Teman-teman pasti sudah pernah mendengar update yang bertajuk ‘Helpful Content’ dari Google. 

Beberapa update-annya telah ditulis oleh tim DailySEO, mulai dari awal Google Helpful Content muncul hingga prakiraan algoritmanya itu sendiri.

Baru-baru ini, Google Helpful Content muncul lagi dengan update-an terbarunya. 

Baru-baru ini, tim dari Seroundtable membuat laporan bagaimana Google akan merilis update Helpful Content yang dapat mengidentifikasi konten yang bermanfaat tetapi tenggelam di search engine.

Update ini disinyalir bisa mempromosikannya di SERP (Search Engine Result Page). Dalam artian lain, Google mampu mengidentifikasi konten yang bersifat ‘hidden gem’ dan akan membuatnya menempati posisi lebih baik di search engine.

Lantas seperti apa penjelasan lanjutannya? Mari kita simak bersama-sama dalam artikel ini!

Google Promosikan Konten yang Bermanfaat di Search Engine

Glenn Gabe, salah satu kolumnis di Search Engine Land mengemukakan bahwa sistem Helpful Content sekarang tidak hanya menurunkan ranking konten-konten yang tidak bermanfaat, tetapi juga mempromosikan konten bermanfaat yang tersembunyi alias ‘hidden gem’ di search engine.

Glenn Gabe juga bertanya kepada Danny Sullivan, Public Liaison for Search di Google melalui Twitter perihal isu ini.

Glenn bertanya apakah dengan adanya Google Helpful Content update ini sistem di Google akan menjalankan banyak tugas untuk menurunkan dan menaikkan konten yang ada di search engine

Menanggapi pertanyaan tersebut, Danny Sullivan langsung menjawab bahwa sistem di Google akan lebih banyak menaikkan konten-konten hidden gem dan bermanfaat di search engine serta tetap bekerja untuk memastikan bahwa konten yang tidak berkualitas akan berada pada peringkat bawah.

Secara singkat, Google tidak hanya menaikkan dan menurunkan konten, tetapi juga akan bekerja dalam mengidentifikasi konten yang bermanfaat dan berada di peringkat bawah search engine, kemudian mempromosikannya.

Baca Juga:   Google Kini Membolehkan Kombinasi Format Structure Data

Hal ini juga dipertegas langsung oleh akun @searchliasion melalui Twitter.

Sumber: Screenshot

Akun tersebut menjelaskan bahwa sistem Helpful Content akan terus menggali konten yang bersifat hidden gem dan mempromosikannya ke permukaan SERP.

Di sisi lain, Google juga akan memberikan peringkat buruk kepada konten yang tidak berkualitas.

Apa yang Harus Dilakukan Terkait Update Ini?

Pada dasarnya, Google Helpful Content ini sangat membantu para pengunjung untuk menemukan website yang tepat dalam menjawab semua rasa penasaran mereka.

Jika pengunjung merasa terpuaskan terhadap konten yang Anda buat, besar kemungkinan Google akan menempatkannya di peringkat terbaik.

Sementara itu, di sisi lain apabila konten teman-teman tidak bermanfaat dan mengecewakan para pengunjung, bisa jadi konten Anda akan ditempatkan di peringkat bawah.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik yang bisa dipraktikkan terkait update-an ini yaitu menghapus konten-konten yang menurut Anda isinya tidak memuat informasi secara rinci mengenai suatu topik atau tidak bermanfaat.

Dengan melakukan hal itu, maka akan membantu konten bermanfaat yang Anda punya meraih peringkat terbaik di search engine.

Demikian penjelasan singkat mengenai Google Helpful Content update yang perlu teman-teman perhatikan.

Pada dasarnya, pembuatan konten yang bermanfaat serta ditulis dengan tujuan untuk dibaca oleh manusia menjadi kunci utama terkait Google Helpful Content update ini.

Apabila teman-teman ingin melakukan diskusi perihal topik ini, Anda bisa langsung bergabung ke grup Telegram DailySEO ID.

Di sana, ada banyak sekali praktisi SEO yang bisa diajak diskusi mengenai dunia SEO secara luas.

Tidak hanya itu, DailySEO juga sudah menyelenggarakan webinar yang dibawakan langsung oleh founder, yaitu Ilman Akbar.

Anda bisa langsung membeli recording webinarnya dengan klik link ini!

Baca Juga:   Rangkuman Update Google Search September 2022: Mulai dari Snippet hingga Laporan Baru di Search Console

Sumber: https://www.seroundtable.com/amp/google-helpful-content-update-demote-promote-content-35393.html

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

1 Comment

  1. Tapi kenyataaanya masih banyak konten yang “kurang bermanfaat”, terutama dari media” besar di Indonesia yang nangkring di halaman pertama.

Write A Comment