Halo teman-teman praktisi SEO!

DailySEO ID saat ini sedang mengadakan SEO Salary Survey 2024.

Ini adalah salary survey pertama khusus industri SEO, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran industri SEO di tanah air tercinta. 

Siapa yang harus mengisi survey ini?

Teman-teman semua yang bekerja di bidang SEO!

Baik yang bekerja di brand/in-house, di agency, maupun freelancer. Baik yang bekerja sebagai SEO end-to-end, maupun Content Writer.

Baik yang baru bekerja beberapa bulan di SEO, maupun yang sudah berpengalaman bertahun-tahun, baik bekerja di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Silakan isi survey-nya lewat tombol berikut ini:

Apa tujuan survey ini?

Lewat survey ini, kami berharap dapat memahami korelasi antara berbagai macam hal dengan gaji/pendapatan seorang praktisi SEO profesional.

Misalnya, korelasi antara domisili, jenis perusahaan, industri, jumlah karyawan di perusahaan, pengalaman kerja, dan sebagainya.

Di survey ini kami juga ingin mengetahui hal-hal seperti area apa di SEO yang biasa di-handle seorang SEO profesional, seperti apa KPI-nya yang dibebankan ke tim SEO, dan sebagainya.

Untuk para praktisi, hasil survey ini diharapkan bermanfaat untuk menjadi benchmark perkembangan kariernya masing-masing.

Untuk perusahaan, hasil survey ini diharapkan bermanfaat untuk menjadi salah satu masukan dalam penentuan strategi bisnis, khususnya strategi hiring/rekrutmen.

Penutup

Pada akhirnya, kami berharap SEO Salary Survey 2024 DailySEO ID ini bermanfaat untuk kemajuan industri SEO di Indonesia, untuk menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara para profesional/praktisi dengan perusahaan. 

Salam,

Ilman Akbar

Founder, DailySEO ID

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Baca Juga:   Insights Menarik Terkait AI dan Google Search dari Search Central live Jakarta 2023
Author

Founder, DailySEO ID | SEO Instructor & Curriculum Creator at RevoU | Former Digital Marketing Lead at Glints | Former Head of SEO & Product Manager at Traveloka | Father of 3

Write A Comment