Pada tanggal 13 April 2023 kemarin, Google memberitahukan sebuah perubahan sekaligus tips terkait video di dalam konten.

Berikut adalah informasi selengkapnya.

Pemberitahuan dari Google

Google menyatakan bahwa video di dalam konten hanya akan tampil sebagai thumbnail di Google search engine results page (SERP) jika video tersebut merupakan main content of a page (konten utamanya).

Hari ini, kami memberitahukan bahwa video thumbnail hanya akan tampil di hasil penelusuran Google ketika video tersebut merupakan konten utamanya. Hal ini diharapkan akan memudahkan audiens dalam memahami konten ketika mereka mengunjungi sebuah halaman website.

Apa yang Berubah?

Sejauh ini, Google akan menampilkan video di sebelah kanan Google search results saat video ada di dalam halaman web, meskipun video tersebut bukanlah elemen utama.

Berdasarkan serangkaian tes yang Google lakukan, format thumbnail video ini akan dihapus, karena dengan menghapusnya akan memberikan “dampak minimal” pada keseluruhan engagement penerbit.

video thumbnail

Lalu, Apa yang Dimaksud dengan “main content“?

Jadi apa yang dimaksud dengan video sebagai main content (konten utama)?

Apakah itu masalah penempatan video di awal paragraf atau di tengah halaman web?

Atau ada hal yang lainnya?

Danny Goodwin, Managing Editor of Search Engine Land, menanyakannya ke Google, dan berikut adalah jawabannya:

Pencarian (yang dilakukan audiens) menentukan apakah sebuah video adalah konten utama di halaman web berdasarkan beberapa faktor, termasuk lokasi video di halaman tersebut.

Sebagai langkah lebih lanjut, Google menyarankan kita untuk membaca video SEO best practices dan helpful content guidelines yang terdapat di Google Search Central.

Baca Juga:   Panduan Dasar Google Featured Snippet: Cara Kerja & Tipe-tipenya

Apabila video yang teman-teman upload dianggap sebagai konten utama, maka Google akan menampilkan video thumbnail di sebelah kiri Google search results.

video result

Demikianlah artikel mengenai update terbaru terkait video thumbnail di Google Search ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!

Sumber:

https://searchengineland.com/google-video-must-be-main-content-to-appear-as-thumbnail-395597

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment