Halo semuanya!

Postingan ini menandai lahirnya DailySEO ID di dunia, sebagai bentuk kontribusi balik kami bagi industri yang telah menghidupi & membesarkan kami. Baca lebih lanjut untuk mengetahui kenapa blog ini dibuat dan apa yang bisa teman-teman harapkan dari blog ini.

Kenapa membuat SEODaily ID?

Secara singkat, ini alasan kenapa kami membuat blog ini:

  1. Belum ada blog atau media online profesional dalam bahasa Indonesia yang khusus membahas tentang SEO.
  2. Untuk mengedukasi pengambil keputusan bisnis, agar bisa memiliki pemahaman & ekspektasi yang benar tentang SEO
  3. Tempat belajar & berbagi ilmu bagi para praktisi SEO, agar semakin bisa meningkatkan value dari SEO bagi bisnis perusahaan/tempat kerja/klien masing-masing
  4. Agar calon praktisi SEO bisa masuk & berkarier di industri SEO, misalnya sebagai SEO Specialist

1. Belum ada blog/media online profesional yang khusus membahas SEO dalam Bahasa Indonesia

Siapa yang tidak kenal Search Engine Journal, Search Engine Land, atau Search Engine Watch, situs-situs rujukan untuk meng-update berita & pengetahuan SEO terbaru kita. Setiap kali ada update dari mbah Google, situs-situs itulah yang selalu update lebih dahulu, selain pastinya di blog milik Google: Search Central Blog. Semua situs ini, berbahasa Inggris.

Selain situs-situs tersebut, ada lagi website yang fokus memberikan in-depth content seperti tutorial, studi kasus, riset terbaru, seperti Ahrefs, Moz, dan Backlinko. Semua itu juga berbahasa Inggris.

Karena sumber referensi utama ilmu SEO ada di website berbahasa Inggris, ilmu ini menjadi tertutup bagi sebagian dari kita yang belum mahir berbahasa Inggris. Mungkin ini alasan sebagian orang masih punya ilmu SEO yang (maaf) ketinggalan zaman.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya sudah banyak pengetahuan SEO berbahasa Indonesia, yang tersebar di berbagai komunitas, khususnya komunitas internet marketer/online marketing. Beberapa guru-guru internet marketer menyediakan pengetahuan SEO dalam bahasa Indonesia, seperti Ibrahim Vatih, Defriansyah, dan Didik Arwinsyah (YouTube), dan sebagainya.

Akan tetapi, menurut kami ini masih belum cukup, karena mereka rata-rata ingin mempromosikan layanan/produk/jasa SEO masing-masing, bukan fokus sebagai media online khusus SEO, sehingga website mereka semua berformat personal branding.

Kami akan fokus membangun DailySEO ID sebagai media tempat berkumpul dan belajarnya praktisi SEO Indonesia dari berbagai kalangan.

2. Media edukasi bagi pengambil keputusan bisnis untuk punya pemahaman & ekspektasi yang benar tentang SEO

Pemilik bisnis, eksekutif C-level (CEO, CMO), dan manajer marketing di berbagai perusahaan dari berbagai level, merupakan pengambil keputusan tentang bisnis dan marketing. Sangat disayangkan, masih ada saja yang punya pemahaman yang salah (sepertinya karena kurang update) mengenai SEO.

Sepanjang perjalanan saya pribadi mengajar & melakukan consulting SEO beberapa tahun terakhir, saya masih terus menemukan kasus di mana manajer/pemilik bisnis yang punya ekspektasi yang kurang tepat tentang SEO dan bagaimana SEO bisa berkontribusi ke bisnis.

Misalnya, yang penting ranking keywords nomor 1 (karena tahunya SEO = ranking 1), tak peduli target keywords-nya deliver hasil bisnis atau tidak. Atau yang punya goal menaikkan DA (Domain Authority), karena menganggap DA tinggi = ranking tinggi (padahal tidak). Atau yang memberikan KPI ke tim SEO-nya 1,000 backlinks. Atau yang berharap SEO sudah bisa memberikan hasil minggu depan.

Kami membuat DailySEO ID ini tidak hanya memiliki konten-konten teknis bagi para praktisi SEO, tetapi juga yang berisi konten strategis bisnis yang bisa dibaca oleh pengambil keputusan. Tujuannya, agar para pengambil keputusan bisnis bisa memiliki ekspektasi yang tepat tentang SEO: untuk memberikan investasi bisnis jangka panjang yang sustainable.

3. Tempat belajar & berkumpulnya para praktisi SEO profesional, agar bisa memberikan value yang lebih untuk bisnis

Sebagai kelanjutan poin nomor satu di atas, kami ingin DailySEO ID bisa menjadi rumah yang nyaman bagi para praktisi SEO Indonesia untuk dikunjungi, untuk belajar dan berkembang bersama-sama.

Kami ingin praktisi SEO tidak hanya dikenal sebagai “tukang ranking”, tetapi juga sebagai seseorang yang bisa berkontribusi ke bisnis, lewat user growth yang didapatkan dari organic SERP.

4. Tempat calon praktisi SEO mengawali karier-nya

Saya pernah merasakan sulitnya belajar SEO. Dulu saat saya pertama kali membuat website sekitar 15 tahun lalu, SEO terasa sangat misterius, karena tidak banyak sumber-sumber belajar SEO. Akhirnya saya menemukan guru untuk belajar SEO sejak 2013, dan sampai sekarang saya menjadikan SEO sebagai bidang karier saya secara pribadi.

Melalui DailySEO ID, kami berharap para guru-guru SEO, alias para praktisi SEO profesional yang senior, bisa lebih banyak yang “turun gunung” dan berbagi kepada adik-adik kita calon praktisi SEO.

Apa yang bisa saya nantikan & lakukan di DailySEO ID?

Update dari kami setiap hari. DailySEO ID direncanakan untuk bisa mempublikasikan setidaknya satu tulisan setiap hari (makanya namanya daily).

Yuk berdiskusi di komentar. Setuju dengan kontennya, tidak setuju, punya pemikiran lain, atau ingin menambahkan informasi baru? Tinggalkan komentar ya!

Sebarkan tulisan-tulisan di DailySEO ID. Kalau teman-teman kelak menemukan bahwa konten-konten kami bermanfaat, mohon kesediannya untuk sebarkan tulisan-tulisan di sini.

Kontribusi tulisan! Jika teman-teman ingin menyumbang tulisan, silakan hubungi kami di halaman Let’s Collab!

Akhir kata..

Semoga blog sederhana tentang SEO ini bisa menjadi tempat belajar dan berkumpulnya orang-orang yang merasakan value dari SEO. Do’akan agar kami bisa konsisten menulis setiap hari seperti tujuan kami, dan memberikan manfaat lewat konten-konten yang ada di sini.

Author

Founder & Editor-in-Chief DailySEO ID | SEO Instructor & Curriculum Creator at RevoU | Former Digital Marketing Lead at Glints | Former Head of SEO & Product Manager at Traveloka | Father of 3

2 Comments

  1. Vanbel Manik Reply

    Hey, There’s a broken link on this post directed to the Post’s edit page. Anchor textnya ini >> “Untuk mengedukasi pengambil keputusan bisnis”.

Write A Comment