Ingin meninggalkan jejak digital positif dan memperluas jangkauan audiens Anda? Maka, guest post bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk dua hal tersebut.

Mungkin teman-teman ada yang baru saja mengenal istilah “guest post” atau sedang mencari panduan untuk memulai taktik guest post.

Pada artikel kali ini, DailySEO ID akan menguraikan secara komprehensif pengertian guest post, serta memberikan panduan langkah demi langkah untuk pemula.

Bersiaplah untuk memahami konsepnya, mengeksplorasi manfaatnya, dan menerapkan guest post ini. Jadi, baca hingga selesai ya!

Apa itu Guest Post?

Guest post (penulis tamu) sering juga disebut dengan istilah guest blogging merupakan sebuah praktik di mana seorang penulis yang menulis sebuah atau beberapa artikel dan mengirimkannya kepada pemilik blog atau website lainnya.

Artikel ini nantinya akan diterbitkan di website tersebut dengan menyertakan nama penulis sebagai guest contributor (kontributor tamu).

Dengan pola tersebut, maka guest post ini adalah sebuah konsep kolaborasi yang saling menguntungkan.

Bagi si penulis artikel guest post, hal ini akan menjadi kesempatan untuk membagikan pemikiran, wawasan, atau pengetahuan yang dimilikinya kepada audiens yang lebih luas, serta dapat membangun otoritas dalam bidangnya.

Ya, seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, bahwa dengan guest post para penulis dapat meninggalkan jejak digital positif dan memperluas jangkauan audiens mereka.

Sementara itu, bagi pemilik blog atau website, guest post membantu mereka mendapatkan konten artikel yang berkualitas, mendatangkan trafik atau pengunjung baru, bahkan terkadang mendapatkan keuntungan materi (Contoh: guest post berbayar).

Apakah Guest SEO Baik untuk SEO?

Jawaban singkatnya adalah ya, guest post baik untuk SEO (Search Engine Optimization). Guest post adalah salah satu strategi yang bisa teman-teman gunakan untuk meningkatkan performa SEO website Anda.

Mengapa? Silakan lanjut baca manfaat dari guest post di bawah ini.

Manfaat Guest Post

Pernahkah teman-teman mendengar pepatah “Sharing is caring“? Nah, guest post adalah salah satu cara unik untuk menerapkan pepatah itu dalam dunia digital.

Baca Juga:   Apa Itu Backlink dan Mengapa Backlink Penting dalam SEO?

Guest post bisa dianggap sebagai jembatan yang dapat membuka banyak manfaat bagi Anda dan website teman-teman.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa kita dapatkan dari penerapan guest post:

Membangun Otoritas yang Lebih Kuat

Guest post memungkinkan teman-teman membangun otoritas di dalam bidang yang Anda geluti.

Ketika Anda menulis di sejumlah website populer atau relevan, makan Anda berpotensi menjadi narasumber yang bisa dipercaya dan dicari-cari.

Para audiens akan melihat dan menganggap Anda sebagai seseorang yang berkompeten, dan hal tersebut dapat memberikan dampak besar terhadap reputasi Anda.

Memperluas Jangkauan

Guest post bisa Anda jadikan sebagai salah satu taktik untuk mengenalkan diri Anda serta konten yang Anda miliki kepada audiens yang lebih luas dan banyak.

Bayangkan saja, tulisan informatif dan inspiratif yang teman-teman buat tersebut dapat diakses dan dibaca oleh ribuan orang bahkan mungkin hingga jutaan orang.

Hal ini berpotensi meningkatkan terbukanya pintu peluang baru yang menguntungkan dan tidak terduga.

Mendatangkan Backlink (Tautan Balik) Berkualitas

Mendapatkan backlink berkualitas?

Wah, siapa yang tidak mau?

Nah, akuisisi backlink adalah salah satu manfaat terbesar dari guest post.

Saat teman-teman menulis di website lain, Anda seringkali diberi izin untuk menyertakan backlink ke website Anda sendiri, baik backlink di dalam konten maupun di bagian profil Anda.

Backlink ini adalah “bukti” bahwa website Anda memiliki value (nilai) dan relevan, dan search engine (mesin pencari) sangat menyukainya, bahkan dapat meningkatkan ranking SEO website Anda dan membantu audiens menemukan website dengan lebih mudah.

Memperluas Jaringan dan Koneksi

Manfaat guest post yang keempat adalah dapat memperluas jaringan dan koneksi.

Guest post membuka pintu untuk berkenalan dengan sesama penulis, pemilik blog atau website, dan para profesional lainnya di bidang Anda.

Guest post memberikan kesempatan kepada Anda untuk membangun jaringan dan koneksi profesional yang pastinya akan berharga di masa depan.

Di masa mendatang, mungkin Anda dan mereka akan menjadi rekan bisnis, klien, atau bekerjasama untuk membangun komunitas yang lebih besar lagi.

Menciptakan Konten Berkualitas

Dalam proses guest post, Anda diharuskan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi. Jika tidak, dapat dipastikan tulisan Anda akan ditolak.

Jangan sia-siakan peluang guest post ini, karena guest post merupakan sebuah kesempatan untuk mendemonstrasikan pengetahuan teman-teman, berbagi pandangan unik yang Anda miliki, hingga memberikan value lebih kepada para audiens.

Baca Juga:   Apakah Urutan Link di Dalam Konten Memengaruhi Ranking di Google Search?

Ingat, “Sharing is caring”.

Meningkatkan Trafik Website

Dengan melakukan guest post di website yang memiliki trafik tinggi, relevan, dan terpercaya, teman-teman memiliki potensi untuk meningkatkan trafik ke website milik Anda sendiri.

Ketika para pembaca merasa konten tersebut menarik, informatif, dan relevan, maka mereka akan cenderung mengunjungi website Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau sekedar mengeksplorasi produk dan layanan yang Anda miliki.

Lebih dari itu, lonjakan trafik ke website Anda bisa menjadi jalan meningkatnya calon pelanggan baru bagi website teman-teman.

Panduan Memulai Guest Post

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa teman-teman lakukan untuk melakukan guest post:

Temukan Target Website Relevan untuk Guest Post

Katakanlah website Anda membahas tentang SEO, maka yang harus teman-teman lakukan adalah mencari website target untuk guest post yang mengangkat topik SEO.

Bagaimana cara menemukannya?

Pertama, Anda bisa menjelajahi website dengan topik SEO yang pernah dikunjungi, silakan cek apakah website tersebut membuka atau menerima artikel guest post atau tidak.

Kedua, teman-teman bisa coba melakukan pencarian di Google dengan memasukkan search operator seperti:

guest post

penulis tamu

contribute

write for us

suggest a post

submit an article

Jangan lupa untuk menambahkan topiknya, contoh: “seo” “guest post”, “search engine optimization” “guest post”.

Ketiga, cari website yang membuka guest post di Twitter. Contoh:

cari guest post di twitter
Sumber: Backlinko
cari guest post via media sosial twitter
Sumber: Backlinko

Memilah Website Target

Pada tahap memilah target website, artinya Anda sudah mendapatkan daftar website yang membuka guest post.

Proses memilah adalah tahap penentuan website yang nantinya akan kita hubungi untuk mengajukan artikel.

Pilahlah target website guest post dengan pertimbang-pertimbangan sebagai berikut:

  1. Memiliki profil link yang otoritatif
  2. Relevan
  3. Hanya membuat artikel berkualitas
  4. Memiliki trafik cukup baik
  5. Mengizinkan penyematan link
  6. Memiliki pengikut media sosial yang cukup banyak

Hubungi Pemilik Website

Tulislah email secara singkat dan profesional yang mencakup perkenalan diri Anda, ide tulisan Anda, dan pengalaman menulis Anda.

Lampirkan contoh tulisan Anda atau link ke tulisan-tulisan relevan yang pernah dibuat sebelumnya.

Kirim email tersebut dan tunggu tanggapan dari pemilik website, dan jangan lupa untuk mengikuti pedoman yang mungkin disediakan oleh website tersebut.

Baca Juga:   Pengertian Backlinks Dofollow dan Nofollow Serta Perbedaannya

Buat Tulisan Tulisan Berkualitas

Pada langkah ini, teman-teman sudah berhasil mendapatkan izin untuk menulis sebagai guest post di website target.

Dan yang harus teman-teman perhatikan adalah membuat konten artikel yang benar-benar berkualitas.

Sekali lagi dan harap diingat, buatlah artikel yang berkualitas, bukan kuantitas kata, apalagi spam.

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas?

Caranya, mulailah dengan melakukan riset menyeluruh tentang topik yang akan Anda tulis agar konten Anda informatif dan relevan bagi audiens di target website.

Kemudian, gunakan struktur yang jelas dengan penggunaan heading (h1, h2, h3) untuk memudahkan navigasi para pembaca.

Selanjutnya pastikan artikel Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan, dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Lalu akhiri artikel dengan kesimpulan yang kuat dan ajakan untuk berinteraksi, dan jangan lupa untuk menyertakan backlink yang sesuai.

Kirim Artikel

Setelah yakin konten artikel yang teman-teman tulis berkualitas, langkah selanjutnya adalah mengirim tulisan tersebut kepada si pemilik website.

Kirim via dengan kalimat yang singkat, sopan dan profesional, katakan bahwa artikel guest post Anda sudah siap untuk dipublikasikan di website mereka.

Follow Up (Menindaklanjuti)

Setelah mengirim artikel guest post Anda, penting untuk melakukan follow-up dengan si pemilik website.

Berikan waktu beberapa minggu (1 – 2 minggu) untuk mereka meninjau dan memproses artikel teman-teman sebelum mengirim pesan follow-up.

Kirimkan pesan follow-up dengan sopan, lalu tanyakan tentang perkembangan artikel guest post Anda dan apakah ada tindakan atau revisi yang perlu dilakukan.

Pastikan untuk bersikap sabar dan profesional dalam berkomunikasi, karena follow-up yang baik dapat meningkatkan peluang artikel Anda terbit di website mereka.

Demikian artikel tentang pengertian guest post dan panduannya untuk pemula ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Sumber:

https://backlinko.com/the-definitive-guide-to-guest-blogging

https://outreachmonks.com/guest-posting-benefits/

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment