Pemilik bisnis perlu memperhatikan betapa pentingnya peran SEO (Search Engine Optimization) di era digital saat ini. SEO mampu meningkatkan visibilitas, menumbuhkan bisnis, dan mendapatkan pelanggan potensial melalui search engine seperti Google.

Namun, beberapa pengusaha atau pemilik bisnis terkadang belum memahami sepenuhnya apa itu SEO, bagaimana cara kerjanya, dan apa strategi yang tepat untuk mengoptimalkannya.

Untuk itu, tak jarang juga mereka memutuskan untuk menggunakan jasa pihak ketiga, misalnya SEO agency, untuk mengisi kekosongan di bidang SEO.

Jika saat ini Anda pemilik bisnis dan sedang membutuhkan jasa dari SEO agency, sebaiknya pelajari terlebih dahulu apa saja pelayanan yang biasanya diberikan.

Apa saja pelayanan yang biasa diberikan oleh sebuah SEO agency? Simak artikelnya sampai selesai! Di akhir akan ada juga tips bagaimana memilih SEO agency untuk kepentingan bisnis!

Jika Anda sedang mencari sebuah SEO agency, DailySEO ID memiliki database berbagai SEO agency di Indonesia, yang bisa Anda pilih.

Layanan yang Diberikan SEO Agency

Secara garis besar, SEO agency memberikan layanan dalam membantu meningkatkan visibilitas dan eksistensi website klien supaya muncul di SERP (Search Engine Result Page), dan menempati setidaknya di halaman pertama Google.

Jika semakin bagus peringkat website Anda di SERP, otomatis semakin besar juga traffic yang datang sehingga memunculkan new user ataupun mengkonversikannya menjadi leads atau transaksi (atau yang lain, sesuai tujuan bisnis perusahaan).

Inilah yang dicari oleh perusahaan atau pemilik bisnis dari sebuah SEO agency

Dalam penerapannya, masing-masing SEO agency menyediakan layanan SEO yang berbeda, tetapi intinya mereka harus memberikan layanan inti dari sebuah SEO supaya dapat membantu meningkatkan bisnis klien di ranah digital.

Kira-kira apa saja layanan ini yang dimaksud? Apa alasannya sebuah perusahaan membutuhkan layanan-layanan ini?

LayananManfaat yang Diberikan
Keyword researchMengidentifikasi kata kunci yang tepat akan membantu bisnis mampu memenangkan persaingan dari kompetitor untuk sekumpulan kata kunci yang relevan dengan bisnis
Content creationMempublikasikan konten artikel secara konsisten mampu membuat visibilitas website semakin bagus di Google
Technical SEOMengidentifikasi masalah technical SEO mampu mengatasi masalah situs web tidak di-crawl dan diindeks dengan baik oleh Google
Link acquisitionBisnis yang belum punya nama perlu ditingkatkan otoritas situs web-nya di Google melalui praktik link acquisition atau link building
SEO reportingSEO agency juga perlu memberikan SEO report kepada klien supaya mengetahui kinerja situs web sudah mendekati KPI atau belum
Layanan yang diberikan SEO agency

Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai layanan-layanan di atas, tetap scroll artikelnya sampai bawah, ya!

Keyword Research

Keyword research merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh para praktisi SEO untuk menjalankan sebuah campaign.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melalui keyword research kita bisa mengidentifikasi target keyword yang hendak digunakan untuk meningkatkan visibilitas konten website pada search engine.

Layanan ini harus dan wajib diberikan oleh SEO agency kepada kliennya. 

Dalam praktiknya, biasanya SEO agency akan mempresentasikan keyword-keyword yang telah diriset kepada klien dan menjelaskan alasan keyword tersebut harus dipakai pada sebuah artikel berdasarkan data yang didapatkan.

Untuk diketahui oleh Anda, berikut ada beberapa istilah keyword research yang sering digunakan:

  • Search Volume, ini merupakan istilah untuk menyebutkan jumlah frekuensi rata-rata suatu keyword dicari oleh user. Biasanya disingkat dengan SV
  • Keyword Difficulty, istilah ini mengacu kepada seberapa sulit suatu keyword yang digunakan untuk bisa bersaing dengan kompetitor dan muncul di halaman pertama SERP
  • Keyword Ranking, posisi suatu konten untuk keyword tertentu di search engine

Beberapa dari teman-teman mungkin beranggapan bahwa bisa atau bahkan jago dalam melakukan keyword research secara individu.

Baca Juga:   Membangun Sebuah Karir SEO yang Membanggakan (Liputan 1 The SEO Show Jakarta)

Pasalnya, melalui tools berbayar seperti Ahrefs, Anda hanya perlu mengetikkan suatu domain ke tab ‘Site Explorer’, kemudian Anda akan mendapatkan beberapa target keyword yang sudah masuk ke dalam search engine dan mendapatkan ranking.

Teman-teman bisa melihat contoh tampilan Ahrefs:

Source: Ahrefs

Mungkin, hanya bermodalkan tools Ahrefs saja, Anda tidak perlu menggunakan jasa SEO agency untuk melakukan keyword research

Akan tetapi, bukan hanya mengenai identifikasi target keyword saja yang diperlukan dalam praktik riset keyword, melainkan kita perlu mengetahui interpretasi data dari setiap keyword yang muncul. Misalnya, apakah keyword ini memiliki intent yang sesuai dengan yang diharapkan oleh bisnis Anda?

Hal tersebut biasanya akan diberikan oleh SEO agency.

Selain itu, agency juga akan memberikan strategi terbaik untuk keyword-keyword yang berpotensi mendapatkan ranking terbaik pada website teman-teman.

Pembuatan Konten

Konten menjadi jantung utama bagi SEO supaya performanya berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, SEO agency memberikan layanan yang satu ini untuk meningkatkan kinerja SEO website klien agar bisa meraih peringkat terbaik pada SERP.

Utamanya, agency akan menyediakan layanan pembuatan konten seperti konten artikel untuk blog, landing page website, dan meta tag yang meliputi meta description dan SEO title.

Namun, pada dasarnya tidak terbatas pada itu saja. 

Konten artikel blog

Agency akan membuatkan content calendar kepada klien guna memudahkan klien dalam memproduksi konten-konten.

Dalam penerapannya, agency biasanya akan membagikan file spreadsheet yang berisi topik konten, main keyword, secondary keyword, dan lain-lain.

Untuk penulisannya, terkadang agency menggunakan jasa freelance writer supaya target konten yang dikejar sesuai dengan KPI klien itu sendiri. 

Jadi, Anda hanya perlu melihat isi konten tersebut dan melakukan revisi jika diperlukan. Jika sudah semua, teman-teman bisa langsung mempublikasikannya melalui CMS.

Namun, hal ini tergantung dari kebijakan klien. Beberapa ada juga klien yang memberikan akses CMS ke agency sehingga proses produksi hingga publikasi dilakukan semua oleh agency itu sendiri.

Landing page

Landing page jadi salah satu senjata utama bagi pemilik bisnis untuk bisa memperkenalkan produk mereka dengan baik.

Dalam proses pembuatannya, hal tersebut juga tidak luput dari SEO.

Oleh karena itu, agency biasanya akan menyarankan kepada klien dalam pembuatan landing page, mulai dari keyword hingga size image supaya tidak terlalu besar.

Bahkan, jika perlu agency mempunyai akses ke CMS supaya bisa membuat dan mengedit landing page yang sedang dalam project klien.

Meta description and SEO title

Agency juga akan menyarankan penulisan meta description dan SEO title yang tepat kepada klien. Hal ini tentu disertai dengan keyword yang sudah diriset sebelumnya.

Dalam pembuatannya, agency hanya perlu merekomendasikan penulisan meta description dan SEO title yang tepat atau memiliki akses ke CMS langsung dan mempublikasikannya.

Technical SEO

Untuk menjalankan campaign SEO dengan matang, Anda perlu mengidentifikasi masalah technical SEO. Sebab, apabila ada isu-isu technical, otomatis konten di website Anda tidak bisa diindeks dengan baik oleh Google.

Oleh karena itu, SEO agency menyediakan layanan ini untuk membantu Anda dalam mengatasi permasalahan technical

Sebagai permulaan, biasanya agency akan melakukan SEO audit untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada pada website Anda, termasuk masalah technical SEO.

Baca Juga:   Belajar SEO untuk Pemula: 6 Langkah Aplikatif

Dalam melakukan hal tersebut, agency menggunakan beragam tools yang tersebar, mulai dari Ahrefs, SEMrush, dan lain-lain.

Lalu, apa saja yang biasanya diidentifikasi oleh agency?

  • Memeriksa situs Anda. Apakah sudah bisa di-crawl dan terindeks di Google?
  • Memeriksa struktur website Anda
  • Meninjau performa situs web Anda melalui kecepatan website dan Core Web Vitals (CWV)
  • Memeriksa internal link dan eksternal link di website Anda
  • Meninjau file sitemap dan robots.txt Anda dan memastikan bahwa sudah diimplementasikan dengan baik
  • Memeriksa akun Google Analytics dan Google Search Console Anda
  • Memastikan gambar dioptimasi dengan baik

Kira-kira seperti itu gambaran SEO audit technical yang dilakukan oleh agency. Bisa dibilang, itu belum semua aspek yang akan diaudit oleh agency.

Masih ada hal-hal lain yang bisa Anda pelajari dengan saksama.

Link Acquisition

Link acquisition atau link building juga harus diberikan oleh SEO agency supaya website bisnis teman-teman memiliki otoritas di mata Google dan user.

Caranya adalah dengan mencari website lain yang bisa diajak bekerjasama untuk memberikan backlink ke website Anda. Dengan kata lain, backlink merupakan sebuah rekomendasi yang diberikan oleh website lain.

Dalam praktiknya, biasanya SEO agency menggunakan berbagai macam tools, mulai dari SEMrush, Ubersuggest, hingga Ahrefs untuk mengidentifikasi opportunity untuk mendapatkan backlinks yang relevan.

Untuk penerapannya, masing-masing SEO agency mempunyai metodenya tersendiri, tergantung dari kebutuhan dari klien.

Namun, kebanyakan memberikan saran kepada klien untuk membuat konten yang berkualitas supaya mendapatkan backlink yang alami dari website lain.

Beberapa agency juga bekerja sama dengan tim PR untuk bisa terkoneksi dengan situs-situs berita, agar mereka bisa mempublikasikan berita tentang bisnis Anda.

Dalam link building, ada beragam istilah yang biasa digunakan oleh SEO agency:

  • Follow/Dofollow Links, merupakan link yang dapat memengaruhi ranking page dalam search engine
  • Nofollow Links, link yang tidak memengaruhi peringkat halaman dalam search engine
  • Domain Authority, metriks SEO untuk melihat seberapa besar otoritas suatu website dan dihitung dari angka 0-100

SEO Reporting

Semua SEO agency wajib membuat laporan SEO, entah itu traffic, backlink, dan lain-lain kepada klien dalam frekuensi waktu yang telah ditentukan oleh kedua pihak.

Ketika Anda bekerja sama dengan SEO agency, maka mereka akan memberikan banyak sekali file-file spreadsheet kepada teman-teman, entah itu berisi SEO reporting per bulan, keyword targeting, technical issues, dan lain-lain.

Supaya lebih jelas, agency biasanya membuat sebuah roadmap untuk mempermudah klien. Dalam roadmap tersebut tertera strategi SEO, mulai dari mengidentifikasi permasalahan, solusi, hingga strategi ke depannya.

Biasanya, ada juga agency yang memusatkan untuk membenahi area SEO tertentu terlebih dahulu. Balik lagi, hal tersebut tergantung kepada kesepakatan antara klien dan agency,

Setelah semuanya diatur dengan baik, agency akan mengajak Anda untuk mengadakan meeting kick-off dengan tujuan untuk memulai SEO campaign yang telah dirancang.

Di sini merupakan waktu yang tepat untuk menyesuaikan KPI teman-teman dengan rancangan strategi campaign yang telah disusun oleh agency

Untuk mempermudah proses, SEO agency akan membuatkan spreadsheet tertentu dan membagikannya kepada Anda supaya mudah dalam proses tracking.

Kemudian, Anda juga akan diajak untuk meeting bulanan dengan SEO agency.

Meeting tersebut diadakan oleh agency untuk memaparkan semua laporan performa SEO kepada Anda dalam kurun waktu satu bulan.

Hampir sebagian besar agency menggunakan monthly report untuk campaign-nya.

Akan tetapi, ada juga beberapa agency yang menerapkan weekly report atau bahkan daily report, tergantung dari kesepakatan dengan kliennya.

Tips Memilih SEO Agency untuk Bisnis Anda

Teman-teman yang mempunyai bisnis tentu mempunyai keinginan atau niat untuk menggandeng SEO agency supaya bisa membantu mengembangkan bisnis di dunia digital, khususnya pada search engine seperti Google.

Baca Juga:   Sebelum Memilih Jasa SEO atau Merekrut SEO Specialist, Minta Portfolio Mereka

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja layanan yang akan diberikan beserta penjelasan sekilas mengenai detail-detail pekerjaan agency

Apabila teman-teman tertarik untuk menggunakan jasa SEO agency, berikut ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilihnya:

1. Tanyakan tools apa yang digunakan

SEO tools akan sangat membantu agency dalam mengidentifikasi masalah SEO serta menyediakan solusi bagi para klien.

Namun, hal yang perlu teman-teman ketahui yaitu SEO tools ada yang bisa dipakai gratis dan juga berbayar.

Sebelum memilih SEO agency, pastikan tanyakan kepada mereka mengenai tools yang digunakan.

Jika tools yang digunakan berbayar, bisa disimpulkan bahwa agency tersebut serius mengenai SEO.

Mereka juga tidak mempermasalahkan uang yang harus dibayarkan untuk berlangganan tools SEO.

Di sisi lain, tools SEO berbayar akan menyajikan data-data yang lebih lengkap.

Lain halnya jika SEO agency tersebut menggunakan tools gratis. Informasi yang didapatkan pasti terbatas dan itu sangat berbahaya bagi Anda sebagai klien.

Kalau mereka pakai tools SEO gratis, ya lebih baik Anda pakai tools itu juga, tidak perlu lewat mereka

2. Tanyakan soal budget

Budget menjadi suatu hal yang patut Anda pertimbangkan dalam memilih SEO agency.

Selain menyesuaikan budget teman-teman, biasanya SEO agency terkemuka lebih memprioritaskan klien yang berani membayar harga yang cukup tinggi.

Jadi, agency akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan performa SEO dari klien dan sebisa mungkin mempertahankan klien agar terus memperpanjang kontrak dengan agency terkait.

3. Minta testimoni dari klien

Riset SEO agency sebelum menggunakan jasanya menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan.

Lakukan riset dari segala aspek, mulai dari track record hingga testimoni dari yang lain.

Untuk testimoni, Anda bisa langsung menanyakan dari klien-klien yang sempat menggunakan jasa SEO agency terkait.

Dari situ, teman-teman akan mendapatkan banyak informasi terkait agency yang hendak dipakai dan memutuskan apakah mau memakai agency tersebut atau tidak.

4. Hati-hati dengan agency yang memberikan garansi ranking

Google-nya sendiri yang mengatakan, tidak ada satu orang pun yang bisa memberikan garansi ranking di Google.

Jika Anda sedang memprospek SEO agency dan mereka memberikan garansi ranking, ini adalah red flag yang serius.

5. Hati-hati dengan agency yang hanya membicarakan tentang backlink, backlink, dan backlink saja

Seperti telah kami bahas sebelumnya, SEO itu cakupannya luas, tidak hanya tentang backlinks atau link building saja.

Backlinks adalah salah satu aspek dalam SEO, tapi bukan aspek paling penting.

Jika mereka sebagian besar waktunya digunakan untuk membahas backlink, tidak pernah atau sedikit sekali tentang technical SEO maupun content optimization, ini adalah red flag berikutnya.

Penutup

Pada dasarnya, SEO agency akan banyak membantu aktivitas SEO website bisnis Anda.

Anda tinggal membicarakan strategi bisnis & marketing Anda kepada SEO agency yang tepat, lalu menyerahkan aspek strategi dan operasional SEO kepada agency.

Meski begitu, Anda tetap harus teliti dalam memilih SEO agency. Pastikan pelajari layanan-layanan di atas dengan benar serta tips dalam memilihnya.

Pemilihan SEO agency yang salah bisa berujung pada investasi bodong. Sudah investasi keluar uang untuk SEO, tapi hasil yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi.

Jadi, teman-teman juga perlu mempelajari ilmu SEO atau setidaknya bertanya kepada orang yang ahli SEO saat hendak memilih SEO agency.

Kalau teman-teman ingin berdiskusi soal SEO agency, Anda bisa langsung bergabung ke grup Telegram Daily SEO.

Banyak sekali praktisi SEO yang berkecimpung di dalam agency yang bisa Anda tanya-tanya. Mungkin, Anda juga bisa bekerja sama dengan orang-orang di dalam grup Telegram dalam projek SEO.

Bagi Anda yang baru mau belajar SEO, kini Daily SEO juga sudah menyelenggarakan webinar untuk teman-teman! Webinarnya langsung dibawakan oleh founder Daily SEO, Ilman Akbar.

Buat yang mau daftar ataupun ketinggalan kelas, Anda bisa langsung beli online recordingnya dan daftar di link ini!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment