Google dengan produk Google Search nya selalu memperbaharui dan meningkatkan layanannya untuk para user, salah satunya dengan menghadirkan Featured Snippet (cuplikan pilihan).

Bagi para website owner hingga praktisi SEO, hal ini merupakan suatu tantangan yang harus diperhatikan, karena featured snippet berkaitan erat dengan performa website di Google Search.

Oleh sebab itu, mari pelajari lebih lanjut tentang pengertian feature snippet, cara kerja, hingga tips mengoptimasinya di artikel ini.

Baca juga: Daftar Indikator Performa Technical SEO dalam Google Search Console

Apa itu Google Featured Snippet?

Featured snippet adalah salah satu fitur Google Search dalam meng-highlight kutipan teks agar muncul di bagian atas search engine results page (SERP).

Nama lain atau sebutan lain dari featured snippet adalah “Position 0“.

Featured snippet sendiri merupakan salah satu langkah Google untuk meningkatkan user experience bagi para penggunanya untuk mendapatkan jawaban secara cepat.

Sementara itu mengutip dari blog Google Search Central, featured snippet merupakan box khusus di mana format hasil penelusuran umum di-reversed (dibalik), yang mana Google akan menampilkan kutipan teks deskriptif terlebih dahulu.

Contoh Featured Snippet:

contoh featured snippet
Contoh featured snippet – Google Search Central

Lalu, seperti apa sih cara kerja feature snippet ini? Mari lanjutkan membaca.

Baca juga: Tips Optimasi Gambar di SEO, Lakukan Semua Agar Google & User Happy!

Cara Kerja Featured Snippet

Search results Google terkadang menampilkan sejumlah list (daftar) atau teks di mana snippet memberikan deskripsi sebuah halaman web di atas link web berwarna biru. Ini tidak seperti format standarnya di mana link web biru dahulu baru di bawahnya teks deskripsi.

Featured snippet vs rank 1
Featured snippet vs rank 1 – DailySEO ID

Teman-teman DailySEO ID mungkin akan melihat hasil featured snippet ini di search results standar, di dalam “People Also Ask”, atau di Google Knowledge Graph.

Cara kerja Google menampilkan featured snippet ini adalah ketika sistem Google menentukan format ini yang kemungkinan besar akan membantu user menemukan apa yang mereka cari dengan lebih mudah.

Baca Juga:   7 Cara Mengoptimasi Konten Agar Berpotensi Masuk Featured Snippet di Google

Featured snippet akan sangat membantu untuk user yang menggunakan perangkat seluler atau melakukan searching by voice (penelusuran suara).

Umumnya feature snippet akan berisi satu cuplikan teks, namun sangat mungkin muncul lebih dari satu cuplikan teks.

Bagaimana Featured Snippet dipilih?

Google menjelaskan bahwa featured snippet ini diambil dari web search listing (daftar penelusuran web).

Sistem Google secara otomatis menentukan halaman web mana yang akan ditempatkan sebagai “good featured snippet” untuk di-highlight di SERP.

Tentu saja Google membuka peluang bagi Anda memberikan feedback untuk meningkatkan algoritma penelusuran dan kualitas dari hasil penelusuran.

Baca juga: Panduan Lengkap Google Analytics untuk SEO: GA4 dan Universal Analytics

Tipe-tipe Featured Snippet

Sebelum berperang Anda harus tahu dulu medannya. Maksudnya, sebelum mengoptimasi featured snippet, Anda harus tahu dulu tipe-tipe dari featured snippet.

1. Paragraph Featured Snippet

70% dari featured snippet adalah paragraph type (tipe paragraf), dengan panjang rata-rata sekitar 42 kata dan 250 karakter.

featured snippet paragraf
Featured snippet paragraf – Search Engine Journal

Kebanyakan dari featured snippet tipe ini dimulai dengan judul “what (apa)” atau “why (mengapa)”, hal ini mengindikasikan bahwa kebanyakan yang dicari user adalah informational query.

2. Listicle Featured Snippet

Rata-rata 19% dari featured snippet selanjutnya adalah listicle type (tipe daftar isi), yang rata-rata terdiri dari 6 item dan 44 kata.

Terkadang muncul dalam tampilan ordered list (angka 1, 2, 3, dst), dan terkadang dalam tampilan unordered list (hanya bullet points).

Ordered list:

Listicle featured snippet
Listicle featured snippet (ordered) – Search Engine Journal

Unordered list:

featured snippet listicle unordered
Featured snippet listicle unordered – Search Engine Journal

3. Table Featured Snippet

Tipe selanjutnya adalah table featured snippet yang sekitar 6,3% muncul di SERP. Rata-rata muncul dengan kutipan 5 baris dan 2 kolom dengan 40 sampai 45 kata.

featured snippet table
Featured snippet table – SEJ

4. Video Featured Snippet

Terakhir ada tipe video featured snippet yang muncul sekitar 4,6% di SERP, rata-rata video yang muncul berdurasi 6 menit 35 detik.

featured snippet video
Featured snippet video – SEJ

Penutup

Itulah penjelasan dari pengertian Google featured snippet, cara kerjanya, hingga tipe-tipenya.

Baca Juga:   Apa Itu Local SEO? Seberapa Penting bagi Keberlangsungan Bisnis?

Pahami dan telaah lebih dalam agar Anda memahami featured snippet lebih lanjut, dan jangan lupa untuk terus update pengetahuan SEO Anda supaya tidak ketinggalan.

Lalu bagaimana dengan cara mengoptimasi featured snippet ini? Silakan baca Cara Mengoptimasi Konten Agar Berpotensi Masuk Featured Snippet di Google.

Mari bersama-sama membangun industri SEO di Indonesia yang sehat tanpa trik spammy, dan silakan ajukan pertanyaan seputar SEO dan Digital Marketing di grup Telegram DailySEO ID, yuk gabung di sini!

Sumber:

Author

SEO Learner | Jr. SEO Specialist at Farmaku & DokterSehat | SEO Freelancer | First time meet SEO in 2014 and diving more deeply in 2019.

Write A Comment