Google baru saja memperbarui tampilan formulir pada webspam report-nya, atau yang sekarang disebut sebagai Search Quality Feedback Report.

Pembaruan ini menjadi salah satu upaya Google untuk terus meningkatkan kualitas hasil pencarian di search engine-nya.

Dengan tampilan formulir yang baru, pengguna dapat melaporkan website yang melanggar Spam policies Google, seperti paid link, malicious behavior, bahkan halaman web dengan low quality content, dengan lebih mudah dan rinci.

Formulir search quality feedback report Google
Screenshot formulir search quality feedback report Google

Seperti gambar screenshot di atas, formulir yang baru sudah menyediakan pilihan kategori pelanggaran—lengkap dengan penjelasan singkatnya—yang bisa teman-teman pilih untuk dilaporkan.

Pilihan opsi ini jauh lebih memudahkan pengguna dibandingkan dengan formulir webspam lama yang meminta pengguna mendeskripsikan sendiri pelanggaran yang akan ia laporkan.

Webspam report search console Google
Screenshot webspam report search console

Selain itu, formulir yang baru juga menyediakan fitur bulk submission yang memungkinkan teman-teman untuk melaporkan sampai dengan 5 halaman web sekaligus dalam satu formulir laporan.

Screenshot fitur bulk submission search quality report Google

Setelah memasukkan URL dan kategori pelanggaran, teman-teman akan masuk halaman kedua formulir dan diminta untuk memilih sub-kategori pelanggaran dari URL yang dilaporkan serta menyertakan penjelasan tambahan terkain pelanggaran tersebut.

sub kategori
Screenshot halaman kedua formulir search quality report Google

Teman-teman dapat memilih lebih dari satu sub-kategori pelanggaran, namun hanya dapat memilih satu kategori utama pelanggaran dalam satu formulir laporan.

Setelah formulir laporan berhasil dikirim, Google kemudian akan mengirimkan email yang berisi konfirmasi pengiriman laporan pelanggaran dan link tambahan menuju sumber yang membahas panduan quality policy dan forum bantuan Google.

Google memiliki sistem tersendiri dalam menentukan laporan mana yang perlu diprioritaskan untuk ditangani. Sebagai contoh, laporan terkait penipuan mungkin akan mendapatkan proiritas lebih tinggi dibandingkan dengan laporan konten berkualitas rendah.

Laporan yang teman-teman ajukan juga nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan Google dalam memperbaiki algoritma pencariannya.

Baca Juga:   Apakah Semua Halaman Website Perlu Terindeks di Google?

__________

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk ikut series webinar selanjutnya di sini ya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment