Salah satu penyedia layanan pemeringkat website dan analisa SEO, Alexa.com bakal segera pensiun. Rencananya, anak usaha milik Amazon tersebut akan ditutup per 1 Mei 2022 mendatang.

Buat para blogger yang sering menggunakan tool SEO satu ini mungkin bakal merasa kehilangan. Bagaimana tidak, situs satu ini bisa dibilang sesepuh dibanding tool SEO dan pemeringkat website lainnya. Bila dihitung mundur, Alexa.com sudah berusia 25 tahun sejak didirikan pada 1996 silam.

Sedangkan, tools lainnya baru muncul beberapa tahun setelah Alexa.com. Misal, Moz baru muncul pada 2004, similarweb pada 2007, Semrush pada 2008, Ahrefs dan Ubersuggest pada 2010.

Lantas, kenapa Alexa.com ditutup?

Dalam laman resminya Alexa.com mengumumkan sendiri rencana pensiunnya tersebut. Akan tetapi, tak ada keterangan lebih rencana dibalik rencana tersebut.

Twenty-five years ago, we founded Alexa Internet. After two decades of helping you find, reach, and convert your digital audience, we’ve made the difficult decision to retire Alexa.com on May 1, 2022. Thank you for making us your go-to resource for content research, competitive analysis, keyword research, and so much more.

We have been proud to serve you as customers.

Thank you sincerely,

The Alexa.com Team

Alexa.com

Meski begitu, banyak pakar meyakini, Alexa.com ditutup karena mengalami penurunan traffic maupun pelanggan. Mengutip data Ahrefs, telah terjadi penurunan pada organic traffic Alexa.com secara drastis sejak Juni 2017 lalu. Organic traffic Alexa.com sempat mengalami peningkatan kembali di sekitar Oktober 2019, akan tetapi tak setinggi puncaknya pada sekitaran 2017 silam. Setelah itu, organic traffic Alexa.com kembali merosot hingga sekarang.

Traffic Alexa.com, berdasarkan Ahrefs

Tool pemeringkat sejenis similarweb.com juga menunjukkan data serupa. Selama 6 bulan terakhir, traffic Alexa.com merosot hingga 8,69%. Demikian pula dengan posisinya juga ikut menurun, kini Alexa.com berada di posisi 21.010 dibanding seluruh website yang ada di internet.

Traffic Alexa.com, berdasarkan Similarweb
Peringkat Alexa di Similarweb

Reputasi Alexa.com

Alexa.com memiliki layanan yang cukup lengkap yang menjawab kebutuhan di dunia website dan search engine. Salah satunya layanan mereka yang populer adalah Alexa Rank, yang bisa mengukur popularitas sebuah website.

Akan tetapi, cara kerja Alexa Rank beberapa kali sempat menuai kritik. Beberapa orang beranggapan skor yang dikeluarkan Alexa Rank itu mencurigakan, kurang akurat dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, Alexa Rank mengeluarkan skor peringkat pada masing-masing website berdasarkan berapa banyak traffic tersebut dan bagaimana keterlibatan pengunjung (engagement) pada suatu website selama 3 bulan sekali.

Traffic dan engagement itu didapat dari data yang disediakan oleh toolbar Alexa. Jika pemilik website ingin melaporkan kedua data tersebut dan sebagai balasannya bisa memantau posisi website-nya di internet, maka tinggal unduh saja toolbar tersebut.

Akan tetapi, untuk beberapa orang hal itu justru memunculkan kecurigaan. Sebab, mereka mengklaim, setelah mengunduh toolbar Alexa dan mengunjungi website-nya sendiri, misal dengan membuka website sendiri di browser yang berbeda, maka skor mereka bisa meningkat secara dramatis. Hal itu kemudian membuat sebagian orang yakin skor Alexa Rank sangat mungkin untuk dimanipulasi.

Beberapa orang lainnya menyebut data Alexa Rank lebih relevan untuk negara-negara di Asia daripada negara-negara yang berbahasa Inggris. Hal ini didasarkan pada rumor bahwa basis penggunaan toolbar Alexa sangat ditujukan kepada pengguna di Korea dan bukan pengguna di negara-negara berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Inggris.

Sedangkan, yang lainnya menganggap reputasi negatif tersebut sebagai mitos belaka. Buktinya, sampai hari ini masih ada saja orang yang masih memakai, berlangganan hingga berafiliasi dengan Alexa.

Bukan sekadar pemeringkat website

Seperti yang telah disebutkan di atas, Alexa.com sebenarnya punya banyak layanan lain selain memberi skor dan memeringkat website saja. Alexa juga melayani analisis yang cukup lengkap.

Apalagi bila berlangganan paket Alexa Pro, pemilik website bisa menikmati tool analisa yang lebih canggih seperti fitur audit website secara berkala. Berikut layanan lainnya yang ditawarkan Alexa Pro:

  • Content Exploration
  • Competitive Content Analysis
  • Topic Research
  • Top Publishers by Topic
  • Competitive Analysis
  • Competitor Keyword Matrix
  • Keyword Difficulty Tool
  • Keyword Share of Voice
  • Organic Keywords
  • Paid Keywords
  • Site Audits
  • On-Page SEO Checker
  • Competitor Backlink Checker
  • Backlink Checks
  • Audience Analysis

Akan pakai apa setelah Alexa.com?

Bagaimana pendapat teman-teman dengan berita pensiunnya Alexa.com ini? Tools apa yang akan digunakan untuk mengukur popularitas/ranking website setelah Alexa.com dipensiunkan? Share di kolom komentar ya!

Author

Write A Comment