Google baru saja mendesain ulang tampilan tab page experience di Google Search Console.

Tampilan desainnya cukup sederhana, yaitu hanya menampilkan sejumlah informasi dasar dengan jumlah data yang jauh lebih sedikit dari desain versi sebelumnya.

Penasaran seperti apa tampilannya? Mari kita cek bersama-sama.

Seperti Inikah Tampilan Page Experience yang Baru?

Pada tanggal 8 November 2023 lalu, Barry Schwartz, men-tweet di platform X (sebelumnya Twitter) terkait perubahan tampilan layar pada tab Page Experience di Google Search Console.

Barry Schwartz menyatakan:

“Untuk memastikan, apakah tampilan pada tab page experience GSC ini baru? Soalnya saya cukup jarang melakukan pengecekan skor page experience (di website) saya.”

Barry Schwartz turut serta melampirkan hasil screenshot miliknya.

tampilan page experience yang baru
Tampilan Page Experience GSC versi terbaru.

Apakah teman-teman menyadari bahwa screenshot di atas adalah tampilan baru dari page experience report?

Jika belum, mari kita coba bandingkan dengan tampilan beberapa bulan sebelumnya.

tampilan page experience yang lama
Tampilan Page Experience GSC versi lama.

Secara tampilan, ya, tampilan tab page experience ini benar-benar baru dan berbeda.

Untuk bar chart juga tidak langsung terlihat, mungkin memerlukan beberapa langkah lagi untuk melihat bar chart seperti yang terlihat di versi lama.

Pada tampilan page experience yang baru, di bagian atas tertulis:

“Google’s core ranking systems look to reward content that provides a good page experience. Search Console has reports for two aspects you may wish to consider: Core Web Vitals and HTTPS. However, page experience involves more than just these two aspects.”

Yang maksudnya adalah, Google mengutamakan konten yang membuat pengalaman pengguna di halaman web menjadi baik. Di Search Console, ada dua laporan yang bisa Anda periksa: Core Web Vitals dan keamanan HTTPS. Namun, ada lebih banyak faktor yang mempengaruhi pengalaman halaman web selain kedua hal tersebut.

Baca Juga:   Panduan Lengkap Memulai Google Search Console

Kemudian di bagian bawah tertulis:

“Other aspects of page experience: Good page experience focuses on many different aspects, not just one or two. Understand how to check if you’re providing an overall great page experience.”

Pengalaman halaman yang baik melibatkan berbagai faktor, tidak hanya terbatas pada satu atau dua hal saja. Penting untuk mengetahui cara mengevaluasi apakah Anda sudah memberikan pengalaman halaman yang secara umum sangat baik bagi pengguna.

Apa Perubahannya Sudah Diterapkan Menyeluruh?

Apakah tampilan desain baru tab page experience ini sudah diterapkan di seluruh akun Google Search Console seluruh dunia?

Jawabannya adalah belum.

Hal ini dibuktikan oleh Neil McCarthy (berlokasi di Perancis), yang menjawab tweet Barry Schwartz dengan screenshot tampilan page experience GSC miliknya yang masih belum berubah (masih versi lama).

tampilan page experience belum berubah di perancis
Tampilan Page Experience GSC yang Berlokasi di Perancis.

Lalu, apa yang harus teman-teman lakukan jika tampilan tab page experience di akun GSC Anda sudah berubah?

Yang perlu Anda lakukan adalah mengeksplorasi setiap report yang ada agar Anda semakin paham dalam mengelola dan membaca datanya, itu saja.

Demikianlah artikel mengenai tampilan baru tab page experience di Google Search Console ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!!

Sumber:

https://www.seroundtable.com/google-search-console-updates-page-experience-overview-screen-36352.html

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Baca Juga:   Bagaimana Cara Cek Trafik Situs Kompetitor dan Apa Manfaatnya?
Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment