Sebagai praktisi SEO, kita semua sepakat bahwa penulisan meta description yang efektif mampu meningkatkan traffic untuk website kita dengan masif.

Bagaimana tidak, meta description merupakan unsur yang pertama kali dilihat oleh user di search engine saat mengetikkan keyword, tentunya setelah title tag. Ini menjadi salah satu penentu, apakah user mau mengeklik website Anda atau yang lain.

Baru-baru ini Google membagikan contoh empat hal yang harus dilakukan dan dihindari saat menulisnya.

Apa saja hal tersebut? Mari kita simak bersama-sama!

Saran Google dalam Penulisan Meta Description

Dalam menulis meta description, mungkin seringkali kita merasa buntu dan tidak mendapatkan inspirasi.

Mungkin saja, saat ini Anda merasa bahwa penulisannya terlihat seperti itu-itu saja, tidak ada perkembangan.

Bagi teman-teman pengguna WordPress dengan plugin Yoast, tentu tahu kalau Yoast menyarankan meta description untuk tidak lebih dari 155 karakter. Tapi saran ini cuma indikator kuantitas, bukan kualitas.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, di bawah ini ada empat hal yang perlu dihindari dan dilakukan beserta contohnya supaya Anda bisa mengoptimalkan meta description.

Sebagai informasi, Google baru memperbarui dokumentasi cara mengontrol snippets website kita di hasil pencarian/SERP, termasuk meta description ini.

Contoh meta description yang harus dihindari:

Hanya menuliskan kata kunci: Digital marketing, SEO, social media marketing, email marketing, content marketing

Menggunakan deskripsi yang sama untuk setiap halaman/artikel berita: Berita hari ini lengkap mulai dari cuaca, ekonomi, dan politik. Cari tahu selengkapnya di sini!

Tidak meringkas apa inti halamannya: SEO adalah salah satu strategi yang mampu meningkatkan organic traffic pada website Anda. Ketika saya pertama kali menggunakan SEO, saya bisa mendapatkan peningkatan organic traffic sebanyak 30%

Terlalu pendek: Keyboard mechanical

Contoh meta description yang lebih baik:

(untuk toko online) Jelaskan apa yang dijual dengan detail yang relevan: Beli Macbook Air M1 di Tokopedia ✓ Cicilan 0% ✓ Cashback ✓ Bebas Ongkir ✓ Laptop Apple dengan Chip Apple M1.

Menuliskan cuplikan dari setiap berita: Baru-baru ini terjadi penembakan antara polisi di kota A. Terdapat tiga korban dari aksi tersebut. Berita ini akan terus diperbarui.

Memberi ringkasan konten halaman tersebut: Digital marketing adalah strategi marketing yang meliputi email, media sosial, SEO, dll. Anda bisa mempelajarinya satu per satu di sini.

Menuliskan dengan spesifik dan rinci: Keyboard mechanical dengan yellow switch serta cherry profile bantu Anda mengetik dengan nyaman. Stok terbatas, diskon 10% hanya sampai 18 Desember!

Hal Lainnya tentang Meta Description

Meta description ini merupakan salah satu dari hal paling mendasar dari SEO. Saking dasarnya, beberapa dari Anda mungkin tidak begitu memperhatikannya.

Baca Juga:   Kupas Tuntas Meta Tag: Definisi, Jenis, Fungsi Hingga Cara Memasangnya

Akan tetapi, penting untuk menerapkan penulisan meta description sesuai saran dari Google di atas untuk mendapatkan klik serta traffic yang lebih banyak untuk website teman-teman.

Secara garis besar, meta description berfungsi untuk menginformasikan sesuatu yang singkat dan relevan terkait dengan halaman tertentu dengan tujuan untuk menarik pengguna agar mengklik halaman tersebut.

Teman-teman bisa mengoptimasi atau menulis ulang meta description jika persentase klik atau CTR pada halaman tertentu tidak kunjung naik.

Dan perlu teman-teman tahu, Google bisa saja menampilkan description di SERP yang berbeda dengan meta description yang sudah teman-teman tulis, alias ditulis ulang. Studi Ahrefs tahun 2020 menunjukkan Google menulis ulang meta description di lebih dari 60% kesempatan!

Tapi tetap saja, lebih baik kita membuat meta description sesuai panduan Google ini.

Penutup

Demikian informasi singkat mengenai cara meningkatkan penulisan pada meta description sesuai dengan anjuran dari Google.

Ingat, meta description bukan lagi merupakan faktor yang memengaruhi ranking, tapi jelas memengaruhi klik & CTR, yang akhirnya memengaruhi traffic.

Apabila teman-teman masih ada yang ingin ditanyakan terkait meta description, Anda bisa langsung bergabung ke grup telegram DailySEOID.

Di grup tersebut, ada banyak sekali praktisi SEO yang berbagi informasi seputar SEO. Anda juga bisa melakukan diskusi dengan mereka.

Jadi, jangan lupa untuk gabung, ya!

Sumber:

https://developers.google.com/search/docs/advanced/appearance/snippet#use-quality-descriptions

www.searchengineland.com

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

2 Comments

  1. Thanks kak, aku baru tahu ternyata penting sekali memperhatikan meta deskripsi untuk menaikkan trafic.

  2. Pingback: 12 Teknik SEO Untuk Optimasi Website 2023 -

Write A Comment