Google baru saja memperbarui syarat structured data (data terstruktur) untuk return policy (kebijakan pengembalian) pada web e-commerce (e-niaga).
Sekarang, merchant (penjual) perlu menentukan negara mana yang menerapkan return policy milik mereka ketika menerapkan structured data.
Di dokumentasi terbaru, returnPolicyCountry kini menjadi field wajib dalam schema MerchantReturnPolicy.
Situs e-commerce harus menerapkan return policy markup mereka dengan benar supaya visibilitas website terjaga.
Apa yang Berubah?
Pada contoh schema markup sebelumnya, type MerchantReturnPolicy berisikan property seperti returnPolicyCategory, merchantReturnDays, dan returnFees.
Namun, saat ini Google secara eksplisit menyoroti returnPolicyCountry sebagai field wajib di dalam kode contoh yang mereka buat.
Dalam dokumentasi terbaru tersebut, Google menampilkan contoh format yang benar untuk schema markup return policy produk.
Contoh kodenya:
"hasMerchantReturnPolicy": {
"@type": "MerchantReturnPolicy",
"applicableCountry": "CH",
"returnPolicyCountry": "CH",
"returnPolicyCategory": "https://schema.org/MerchantReturnFiniteReturnWindow",
"merchantReturnDays": 60,
"returnMethod": "https://schema.org/ReturnByMail",
"returnFees": "https://schema.org/FreeReturn"
}
Implementasi yang Disarankan
Merchant yang menggunakan structured data pada halaman produk harus meninjau markup yang ada untuk memastikannya penggunaan field returnPolicyCountry di setiap implementasi type MerchantReturnPolicy.
Field ini harus menggunakan format kode negara two-letter ISO 3166-1 alpha-2 untuk menentukan di mana return policy diberlakukan.
Dokumentasi ini juga menjelaskan property tambahan yang direkomendasikan untuk informasi return policy yang komprehensif, termasuk di dalamnya:
- merchantReturnDays: Batas waktu sebuah produk dapat dikembalikan
- returnFees: Penjelasan apakah pengembalian dilakukan secara gratis atau berbayar
- returnMethod: Cara bagaimana produk bisa dikembalikan (melalui surat, kurir, datang ke toko, dst)
- returnShippingFeesAmount: Biaya pengiriman pengembalian
Merchant dapat memvalidasi penerapan structured data mereka menggunakan tool Rich Results Test Google dan memantau performanya melalui report (laporan) yang ada di Google Search Console (GSC).
Untuk detail lebih lengkapnya, teman-teman dapat melihat dokumentasi Google Search Central berikut ini.
Demikianlah tulisan mengenai pembaruan syarat structured data untuk return policies oleh Google ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
References:
Merchant listing (Product
, Offer
) structured data
Google Updates Structured Data Requirements For Return Policies
1 Comment
artikel yang bermanfaat