Ada kabar terbaru dari tools SEO gratis kesayangan kita yaitu Google Search Console (GSC).

Tanggal 17 Januari 2022 kemarin GSC meluncurkan fitur desktop page experience report (laporan pengalaman halaman desktop). Fitur ini hadir karena Google akan melakukan update algoritma untuk memperhitungkan page experience di halaman desktop (saat ini baru versi mobile).

Google menuliskan di Twitter:

“To support the upcoming rollout of page experience ranking to desktop, Search Console now has a dedicated desktop section in its Page Experience report to help site owners understand Google’s ‘good page experience’ criteria”.

Cara Mengaksesnya: Teman-teman bisa mengakses laporan tersebut dengan login ke Google Search Console kemudian pilih Page Experience yang terletak di bawah Tab Experience, atau klik tautan ini.

Baca juga: Google Search Console Punya Tampilan Baru. Apa Saja yang Berubah?

Bagaimana tampilannya? Di bawah ini adalah hasil screenshot dari laporan tersebut:

Google Page Experience Desktop Version. Sumber: Search Engine Land

Sebagai informasi, Google pertama kali meluncurkan page experience report pada bulan April 2021 sebelum mereka meluncurkan page experience update.

Google Page Experience Report yang baru menawarkan beberapa metrik, seperti persentase jumlah URL dengan page experience yang baik dan search impressions dari waktu ke waktu, agar kita bisa mengetahui mana halaman yang perlu dioptimasi lebih lanjut.

Mengapa update ini penting?

Pembaruan ini akan memudahkan teman-teman dalam melakukan optimasi halaman web untuk tampilan desktop, sebelum Google benar-benar meluncurkan desktop version of the page experience update (pembaruan pengalaman halaman versi desktop). Artinya, halaman desktop yang punya skor page experience lebih bagus akan berpotensi memiliki ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan halaman web yang tidak.

Dengan pembaruan page experience untuk halaman versi desktop ini, kemungkinan tidak akan ada perubahan ranking besar-besaran (mengingat search engine saat ini sudah mobile-first). Akan tetapi, bagi situs berita/media online yang kontennya berpotensi muncul di top stories (berita utama) pada bagian atas SERP, update ini menjadi penting diperhatikan karena skor page experience yang bagus dibutuhkan agar bisa muncul di top stories (berita utama).

Baca Juga:   Syarat Sertifikasi Profesi SEO Specialist: Harus Punya Portfolio Kontes SEO?

Sumber:

https://searchengineland.com/google-search-console-launches-desktop-page-experience-report-378626

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment