Apakah teman-teman seringkali merasa penasaran tentang “berapa kira-kira gaji orang-orang SEO, ya?”
Pertanyaan ini tentu saja menjadi suatu tanda tanya besar, utamanya bagi orang-orang yang ingin berkarier di dunia SEO.
Semakin ke sini, SEO memang semakin dibutuhkan oleh perusahaan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness hingga penjualan bisnis.
Dengan kondisi seperti ini, tidak heran kalau lowongan karier SEO juga semakin melonjak dari waktu ke waktu.
Melihat hal tersebut, DailySEO ID mencoba untuk mengadakan SEO salary survey, di mana pada survei tersebut telah dimulai pada Maret 2024 dan diikuti oleh 320 orang dari berbagai macam profesi yang berkaitan dengan SEO.
Berikut ringkasan hasil survey-nya. Insight lebih lengkap bisa didapatkan dengan men-download laporan akhirnya.
Daftar Isi
Dominasi SEO Specialist Dibandingkan Profesi Lainnya
Dari 320 orang yang berpartisipasi ke dalam SEO Salary Survey DailySEO ID, posisi SEO Specialist paling banyak dengan jumlah 158 orang.
Sisanya, diisi oleh posisi Content Writer dengan total 91, Digital Marketing Analyst 23, SEO Manager 18 hingga SEO Lead/Head of SEO 15.
Gaji Karyawan di Industri SEO
Dari data yang kami himpun, ada 7 profesi dengan rata-rata gaji yang berbeda satu sama lain bergantung dengan jabatannya. Berikut lampirannya:
Dari data di atas, jabatan sebagai SEO Manager mendapatkan rata-rata gaji paling tinggi dibandingkan dengan role pekerjaan lainnya.
Selain itu, gaji Content Writer bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan role pekerjaan lainnya, tetapi masih sangat kompetitif jika dibandingkan dengan SEO Specialist dan Digital Marketing Specialist.
Meski begitu, rata-rata gaji SEO Specialist atau SEO Content Writer bisa lebih besar, tergantung dari pengalaman kerjanya.
Data tersebut juga sudah kami himpun mulai dari pengalaman kerja kurang dari 1 tahun hingga 6-10 tahun.
Gaji SEO Specialist berdasarkan pengalaman kerja
Dari data di atas, bisa disimpulkan bahwa semakin lama pengalaman kerja SEO Specialist, maka akan berpengaruh terhadap gaji yang akan didapatkan.
Gaji SEO Content Writer berdasarkan pengalaman kerja
Secara garis besar, SEO Content Writer memiliki kemiripan dengan SEO Specialist yaitu berpotensi mendapatkan gaji yang lebih besar tergantung dengan pengalaman kerjanya.
Hanya saja, untuk SEO Content Writer median gajinya cenderung lebih kecil daripada SEO Specialist. Berikut rinciannya:
Bisa dilihat bahwa gaji SEO Content Writer dibandingkan dengan SEO Specialist berdasarkan pengalaman kerja mempunyai perbedaan rata-rata di angka 2-3 juta.
Gaji SEO berdasarkan area yang di-handle
Orang SEO yang mengurus area content & link building punya rentang gaji lebih sedikit dibanding yang mengurus technical. ASO (App Store Optimization) menjadi area yang memberikan gaji paling tinggi.
Gaji SEO berdasarkan KPI yang dibebankan
SEO yang KPI-nya ranking memiliki rentang gaji paling sedikit, hanya 60%-nya dari yang punya KPI purchase.
Gaji SEO berdasarkan sistem bekerja
Orang SEO yang bekerja secara hybrid punya rentang gaji lebih tinggi dibanding yang WFO
Gaji SEO berdasarkan domisili provinsi
Seperti diduga, mereka yang berdomisili di Jabodetabek (provinsi DK Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) memiliki rentang gaji yang paling tinggi dengan median gaji antara 7 – 7,5 juta rupiah).
Yogyakarta memiliki rentang gaji paling rendah, dengan median gaji hanya 57% dari median gaji DK Jakarta.
Download laporan lengkapnya untuk mendapatkan insights tersebut lengkap dengan nominal angkanya.
Gaji SEO Berdasarkan Perusahaan
Kami menghimpun banyak sekali data-data karyawan dari berbagai macam background perusahaan, mulai dari in-house, agency, freelance hingga seberapa banyak jumlah karyawan di dalam perusahaannya.
Tidak hanya itu, kami juga menemukan fakta-fakta menarik seputar target market dari perusahaan.
Faktanya, jika seseorang bekerja di perusahaan dengan target market luar negeri, ia mendapatkan gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang hanya target market di Indonesia.
Gaji berdasarkan jenis perusahaan
Fakta unik lainnya yang kami temukan yaitu orang yang bekerja SEO in-house rata-rata memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan yang bekerja di agency.
Di sisi lain, praktisi SEO yang bekerja sebagai freelancer rata-rata mendapatkan gaji yang tidak begitu besar dibandingkan dengan yang bekerja di agency atau in-house.
Gaji SEO berdasarkan jumlah karyawan di perusahaan
Semakin besar perusahaan tempatnya bekerja (dilihat dari jumlah karyawan di perusahaan), gaji para SEO menjadi semakin tinggi pula. Menariknya, korelasi ini terjadi hanya sampai titik tertentu.
Gaji SEO berdasarkan negara target pasar perusahaan
Perusahaan yang menyasar target market hanya di luar negeri memberikan gaji paling tinggi, dibandingkan dengan perusahaan dengan pasar hanya di Indonesia.
Gaji SEO berdasarkan tingkat kebahagiaan kerja
Kami menemukan bahwa semakin bahagia seseorang dengan tempat kerjanya, semakin tinggi pula rentang gajinya.
Download laporan lengkapnya untuk mendapatkan insights tersebut lengkap dengan nominal angkanya.
Download Selengkapnya: Laporan SEO Salary Survey 2024
Apabila teman-teman ingin tahu lebih dalam lagi mengenai hasil survei yang kami lakukan, Anda bisa langsung download file-nya melalui form di bawah ini ya!
1 Comment
apakah Masi relevan