Terdapat berita baik untuk praktisi local SEO dan pemilik bisnis yang memiliki toko fisik. Per 5 Februari 2025 (hari ini), teman-teman bisa menambahkan nomor WhatsApp atau pesan teks (SMS) untuk bisnis Anda.
Kabar baiknya lagi, fitur ini telah tersedia di Indonesia. Per 5 Februari 2025, menurut Google, ada beberapa negara yang tidak tersedia untuk fitur ini, yaitu Filipina, Vietnam, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.
Daftar Isi
Mengapa Fitur Ini Sangat Penting untuk Kebutuhan Bisnis Anda?
Awalnya, Anda bisa memasukkan nomor telepon ke dalam Google Business Profile, namun secara otomatis teman-teman akan diarahkan untuk menelpon nomor tersebut.
Untuk lead generation, hal ini akan menyulitkan tracking, terutama jika Anda memakai telepon rumah, bukan smartphone.
Fitur penambahan nomor WhatsApp dan pesan teks ini akan membuat customer journey yang lebih nyaman.
Prospek yang melihat bisnis teman-teman bisa menghubungi Anda via WhatsApp, sehingga lead generation bisa lebih smooth dan mempermudah terjadinya closing atau penjualan.
Cara Menambahkan Nomor WhatsApp atau Pesan Teks di Google Business Profile
Untuk melengkapi fitur ini, langkah-langkah yang harus teman-teman lakukan pun tidak sulit. Berikut caranya:
- Buka Google Business Profile Anda, pastikan sudah terhubung di akun Google bisnis teman-teman
- Klik “Edit Profile”

- Kemudian, pilih “Contact”

- Klik “Chat”

- Dari dropdown, pilih “Pesan teks atau WhatsApp”

- Jika pesan teks, pakai nomor +62xxxx. Jika WhatsApp, masukkan wa.me/xxxx
- Tekan “Save”, kemudian tunggu di-approve
Apa yang Harus Dilakukan Setelah Memasukkan Nomor WhatsApp/Pesan Teks?
Setelah menyetelnya, teman-teman perlu memantau peningkatan jumlah prospek yang masuk.
Sayangnya, belum ada laporan performa dari GBP untuk fitur chat ini dan Anda tidak bisa memasukkan pre-text atau tagging.
Jadi, bekerja samalah dengan tim sales atau data Anda untuk melakukan tracking yang lebih rinci.
Jika Anda memiliki Google Business Profile lebih dari satu, teman-teman bisa memasukkan nomor yang sama dengan Google Business Profile lainnya yang Anda miliki pada fitur chat.
Menarik untuk Melihat Bagaimana Dampak dari Adanya Fitur Ini
Google mengklaim bahwa perilisan fitur chat ini adalah masukan dari berbagai pihak. Sekilas, fitur ini bisa membuat customer journey lebih baik dan cepat, terutama untuk prospek yang siap untuk bertransaksi.
Perlu adanya studi kasus di masa depan untuk melihat dan menyimpulkan bagaimana kenaikan konversi pada bisnis yang memakai fitur ini.
Perlu tempat untuk berdiskusi mengenai adanya fitur terbaru dari GBP ini? Tenang saja, kami memfasilitasi hal tersebut melalui grup Telegram DailySEO ID.
Di sana, teman-teman bisa bertemu dengan praktisi SEO dari berbagai macam background yang siap diajak diskusi perihal dunia SEO.
Selain itu, bagi Anda yang masih awam dengan dunia SEO dan ingin mulai belajar dari nol, teman-teman bisa mengikuti SEO Fundamental Course DailySEO ID.
Kelas tersebut akan dibawakan langsung oleh Muhammad Ilman Akbar dan materi yang disampaikan mulai dari basic hingga advance.
References: