Melalui Twitter, Google secara resmi mengumumkan bahwa July 2022 product review update diluncurkan.

Update kali ini adalah yang keempat dengan target review (ulasan) berkualitas rendah.
Review product update ini dimulai pada tanggal 27 Juli yang lalu dan akan rampung dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

Meskipun Google sering mengumumkan pembaruan algoritmanya secara dadakan, tapi kita tetap memiliki peluang untuk melakukan ranking improvements, apalagi jika Anda terkena dampak negatifnya.

Lagi pula bukan Google namanya jika mereka tidak berhasil mengejutkan kita sebagai praktisi SEO dengan algorithm update.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu teman-teman tahu terkait July 2022 product review update.

Apa yang Berubah Terkait Product Review Update?

Update di Juli 2022 merupakan perbaikan dari algoritma Google product review yang mereka perkenalkan di bulan Maret 2022.

Algoritma product review didesain untuk memberikan reward terhadap review yang dibagikan berdasarkan riset mendalam dibandingkan dengan thin content (konten tipis / terlalu sedikit) yang hanya merangkum informasi bawaan dari website manufaktur (produsen).

Tidak ada panduan baru yang disertakan pada update kali ini.

Website yang memublikasi konten review produk diharuskan untuk terus fokus dalam memenuhi kriteria ketat yang Google buat.

Artinya, Google ingin Anda (sebagai reviewer) sudah pernah melakukan percobaan dan memiliki pengalaman terhadap produk yang ingin di-review.

Untuk membuat informasi review ini jelas di mata Google dan user, teman-teman bisa memasukkan sejumlah informasi seperti ukuran jumlah, benefit, kerugian, perbandingan dengan produk lain yang serupa, dan seterusnya.

Baca Juga:   Update Algoritma Google Terbaru 31 Maret 2022: Page Experience untuk Desktop Ranking hingga Google Search Console URL Inspection API

Apakah rumit?

Tidak juga, sebagai contoh Anda bisa melihat para Youtuber yang mereview barang (contoh: HP), bedanya mereka mereview melalui video sedangkan ini menggunakan teks yang dituangkan ke dalam website.

Oleh karena itu jika teman-teman menulis konten review yang sama persis dengan yang sudah ada, maka tidak akan dianggap (tidak ada nilai plus) oleh Google.

Google kini lebih memprioritaskan review yang menawarkan value yang unik, bahkan foto produk hasil jepretan sendiri juga bisa dibilang wajib.

Apakah Website Anda akan Terkena Dampak?

Artikel ini membahas algoritma product review July 2022.

Jika website Anda tidak memublikasi konten review, maka website Anda tidak akan terkena dampak apapun.

Website jual beli yang pelanggannya dapat menuliskan review juga tidak akan terkena dampak, karena website jual beli tidak dianggap sebagai konten artikel review produk.

Algoritma update kali ini berlaku untuk website yang memublikasi long-form konten artikel produk review.

Contoh website yang memublikasi long-form produk review adalah GSMArena, CNET, PCMag, dan seterusnya.

Jika teman-teman melihat ranking untuk website produk review fluktuatif selama beberapa minggu mendatang, kemungkinan penyebabnya adalah karena July 2022 product review algorithm update.

Bagaimana jika website Anda terkena dampak negatif?

Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan meningkatkan kualitas halaman produk review Anda dengan mengikuti panduan Google.

Ada pertanyaan terkait algoritma produk review kali ini?

Silakan beritahu kami dengan cara menuliskan komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram Daily SEO di sini, jangan lupa untuk berperan aktif di dalam grup ya!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/google-july-2022-product-review-algorithm-update-rolling-out-now/459209/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment