Beberapa hari lalu, Google baru saja memposting artikel blog di Google Search Central yang membagikan penjelasan mengenai salah satu sistem ranking-nya untuk konten berita yaitu Topic Authority.

Bagaimana Google menggunakan sistem ranking ini? Apa dampaknya bagi hasil pencarian dan bagaimana cara mengoptimasinya? Simak rangkuman pembahasannya di bawah ini.

Tujuan Sistem Ranking Topic Authority

Tujuan utama dari sistem ranking ini adalah untuk membantu Google mengidentifikasi sumber (website) terpercaya untuk pencarian kata kunci berita pada topik-topik khusus seperti kesehatan, politik, atau keuangan. 

Dengan sistem ranking ini, Google memberikan kredit kepada konten dengan tingkat expertise (keandalan) dan relevansi yang tinggi sehingga bisa muncul di hasil pencarian teratas Google Search dan Google News.

Meskipun baru pertama kali diumumkan, Topic Authority ini sebetulnya bukan sistem ranking baru. Google bahkan mengonfirmasi bahwa mereka sudah sudah menggunakannya bertahun-tahun bersamaan dengan sistem ranking website berita lokal lainnya.

Cara Kerja Topic Authority

Google lebih lanjut menjelaskan bahwa Topic Authority menggunakan beberapa sinyal untuk dapat memahami keandalan sebuah liputan pada topik pembahasan tertentu. Berikut beberapa sinyal yang utama mereka gunakan:

  • Popularitas sumber untuk topik atau lokasi tertentu: Google dapat memahami apakah sebuah sumber relevan dengan topik atau lokasi tertentu.
  • Orisinalitas dan pengaruh dari publikasi: Google dapat memahami orisinalitas dari sebuah liputan pada publikasi lewat penelusuran tautan dan kutipan.
  • Reputasi sumber: Google juga mempertimbangkan reputasi sumber dengan melihat apakah sumber tersebut memiliki riwayat publikasi dengan kualitas yang baik, atau pernah direkomdasikan oleh sumber pakar. Misalnya pernah mendapatkan penghargaan jurnalistik atau telah mempublikasi banyak liputan yang orisinal.
Baca Juga:   Google Sudah Beralih ke Mobile-First Indexing Sepenuhnya

Dampaknya bagi Hasil Pencarian

Topic Authority sangat bermanfaat bagi pencarian berita. Karena dengan sistem ini Google dapat menyajikan liputan yang orisinal dari sumber yang andal dan relevan dengan lokasi atau topik khusus.

Ekspektasi yang diharapkan dari adanya sistem ranking ini adalah media lokal akan lebih sering muncul di pencarian berita atau kejadian di lokasi mereka. Sebagai contoh, hasil pencarian ‘banjir Semarang’ mungkin akan lebih banyak diisi oleh berita dari media lokal Semarang yang sering meliput kejadian-kejadian di Semarang, meskipun banyak media nasional yang juga meliput kejadian tersebut.

Selain itu, media dengan expertise khusus memiliki kemungkinan muncul lebih tinggi pada pencarian berita yang relevan dengan bidang keahlian mereka.

Tips Optimasi

Terkait tips optimasi bagi publisher konten berita, Google hanya memberikan saran untuk “tetap melakukan apa yang seharusnya publisher lakukan, yaitu menyajikan liputan yang maksimal pada area dan topik yang mereka kuasai”.

Namun jika kita melihat penjelasan dari Google terkait Topic Authority, maka expertise, orisinalitas, dan reputasi menjadi tiga komponen utama yang penting untuk teman-teman hadirkan dalam sebuah konten berita agar dapat muncul di kolom Top Stories atau fitur berita lokal Google lainnya.

________

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar. Silakan akses webinar tersebut di sini ya!

Sumber:

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment