Google kali ini kembali membuat terobosan baru pada Google Search Console, yaitu user bisa mengekspor data per jam dari tools tersebut. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk praktisi SEO karena pekerjaannya erat dengan analisa data.

Pengumuman ini disiarkan oleh Google lewat akun X resminya pada tanggal 7 Januari 2024. Apa saja potensi manfaat yang bisa kita dapatkan?

https://twitter.com/googlesearchc/status/1876605223067664605

Manfaat Mengekspor Data dalam Hitungan per Jam

Google mengklaim bahwa fitur ekspor data hourly atau per jam adalah buah dari feedback pengguna yang menyukai fitur performa 24 jam terakhir. 

Potensi manfaat dari mengekspor data dalam hitungan per jam adalah melihat peak hour dari kunjungan situs kita.

Dari sana, kita bisa mengetahui jam berapa pengunjung situs kita paling ramai dan bisa dilakukan pengecekan halaman mana yang mendapatkan klik terbanyak. Hal ini bisa membantu kita dalam content planning.

Bagaimana Cara Mengekspor Data dari Google Search Console?

Bagi teman-teman yang belum tahu bagaimana cara ekspor data dari Google Search Console, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Search Console dengan menggunakan akun Google Anda
  • Klik bagian “Performa”, lalu klik “Ekspor”. Untuk melihat data performa per jam, Anda bisa atur dalam 24 jam terakhir
Dok. Pribadi
  • Simpan data dengan ekstensi yang Anda inginkan (CSV, Excel, atau Google Spreadsheet)
  • Terakhir, Anda tinggal download datanya

Berikut contoh data yang sudah diekspor dalam bentuk hourly atau per jam.

Dok. Pribadi

Terdapat banyak sekali data mulai dari kueri, halaman, negara, perangkat, tampilan penelusuran, waktu, tayangan, CTR, dan posisi rata-rata. Kita bisa memanfaatkan data ini dengan baik untuk tujuan optimasi situs.

Baca Juga:   Performance Report Google Search Console Mengalami Keterlambatan Update

Ditambah, di bagian waktu kita bisa melihat di jam berapa kita mendapatkan jumlah traffic yang lebih banyak.

Dari situ, kita bisa mengidentifikasi user behaviour dan menentukan content planning dengan tepat.

Tunggu Apa Lagi? Yuk, Manfaatkan Fitur Ini!

Melihat data per jam bisa memberikan beberapa insight, misalnya peak hour dari situs kita sendiri, mari manfaatkan fitur dari Google ini untuk optimasi situs yang dilakukan, seperti membuat content plan yang sesuai dengan peak hour dari kunjungan website.

Dengan demikian, maka kita bisa memberikan konten yang optimal bagi user, baik itu dari segi isi konten ataupun delivery (jam berapa) konten itu dipublikasikan di website.

Di sisi lain, hal ini juga bisa membantu kita dalam membuat SEO report yang lebih spesifik, baik itu untuk klien atau perusahaan tempat kita bekerja.

Bagaimana menurut teman-teman mengenai fitur ini? Apakah sangat bermanfaat bagi Anda?

Kalau ingin mendiskusikan perihal pembahasan di atas, teman-teman bisa bergabung ke grup Telegram DailySEO ID.

Ada banyak sekali praktisi SEO di Indonesia dengan berbagai background yang bisa Anda ajak diskusi perihal SEO.

Kemudian, bagi teman-teman yang ingin belajar SEO dari nol, Anda bisa mengikuti SEO Fundamental Course Batch 8 dari DailySEO ID.

Kursus ini dikhususkan untuk orang-orang yang masih pemula dalam dunia SEO dan tentu saja materinya akan langsung dibawakan oleh Muhammad Ilman Akbar.

Reference:

Account X Google Search Central

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

Write A Comment