Apa itu reciprocal link? Seperti apa dampaknya untuk SEO?

Apakah berbeda dengan link exchange?

Mari pelajari bersama-sama di ulasan di bawah ini!

Apa itu Reciprocal Link?

Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia, reciprocal link itu memiliki makna tautan timbal balik.

Sehingga ketika dijabarkan maka reciprocal link adalah link (tautan) yang terjadi dua arah yang terjadi di antara dua website.

Contohnya:

Website A memberikan link ke website B, dan website B juga memberikan link ke website A.

Ilustrasinya seperti gambar di bawah:

infografik ilustrasi reciprocal link

Seberapa Umum Reciprocal Link Terjadi?

Menurut Ahrefs, reciprocal link terjadi di lebih dari 73,6% website, dari 140 ribuan website yang dianalisis, sementara 26,4% website tidak memilikinya.

Berdasarkan data di atas, bisa kita katakan jika reciprocal link ini biasa terjadi, baik itu secara tidak sengaja maupun (mungkin bisa saja) disengaja.

Seperti Apa Dampaknya Terhadap SEO?

Lalu bagaimana dampaknya terhadap SEO?

Apakah bagus atau tidak?

Jawabannya, tergantung.

Alasanya sederhana, reciprocal link terjadi secara natural atau tidak.

Jika natural, maka reciprocal link ini tidak berbahaya, bahkan memberikan manfaat dari sisi kredibilitas dan otoritas.

Namun jika tidak, alias dibuat-buat, maka ini melanggar Google’s spam policies, dan berpotensi mendapatkan google penalty (penalti dari Google).

Tentu teman-teman tidak menginginkannya sama sekali bukan?

Perbedaan Reciprocal Link dan Link Exchange

Sama seperti pembahasan dampak reciprocal link di atas, letak perbedaannya terletak pada maksud dibalik terjadinya pertukaran link.

Jika pertukaran link terjadi secara natural tanpa rencana, maka hal itu adalah reciprocal link.

Baca Juga:   Google: Tool Disavow Bukan Bagian dari Pemeliharaan Website yang Normal

Dan jika pertukaran link terjadi secara sengaja dan direncanakan dengan tujuan tertentu, maka hal itu adalah link exchange.

Penutup

Seperti yang sudah kita sama-sama tahu bahwa link adalah salah satu faktor ranking Google untuk meningkatkan performa SEO website.

Namun link bukanlah satu-satunya, dan juga bukan senjata utamanya.

Jika teman-teman secara sengaja melakukan kesepakatan tertentu dengan website lain untuk saling menukar link, maka inilah yang disebut link exchange yang berpotensi mendapatkan penalti.

Lain ceritanya ketika terjadi secara natural, inilah reciprocal link, yang bisa meningkatkan kredibilitas dan otoritas website yang teman-teman kelola.

Solusi jika Anda masih kesulitan dalam melakukan link acquisition, maka teman-teman bisa mengoptimalkan strategi internal linking.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian reciprocal link dan dampaknya terhadap SEO ini, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Referensi:

https://ahrefs.com/seo/glossary/reciprocal-link

https://www.semrush.com/blog/reciprocal-links

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

I began my SEO journey in 2017 and deepened my expertise in 2019. Since then, I’ve managed SEO for Farmaku.com, DokterSehat.com, and Impulse Digital Agency, while also contributing to DailySEO ID. Now, as a full-time freelancer, I focus on helping B2B companies improve their search visibility and achieve their goals.

Write A Comment