Google memperbarui structured data guideline (panduan data terstruktur) yang memungkinkan merchant (penjual) menampilkan sales (penjualan), anggota, dan harga coret di search results (hasil pencarian).
Hal-hal yang disebutkan di atas nantinya akan tampil di merchant listing (daftar produk yang dijual oleh penjual).
Daftar Isi
Jadi, Apa yang Baru?
Di pembaruan ini, merchant dapat menyampaikan informasi harga produk yang lebih beragam di Google Search, sehingga merchant dapat meng-highlight penawaran dan/atau promosi khusus dengan lebih mudah.
Pembaruan guideline ini mencakup tentang instruksi untuk menggunakan dua properti di dalam JSON-LD structured data, yaitu:
- priceType: Memungkinkan merchant memberi label harga yang dicoret, membantu mereka menampilkan harga diskon atau harga asli untuk item yang mereka jual
- validForMemberTier (beta): Memungkinkan merchant menentukan potongan harga yang hanya tersedia untuk tingkatan tertentu jika mereka memiliki program loyalitas
Google mengatakan, penambahan properti ini menjadikan structure data lebih mungkin diaplikasikan dengan kemampuan yang ada di dalam Merchant Center.
Dengan diperkenalkannya properti priceType dan validForMemberTier, pengguna Google Merchant dapat:
- Menampilkan “daftar harga” dan “harga jual” secara berdampingan
- Menampilkan harga berjenjang untuk anggota program loyalitas
- Menyoroti jumlah poin atau bonus atau benefit lainnya yang mungkin didapatkan oleh para pelanggan saat mereka membeli produk tertentu
Mengapa Perubahan ini Penting?
Sampai saat pembaruan ini belum dilakukan, structure data untuk daftar produk memungkinkan pengguna Google Merchant untuk menampilkan rincian harga yang cukup jelas, namun tidak ada cara khusus untuk menampilkan beberapa jenis harga untuk item yang sama.
Menurut Google, tujuan dari pembaruan ini ada dua:
- Untuk menampilkan penetapan harga yang kompleks menjadi lebih mudah: Merchant dapat menampilkan strategi penetapan harga yang sebenarnya dengan lebih akurat, termasuk diskon loyalitas dan promosi sementara
- Untuk menyelaraskan informasi dengan merchant center: Hal ini memastikan bahwa informasi yang dilihat pelanggan di hasil pencarian Google sesuai atau sama persis dengan informasi yang ada di Google Shopping dan di website merchant
Lalu, Apa yang Harus Anda Lakukan Sebagai Pengguna Google Merchant?
Bagi para merchant yang tertarik menggunakan kedua properti structure data ini, maka mereka harus meninjau structured data guideline yang terbaru.
Hal-hal yang harus para merchant perhatikan adalah:
- JSON-LD Implementation: Cara menempatkan properti harga yang berbeda dalam objek Offer
- Beta Features: Menggunakan properti validForMemberTier mungkin tidak akan langsung memberikan perubahan yang terlihat dalam hasil pencarian, namun sangat disarankan untuk mempersiapkan website dengan structure data terbaru supaya pengoptimalan di masa mendatang menjadi lebih mudah
- Strikethrough Pricing: Beri label item dengan benar jika teman-teman ingin Google menampilkan harga asli di samping harga promo
Pengguna yang sudah menggunakan Merchant Center untuk menetapkan harga yang kompleks mungkin mendapati bahwa panduan baru ini seperti tumpang tindih dengan apa yang telah mereka lakukan.
Namun, untuk memastikannya teman-teman dapat mengunjungi dokumentasi structure data Google Merchant untuk informasi lebih lanjut.
Demikianlah tulisan mengenai Google memperbarui product markup untuk mendukung pengguna Google Merchant ini. Jika teman-teman memiliki pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
References:
Google Updates Product Markup To Support Member Pricing & Sales