jenis pekerjaan membutuhkan keahlian atau keterampilan yang berbeda-beda, sehingga semakin banyak keahlian atau keterampilan yang dimiliki, maka semakin banyak pula peluang untuk memiliki karier yang sukses dan memuaskan.

Hal ini juga tentu berlaku di bidang SEO. Dalam berkarier di bidang SEO, terdapat beberapa keahlian yang jika bisa teman-teman kuasai dapat sangat membantu dalam mengembangkan karier teman-teman. Berikut beberapa diantaranya.

1. Analytical Thinking

SEO adalah bidang yang menuntut teman-teman untuk dapat memperhatikan banyak hal.

Di dalam menyusun dan menjalankan kampanye SEO, teman-teman perlu melalui tahap-tahap seperti menganalisis touchpoints audience dengan website, memahami perubahan behavior pasar, memantau pergerakan kompetitor, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, kampanye SEO yang teman-teman jalankan akan sulit untuk mencapai kemajuan tanpa kemampuan berpikir analitis.

Penting untuk teman-teman pahami juga bahwa kemampuan analitis bukanlah hanya soal dapat menggunakan Google Analytics, menginstal Google Tag Manager, atau membuat dashboard di Looker Studio.

Tetapi lebih penting lagi, kemampuan berpikir analitis lebih banyak berkaitan dengan mengolah data dari berbagai sumber dan platform, sehingga mendapatkan wawasan yang dapat dijadikan insights untuk meningkatkan performa kampanye SEO teman-teman.

Kemampuan ini perlu teman-teman latih dengan menjadi lebih peka terhadap data. Misalnya, teman-teman bisa mengeksplorasi lebih dalam data di Google Analytics teman-teman untuk memahami semua touchpoints audiens dengan konten website.

Lakukan juga analisis terhadap pesaing, seperti konten apa yang mereka publikasikan, perubahan fitur apa yang mereka lakukan, dan hal lain yang mungkin mempengaruhi performa SEO mereka.

2. Project Management

Project management atau kemampuan dalam mengelola proyek memang sebuah domain pengetahuan yang kompleks, dan membutuhkan pengalaman untuk dapat menguasainya.

Namun keahlian project management yang baik akan sangat membantu dalam membuat pekerjaan teman-teman lebih efektif dan efisien.

Maka dari itu, penting bagi teman-teman talent SEO untuk setidaknya dapat menerjemahkan tujuan yang dimiliki ke dalam setiap tugas yang harus dilakukan dalam kampanye teman-teman.

Selain itu, teman-teman juga harus memahami beban kerja dari setiap tugas tersebut. Misalnya, Anda dapat mengalokasikan waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas, dengan mempertimbangkan dampak yang diharapkan dari tugas tersebut.

Dari situ, teman-teman dapat menetapkan apakah alokasi waktu sudah sesuai atau belum untuk mencapai target yang ditetapkan. Jangan sampai teman-teman menghabiskan waktu pada pekerjaan yang tidak memberikan dampak besar bagi kinerja kampanye.

Baca Juga:   Tips Menyusun Strategi SEO Efektif ala Eli Schwartz di Era Generative AI

Jika Anda memiliki tim, maka Anda dapat mulai melatih keterampilan untuk mendistribusikan tugas ke setiap anggota tim. Hal ini akan melatih kemampuan teman-teman untuk menilai kekuatan dan kelemahan dari setiap anggota tim.

3. Basic Programming

Karena pekerjaan SEO pasti berurusan dengan website, terkadang sulit bagi kita untuk mengindar dari urusan coding, terutama HTML atau Javascript.

Meskipun teman-teman tidak perlu menjadi ahli, namun sekedar memahami dasar-dasar pemrograman HTML dan Javascript saja dapat sangat membantu teman-teman dalam mengerjakan SEO.

Sebagai contoh kasus, teman-teman mungkin diminta untuk menangani website yang di-support oleh Javascript dan perlu menjalankan audit rendering process dari halaman web tersebut.

Tanpa adanya pemahaman mengenai Javascript, teman-teman akan kesulitan untuk mengidentifikasi bagian mana yang menjadi sumber masalah dan perubahan apa yang perlu dilakukan.

Saat ini telah banyak platform belajar pemrograman online, baik gratis maupun berbayar, yang bisa teman-teman manfaatkan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu beberapa jam dalam seminggu untuk belajar bahasa pemrogaman bukan?

4. Komunikasi

Tidak hanya terampil dalam hal teknis saja, sebagai talent SEO teman-teman juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, baik itu verbal maupun tulisan.

Skill komunikasi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan karakter introvert maupun extrovert, melainkan hanya sekedar soal bagaimana kita bisa menyampaikan pesan dengan jelas sehingga mudah dipahami.

Hal tersebut penting karena bekerja di bidang SEO perlu berurusan dengan stakeholders yang beragam, mulai dari klien, anggota tim divisi lain, atau mitra bisnis teman-teman.

Selain itu, seorang talent SEO juga harus mampu mendengarkan dan memahami kebutuhan dan keinginan klien.

Dalam beberapa kasus, teman-teman mungkin harus menjelaskan hal teknis SEO yang rumit dengan bahasa yang lebih sederhana sehingga klien teman-teman dapat memahaminya.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa tips dan keterampilan yang penting dimiliki untuk mengakselerasi karier di bidang SEO.

Ingatlah bahwa mengembangkan karier di bidang apapun membutuhkan investasi jangka panjang.

Maka selain mengikuti beberapa tips di atas, teman-teman juga perlu untuk terus meningkatkan pengetahuan, memantau tren terbaru di industri SEO, dan juga membangun personal branding yang kuat.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Founder & CEO, Search.Agency | Full-time learner, learning the art of convincing people online. DailySEO ID membuka kesempatan untuk kolaborasi konten/guest post seperti ini. Silakan hubungi kami untuk berkolaborasi.

Write A Comment