Apakah teman-teman seringkali merasa penasaran tentang “berapa kira-kira gaji orang-orang SEO, ya?”

Pertanyaan ini tentu saja menjadi suatu tanda tanya besar, utamanya bagi orang-orang yang ingin berkarier di dunia SEO.

Semakin ke sini, SEO memang semakin dibutuhkan oleh perusahaan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness hingga penjualan bisnis.

Dengan kondisi seperti ini, tidak heran kalau lowongan karier SEO juga semakin melonjak dari waktu ke waktu.

Melihat hal tersebut, DailySEO ID mencoba untuk mengadakan SEO salary survey, di mana pada survei tersebut telah dimulai pada Maret 2024 dan diikuti oleh 320 orang dari berbagai macam profesi yang berkaitan dengan SEO.

Berikut ringkasan hasil survey-nya. Insight lebih lengkap bisa didapatkan dengan men-download laporan akhirnya.

Dominasi SEO Specialist Dibandingkan Profesi Lainnya

Dari 320 orang yang berpartisipasi ke dalam SEO Salary Survey DailySEO ID, posisi SEO Specialist paling banyak dengan jumlah 158 orang.

Sisanya, diisi oleh posisi Content Writer dengan total 91, Digital Marketing Analyst 23, SEO Manager 18 hingga SEO Lead/Head of SEO 15.

SEO Salary Survey DailySEO
Dok. DailySEO ID

Gaji Karyawan di Industri SEO

Dari data yang kami himpun, ada 7 profesi dengan rata-rata gaji yang berbeda satu sama lain bergantung dengan jabatannya. Berikut lampirannya:

Rentang gaji berbagai role di industri SEO (DailySEO ID SEO Salary Survey 2024)

Dari data di atas, jabatan sebagai SEO Manager mendapatkan rata-rata gaji paling tinggi dibandingkan dengan role pekerjaan lainnya.

Selain itu, gaji Content Writer bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan role pekerjaan lainnya, tetapi masih sangat kompetitif jika dibandingkan dengan SEO Specialist dan Digital Marketing Specialist.

Meski begitu, rata-rata gaji SEO Specialist atau SEO Content Writer bisa lebih besar, tergantung dari pengalaman kerjanya.

Data tersebut juga sudah kami himpun mulai dari pengalaman kerja kurang dari 1 tahun hingga 6-10 tahun.

Gaji SEO Specialist berdasarkan pengalaman kerja

Rentang Gaji SEO Specialist Berdasarkan Pengalaman Kerja (DailySEO ID SEO Salary Survey 2024)

Dari data di atas, bisa disimpulkan bahwa semakin lama pengalaman kerja SEO Specialist, maka akan berpengaruh terhadap gaji yang akan didapatkan.

Gaji SEO Content Writer berdasarkan pengalaman kerja

Secara garis besar, SEO Content Writer memiliki kemiripan dengan SEO Specialist yaitu berpotensi mendapatkan gaji yang lebih besar tergantung dengan pengalaman kerjanya.

Hanya saja, untuk SEO Content Writer median gajinya cenderung lebih kecil daripada SEO Specialist. Berikut rinciannya:

Rentang Gaji SEO Content Writer Berdasarkan Pengalaman Kerja (DailySEO ID SEO Salary Survey 2024)

Bisa dilihat bahwa gaji SEO Content Writer dibandingkan dengan SEO Specialist berdasarkan pengalaman kerja mempunyai perbedaan rata-rata di angka 2-3 juta.

Gaji SEO berdasarkan area yang di-handle

Orang SEO yang mengurus area content & link building punya rentang gaji lebih sedikit dibanding yang mengurus technical. ASO (App Store Optimization) menjadi area yang memberikan gaji paling tinggi.

Gaji SEO berdasarkan KPI yang dibebankan

SEO yang KPI-nya ranking memiliki rentang gaji paling sedikit, hanya 60%-nya dari yang punya KPI purchase.

Gaji SEO berdasarkan sistem bekerja

Orang SEO yang bekerja secara hybrid punya rentang gaji lebih tinggi dibanding yang WFO

Gaji SEO berdasarkan domisili provinsi

Seperti diduga, mereka yang berdomisili di Jabodetabek (provinsi DK Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) memiliki rentang gaji yang paling tinggi dengan median gaji antara 7 – 7,5 juta rupiah).

Yogyakarta memiliki rentang gaji paling rendah, dengan median gaji hanya 57% dari median gaji DK Jakarta.

Download laporan lengkapnya untuk mendapatkan insights tersebut lengkap dengan nominal angkanya.

Gaji SEO Berdasarkan Perusahaan

Kami menghimpun banyak sekali data-data karyawan dari berbagai macam background perusahaan, mulai dari in-house, agency, freelance hingga seberapa banyak jumlah karyawan di dalam perusahaannya.

Tidak hanya itu, kami juga menemukan fakta-fakta menarik seputar target market dari perusahaan. 

Faktanya, jika seseorang bekerja di perusahaan dengan target market luar negeri, ia mendapatkan gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang hanya target market di Indonesia.

Gaji berdasarkan jenis perusahaan

Fakta unik lainnya yang kami temukan yaitu orang yang bekerja SEO in-house rata-rata memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan yang bekerja di agency.

Di sisi lain, praktisi SEO yang bekerja sebagai freelancer rata-rata mendapatkan gaji yang tidak begitu besar dibandingkan dengan yang bekerja di agency atau in-house.

Rentang Gaji Berdasarkan Jenis Perusahaan (DailySEO ID SEO Salary Survey 2024)

Gaji SEO berdasarkan jumlah karyawan di perusahaan

Semakin besar perusahaan tempatnya bekerja (dilihat dari jumlah karyawan di perusahaan), gaji para SEO menjadi semakin tinggi pula. Menariknya, korelasi ini terjadi hanya sampai titik tertentu.

Gaji SEO berdasarkan negara target pasar perusahaan

Perusahaan yang menyasar target market hanya di luar negeri memberikan gaji paling tinggi, dibandingkan dengan perusahaan dengan pasar hanya di Indonesia.

Gaji SEO berdasarkan tingkat kebahagiaan kerja

Kami menemukan bahwa semakin bahagia seseorang dengan tempat kerjanya, semakin tinggi pula rentang gajinya.

Download laporan lengkapnya untuk mendapatkan insights tersebut lengkap dengan nominal angkanya.

Download Selengkapnya: Laporan SEO Salary Survey 2024

Apabila teman-teman ingin tahu lebih dalam lagi mengenai hasil survei yang kami lakukan, Anda bisa langsung download file-nya melalui form di bawah ini ya!

Download Report Salary Survey
* indicates required


Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

1 Comment

Write A Comment