Google baru saja merilis update algoritma baru dengan nama February 2023 Product Reviews Update. Ini menjadi update product reviews keenamnya setelah peluncuran product reviews update terakhir di bulan September tahun lalu.

Pengumuman update ini dibagikan lewat akun Twitter Google Search Central. Dalam tweet yang sama, Google juga menyampaikan bahwa update ini akan berlaku untuk berbagai bahasa (termasuk Indonesia)

Kkemungkinan akan memakan waktu kurang lebih 2 minggu untuk selesai rilis (terhitung sejak 21 Februari).

Sekilas Tentang Product Reviews Update

Product reviews update merupakan serangkaian pembaruan Google yang bertujuan untuk memberikan kredit lebih kepada konten review yang original dan ditulis oleh orang yang kompeten di topik terkait.

Dengan update ini, konten review produk yang berkualitas idealnya akan mendapatkan peringkat pencarian lebih tinggi di SERP Google sehingga dapat menerima lebih banyak exposure dibandingkan dengan konten review generik yang kurang baik.

Perubahan pada Panduan Product Reviews

Bersamaan dengan pengumuman peluncuran February 2023 Product Reviews Update, Google juga melakukan beberapa penambahan dan perubahan informasi pada panduan product reviews-nya.

Salah satu informasi penting yang ditambahkan pada panduan tersebut yaitu bahwa saat ini product reviews update berlaku secara global untuk 11 bahasa, yaitu: Inggris, Indonesia, Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, Vietnam, Rusia. Belanda, Portugis, dam Polandia. Sebelumnya, update ini hanya berlaku untuk konten berbahasa Inggris saja.

Baca Juga:   Update Algoritma Google Terbaru 31 Maret 2022: Page Experience untuk Desktop Ranking hingga Google Search Console URL Inspection API

Selain itu, Google juga sedikit mengubah judul panduan ini dari yang sebelumnya:

“Google Search’s product reviews update and your website”,

menjadi:

“Google Search’s product reviews system and your website”.

Istilah ‘product reviews system‘ juga disinggung beberapa kali dalam panduan tersebut, menggantikan kata ‘product reviews update‘.

Hal ini ditujukan sebagai penekanan bahwa panduan tersebut adalah mengenai sistem product reviews yang dimiliki oleh Google, sedangkan product reviews update merupakan istilah atau penamaan yang mereka gunakan untuk pembaruan sistem Google yang mengevaluasi konten product reviews.

Bagaimana Cara Mengantisipasi Update Ini?

Jika website teman-teman menyajikan konten ulasan produk, maka bisa saja terjadi penurunan atau kenaikan peringkat pada konten ulasan produk teman-teman tersebut di Google.

Namun jangan khawatir, Google sudah menyediakan panduan khusus mengenai bagaimana cara membuat konten ulasan produk berkualitas yang bisa teman-teman ikuti untuk meningkatkan kemungkinan konten teman-teman mencapai peringkat teratas hasil pencarian di Google.

_________

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk ikut series webinar selanjutnya di sini ya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment