SEO (Search Engine Optimization) bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan secara asal, ia memerlukan perencanaan, strategi, dan eksekusi yang tepat.
Dalam konteks ini, manajemen proyek SEO menjadi penting.
SEO project management memastikan bahwa setiap aktivitas SEO tidak hanya tercatat dengan baik tetapi juga terukur dan efisien dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.
Oleh karena itu, sebagai praktisi SEO penting untuk memahami dan menguasai aspek-aspek manajemen proyek dalam SEO.
Untuk itu, mari kita sama-sama belajar mengenai SEO project management di tulisan ini, kita mulai dari pengertiannya.
Daftar Isi
- Apa itu SEO Project Management?
- Mengapa SEO Project Management itu Penting?
- Tips SEO Project Management yang Efektif
- #1 Persiapan Project
- #2 Membuat Perencanaan
- #3 Susun Setiap Proyek SEO secara Detail
- #4 Melakukan Komunikasi yang Intens dan Transparan
- #5 Membuat Timeline untuk Setiap Progres
- #6 Mengidentifikasi Potensi Risiko atau Hambatan yang Mungkin Terjadi
- #7 Gunakan Project Management Tool yang Tepat
- #8 Mengukur Progres Proyek yang Sedang Berjalan
- #9 Mengembangkan Strategi Komunikasi dan Kolaborasi yang Baik
- #10 Memberikan Penghargaan kepada Tim Anda
Apa itu SEO Project Management?
SEO Project Management (Manajemen proyek SEO) adalah proses pengelolaan dan pengorganisasian sumber daya, termasuk waktu, tenaga kerja, dan SEO tools, untuk mengeksekusi proyek SEO sesuai dengan metodologi yang telah ditentukan.
Dengan pekerjaan yang dilakukan dalam frame yang jelas, SEO project management menentukan dan mengalokasikan sejumlah sumber daya yang diperlukan untuk menganalisis website, mengaudit konten, keyword mapping (pemetaan kata kunci), on page optimization, peningkatan User Interface (UI), internal linking, hingga menganalisis audiens.
Seluruh hal tersebut saling berkaitan dan terhubung, sehingga akan memudahkan pekerjaan SEO teman-teman, baik yang bekerja secara in house maupun di agensi.
SEO project management adalah tentang mengawasi dan memandu rekan kerja yang ada berdasarkan goals (tujuan) proyek, sumber daya, dan workflow (alur kerja), untuk memberikan hasil yang diharapkan dengan tepat waktu.
Singkatnya, SEO project management ini mirip dengan project management di industri lainnya yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengontrolan aktivitas tim.
Mengapa SEO Project Management itu Penting?
Hal yang cukup menantang untuk dikerjakan di SEO adalah mengintegrasikan SEO yang efektif ke dalam aktivitas marketing (pemasaran), website, pengembangan, hingga ke tim agensi atau pihak ketiga lainnya.
Manajemen Proyek SEO memainkan peran penting dalam memastikan bahwa semua elemen tersebut berjalan secara sinergis.
Tanpa manajemen proyek yang efektif, upaya SEO dapat menjadi tidak terarah dan kurang efisien, menyebabkan penyebaran sumber daya yang tidak optimal dan hasil yang tidak maksimal.
Bahkan sampai saat ini, setidaknya sampai artikel ini ditulis, masih banyak staf atau karyawan yang belum memiliki pengalaman bekerja sama dengan tim SEO.
Sehingga beberapa dari mereka tidak memahami benefit positif yang ditawarkan oleh SEO atau bahkan menganggap remeh.
Jadi dengan adanya SEO project management ini, diharapkan semua aktivitas kerja di dalam perusahaan dapat berjalan dengan baik, terarah, dan terukur pada semua divisi, khususnya untuk divisi kerja yang terlibat dengan SEO.
Tips SEO Project Management yang Efektif
Berikut adalah beberapa tips yang teman-teman bisa lakukan untuk membuat SEO project management yang efektif dan memudahkan kerja sama antar divisi di perusahaan maupun agensi:
#1 Persiapan Project
Pada tahap persiapan ini, teman-teman harus mendiskusikan daftar topik yang lengkap dengan atasan (jika di perusahaan) atau klien (jika di agensi).
Dari diskusi tersebut, Anda harus merumuskan serangkaian hasil kerja yang jelas setiap satu minggu, dua minggu, atau bulanan.
Komunikasi ini akan membantu Anda dalam memahami kebutuhan perusahaan atau klien dengan lebih baik dan mempersiapkan tim dalam kondisi ideal untuk meraih apa yang telah ditargetkan.
Pada tahap persiapan, disarankan untuk menggunakan tool kolaboratif untuk mencatat setiap komunikasi dan progres pekerjaan.
Jangan lupa juga untuk menentukan dan mencatat tujuan jangka pendek & jangka panjang proyek SEO Anda.
#2 Membuat Perencanaan
Memiliki SEO plan (rencana SEO) yang terdokumentasi harus menjadi prioritas utama teman-teman.
Sebab dalam proses pekerjaan SEO, kita memerlukan tindakan dan perencanaan yang jelas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Dan teman-teman perlu tahu juga bahwa segala sesuatu yang tidak direncanakan akan menjadikan progres kerja menjadi tidak terarah dan potensi kegagalan menjadi lebih besar.
#3 Susun Setiap Proyek SEO secara Detail
Menyusun proyek SEO secara rinci dapat membantu Anda menyederhanakan prosesnya.
Untuk itu, pastikan teman-teman melakukan identifikasi sumber daya serta permasalahan yang ada dan memprioritaskan aktivitas mulai dari yang paling penting dan mendesak.
Berikut adalah lima tahapan dalam menyusun proses proyek SEO:
- Persiapan: Persiapkan apa yang ingin dilakukan oleh tim Anda berdasarkan hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan atau klien Anda. Tidak lupa juga untuk mencatat sumber daya lainnya seperti tool SEO dan tool kolaborasi.
- Planning (Perencanaan): Setelah semuanya dipersiapkan, sekarang kita masuk ke tahap perencanaan seperti perencanaan kategori-kategori pekerjaan beserta timeline (garis waktu) pekerjaannya. Contoh kategori pekerjaan adalah keyword research, on page SEO, technical SEO, dan seterusnya.
- Eksekusi: Berdasarkan perencanaan tadi, mulailah lakukan pekerjaan Anda. Namun jangan lupa untuk mencatat setiap aktivitas dan proses proyek secara keseluruhan sebagai dokumentasi untuk mempermudah pekerjaan tim Anda.
- Measurement (Pengukuran): Saat sudah masuk tahap eksekusi, jangan lupa untuk memantau dan mengukur kinerja pekerjaan Anda dan tim. Jika semua berjalan dengan baik, maka itu bagus. Namun jika ada sesuatu yang kurang atau salah, maka segera lakukan perbaikan atau peningkatan supaya proyek SEO teman-teman tetap on the track (dalam jalur untuk sukses).
- Reaction (Reaksi): Reaksi adalah tindakan lanjutan ketika teman-teman memerlukan peningkatan atau perbaikan saat menemukan kesalahan atau kekurangan di proses measurement sebelumnya.
#4 Melakukan Komunikasi yang Intens dan Transparan
Komunikasi yang teratur dengan tim, atasan atau klien memungkinkan Anda memahami keseluruhan proyek SEO dengan baik.
Sebagai contoh, teman-teman bisa melakukan komunikasi harian dan mingguan dengan tim, lalu melakukan komunikasi mingguan dan bulanan dengan atasan ataupun klien.
Pastikan komunikasi atau meeting dilakukan secara efektif dan efisien agar teman-teman tidak kehilangan banyak waktu secara sia-sia.
#5 Membuat Timeline untuk Setiap Progres
Salah satu hal mendasar dari setiap proyek SEO adalah timeline.
Penulis sendiri agak kaget ketika pertama kali “dibebankan” dengan timeline ini, karena kita harus benar-benar fokus terhadap kualitas sekaligus mengejar deadline (tenggat waktu) pekerjaan kita.
Timeline ini berisi tugas-tugas spesifik yang diberikan kepada tim kerja beserta deadline kapan tugas tersebut harus diselesaikan.
Adanya timeline yang terorganisir ini memungkinkan teman-teman untuk memastikan pekerjaan dapat lakukan dengan cepat, meminimalisir risiko, meningkatkan produktivitas, dan progres pun terukur.
Dan apabila ada kendala pun, kita akan dapat mengetahuinya dengan lebih mudah, sehingga teman-teman bisa mencari solusinya bersama-sama.
#6 Mengidentifikasi Potensi Risiko atau Hambatan yang Mungkin Terjadi
Risiko dan hambatan pekerjaan bisa datang tiba-tiba dan dapat mengacaukan progres SEO Anda.
Oleh karena itu, mengidentifikasi hambatan-hambatan dan bagaimana kita meresponnya adalah salah satu aspek penting dalam manajemen proyek SEO.
Apa pun hambatannya, Project Manager (Manajer Proyek) adalah pihak yang paling bertanggung jawab dan mestinya mampu untuk mengidentifikasi hambatan tersebut dan mencari solusinya.
Sebagai contoh:
Ada anggota tim yang biasanya mengerjakan optimasi konten tidak bisa hadir karena sakit. Maka, Manajer Proyek harus dengan cepat mencari bantuan dari tim lain atau mempekerjakan seorang freelancer (pekerja lepas) untuk menggantikan tim yang sakit tersebut.
#7 Gunakan Project Management Tool yang Tepat
Menggunakan tool yang tepat dapat membantu dan memudahkan Anda dalam menjalankan manajemen proyek SEO.
Pastikan tool yang teman-teman gunakan memiliki fungsi dan tampilan yang mudah dimengerti oleh tim Anda.
Berikut adalah sejumlah software (perangkat lunak) yang bisa Anda gunakan di dalam proyek SEO teman-teman:
- Google Drive (termasuk di dalamnya Google Docs, Sheet, dan Slide) untuk pembuatan, penyimpanan, dan dokumen atau file transfer.
- Slack, Hive, dan Microsoft Team untuk mengelola proyek antar tim, divisi, hingga pihak ketiga.
- Trello untuk memonitor proyek masing-masing anggota.
- Hubspot dan Semrush CRM untuk memenuhi semua tugas manajemen pelanggan secara efektif di dalam satu platform (tempat).
#8 Mengukur Progres Proyek yang Sedang Berjalan
Aspek penting lainnya yang harus diperhatikan adalah melakukan pengukuran progres dari setiap tugas yang dibebankan oleh tim.
Melalui aktivitas pengukuran ini, diharapkan masing-masing tim tetap bisa fokus untuk mencapai target mereka masing-masing.
Pastikan kita menggunakan pendekatan yang baik serta efektif untuk menghadirkan rasa tanggung jawab dan optimis di antara anggota tim yang ada.
#9 Mengembangkan Strategi Komunikasi dan Kolaborasi yang Baik
Setiap manajer proyek SEO yang baik tahu bahwa komunikasi yang efektif dan jelas adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.
Jadi ketika teman-teman mengemban tugas tersebut, pastikan untuk mempelajari dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, efektif, dan jelas.
Mengapa demikian?
Karena dengan feedback (umpan balik) yang konsisten dan komunikasi yang jelas Anda berpeluang untuk mencapai target Anda. Dan jika tidak, maka hal sebaliknya lah yang mungkin akan teman-teman dapati.
Cari dan pahamilah problem yang dihadapi tim Anda, bicarakan dengan atasan ataupun klien Anda tentang kesulitan tersebut, pastikan untuk bersikap terbuka serta kooperatif untuk mendapatkan solusi terbaik bersama-sama.
#10 Memberikan Penghargaan kepada Tim Anda
Selalu ciptakan budaya feedback positif dalam tim Anda. Memberikan pujian dan apresiasi kepada tim Anda adalah tanda Anda layak untuk menjadi manajer SEO project yang baik.
Hal ini juga membantu Anda menciptakan lingkungan kerja yang tenang (tanpa drama) dan efisien.
Demikianlah artikel mengenai pentingnya project management di dalam SEO beserta tips melakukannya ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
Sumber:
https://www.semrush.com/blog/seo-project-management
https://www.searchenginejournal.com/seo-project-management/459118