Ada kabar baik untuk para praktisi SEO atau pemilik situs web yang menggunakan CMS WordPress dan menargetkan trafik dari Bing maupun Yandex.

Kenapa?

Karena kini Microsoft Bing telah menerbitkan plugin WordPress baru yang memudahkan kita untuk mengintegrasikan blog dan situs WordPress dengan protokol IndexNow.

Plugin ini dirilis selama liburan musim dingin 2021 dan tersedia di direktori plugin WordPress atau kamu bisa klik link ini.

Baca juga: Review 4 Plugin SEO WordPress Gratis yang Pernah Saya Coba: RankMath, Yoast, All in One, Slim SEO

Apa itu Plugin IndexNow?

Plugin IndexNow
Logo Plugin IndexNow. Sumber: WordPress

Plugin WordPress IndexNow memungkinkan kita untuk melakukan pengiriman URL otomatis dari situs WordPress ke beberapa mesin pencari tanpa perlu mendaftar dan memverifikasi situs ke mesin pencari.

Beberapa saat setelah diinstal, plugin akan secara otomatis memberikan dan menyimpan API key (kunci API) di situs kamu.

Plugin ini akan mendeteksi pembuatan/pembaruan/penghapusan halaman di WordPress dan secara otomatis mengirimkan URL di background (latar belakang).

Microsoft menyatakan, hal ini memastikan mesin pencari akan selalu memiliki pembaruan terakhir dari situs kamu.

Apa itu IndexNow?

IndexNow menyediakan sebuah metode bagi para pemilik situs web untuk segera memberitahu mesin pencari tentang perubahan konten terbaru di situs web mereka.

IndexNow sendiri adalah sebuah ping protokol sederhana agar search engine (mesin pencari) mengetahui bahwa URL dan kontennya telah ditambahkan, diperbarui, atau dihapus, yang memungkinkan mesin pencari dengan cepat menerapkan perubahan ini dalam hasil penelusurannya.

Saat ini Microsoft Bing dan Yandex telah mengadopsi protokol tersebut, tetapi seharusnya Google melakukan pengujian juga. Saat artikel ini ditulis, IndexNow telah digunakan di lebih dari 60.000 situs yang menggunakan CloudFlare.

Bagaimana Cara Kerja Plugin IndexNow?

Protokol yang dipakai sangatlah sederhana, yang perlu kita lakukan hanyalah membuat sebuah key (kunci) pada server, kemudian memposting URL ke mesin pencari untuk memberitahu mesin pencari yang berpartisipasi dalam IndexNow.

Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Meng-generate kunci yang didukung oleh protokol menggunakan online key generation tool dari Bing
  2. Menyimpan kunci ke dalam file teks bernama sesuai dengan value of the key (nilai kunci) di root direktori situs web kamu
  3. Mulai mengirimkan URL ketika URL kamu ditambahkan, diperbarui, atau dihapus. Kamu bisa mengirimkan satu URL tunggal atau satu kumpulan URL per API call (per panggilan API)

Kamu menggunakan WordPress?

Maka plugin WordPress IndexNow akan membuat langkah-langkah di atas menjadi lebih mudah, dan kamu tidak perlu melakukan semua langkah tadi untuk memulainya.

Halaman Add Plugin IndexNow
Menambahkan Plugin IndexNow di WordPress. Sumber: Ilovefreesoftware

Bagaimana cara install plugin IndexNow? Silahkan kamu ikuti cara di bawah:

  1. Login ke admin WordPress kamu
  2. Klik menu Plugins > Add New
  3. Ketikan “IndexNow Plugin” di kolom pencarian dan klik install
  4. Setelah di instal, klik aktifkan plugin. Buka admin plugin IndexNow dan klik “Let’s Get Started!”
  5. Selesai!

Penutup

Mengapa kami membagikan info plugin IndexNow ini? Karena kami tahu pengindeksan adalah hal yang sangat penting di SEO, tanpa indeks maka tidak ada trafik, dan IndexNow membantu kita untuk mengindeks konten lebih cepat.

Protokolnya sederhana, bisa dipasang dengan cukup mudah ke dalam situs yang kita kelola.

Apalagi jika kamu memakai layanan Cloudflare, kamu bisa menyalakan fitur ini dengan sekali klik, lihat gambar di bawah.

Crawler Hints Cloudflare
Crawler Hints. Sumber: Cloudflare

Juga sangat mudah mengaktifkan IndexNow jika kita menggunakan CMS WordPress, teman-teman hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah dituliskan di atas.

Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan? Silahkan kalian coba, dan jangan lupa berikan tanggapan teman-teman tentang fitur IndexNow ini di kolom komentar.

Sumber:

https://searchengineland.com/indexnow-plugin-for-wordpress-378228

Author

SEO Learner | Jr. SEO Specialist at Farmaku & DokterSehat | SEO Freelancer | First time meet SEO in 2014 and diving more deeply in 2019.

Write A Comment