Search Engine Optimization (SEO) adalah usaha yang dilakukan seseorang atau organisasi untuk mengoptimasi sebuah website, agar website tersebut bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna yang sedang melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. Sebagai salah satu bentuk dari digital marketing, SEO bertujuan untuk mendatangkan traffic/pengunjung ke website kita dan mengubahnya menjadi pelanggan/pembeli bisnis kita.

Hal terbaik dari memanfaatkan SEO adalah kita mendapatkan traffic secara gratis, biaya akuisisi pelanggannya paling murah dibanding channel digital marketing lainnya, serta hasil yang akan kita dapatkan secara jangka panjang (seperti investasi).

Apa pengertian SEO (Search Engine Optimization)?

Menurut Google, SEO adalah proses untuk membuat situs Anda menjadi lebih baik bagi search engine. Selain itu, SEO juga merupakan jabatan yang diemban oleh orang yang bekerja dalam bidang ini: Kami baru saja mempekerjakan SEO baru untuk meningkatkan kemunculan situs kami di web.

Menurut Moz, SEO adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan posisi & visibilitas sebuah halaman web di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Menurut Search Engine Land, secara sederhana SEO adalah proses optimasi situs web kita agar bisa lebih terlihat saat pengguna mencari produk atau layanan yang terkait dengan bisnis kita di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. Semakin baik visibilitas halaman website kita, semakin besar kemungkinan kita menarik perhatian pelanggan/calon pelanggan ke bisnis kita.

Intinya, SEO bukan sekedar usaha untuk membuat ranking website kita di hasil pencarian mesin pencari naik, melainkan agar pelanggan/calon pelanggan kita datang ke website kita, dengan tujuan akhir agar bisnis kita berkembang.

Mengapa SEO penting bagi bisnis kita? 

Terdapat beberapa alasan mengapa SEO menjadi salah satu cara paling penting untuk mendatangkan calon pelanggan ke bisnis kita:

Sumber traffic gratis

Tentu berbeda dengan sumber traffic berbayar baik dengan perhitungan berdasar jumlah klik (cost per click) maupun berdasarkan jumlah frekuensi penayangan iklan (social media marketing). SEO menawarkan opsi dimana tidak ada biaya yang dikenakan atas traffic yang datang sebanyak apapun dari hasil pencarian organik setelah praktik-praktik optimasi dilakukan. Menarik bukan?

Biaya akuisisi pelanggan paling rendah dibanding channel digital marketing lainnya

Dalam digital marketing dikenal konsep CAC (Customer Acquisition Cost) yaitu perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk mendapat 1 orang customer baru pada periode waktu tertentu. Untuk periode waktu yang panjang, biaya yang dikeluarkan oleh channel-channel marketing berbayar akan semakin melambung tinggi. Ini hasil dari kecenderungan penayangan iklan yang terus ditingkatkan frekuensinya ataupun sebagai konsekuensi jangkauan audience yang terus ditambah. Berkebalikan dengan SEO dimana seiring berjalannya waktu, traffic akan terus meningkat dan jumlah CAC pun akan terus menurun atau dengan kata lain upaya untuk mendapatkan customer baru akan semakin murah.

Investasi jangka panjang, seperti lari maraton

SEO sebagai bagian dari fungsi marketing tentu tidak bisa menjadi jawaban atas semua tujuan sebuah entitas bisnis. Pemilik harus bijak mempertimbangkan semua pilihan saluran-saluran marketing yang ada baik offline – online, berbayar maupun yang gratis, sebagai sebuah portofolio strategi marketing.

Target marketing yang diharapkan bisa dicapai dalam jangka pendek (misal mengkonversi traffic menjadi transaksi penjualan yg menghasilkan profit), tentu lebih tepat dibebankan kepada channel-channel berbayar yang memang bisa langsung mendatangkan traffic secara cepat (sprint).

Sedangkan praktik SEO yang hasilnya baru bisa dinikmati setelah proses yang relatif lebih panjang (long term), akan lebih tepat jika ditempatkan sebagai upaya marathon untuk meraih traffic secara organik di masa mendatang. Sehingga untuk jangka panjangnya hasil dari SEO dapat menjadi penyeimbang dari beban saluran berbayar yang akan semakin mahal untuk tetap bisa mendapatkan hasil sesuai yang ditargetkan.

©freepik.com

Cara kerja SEO: apa saja yang harus dilakukan?

Secara garis besar, ini adalah rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimasi website kita:

Riset kata kunci (keyword research)

Menentukan keyword yang ditargetkan bisa diibaratkan seperti memilih medan perang. Kita mungkin tidak perlu memenangkan semua peperangan, kecuali memang memiliki privilege atas semua sumber daya yang dibutuhkan. Namun untuk keyword-keyword yang memang sangat relevan dengan business goal maupun target marketing, tentu kita perlu mengerahkan semua upaya untuk memenangkan perang tersebut.

Pada prakteknya kita juga memerlukan riset yang teliti dan mendalam untuk memilah keyword yang bisa dimenangkan dengan mudah atau keyword yang kita target di kesempatan berikutnya. Mungkin misalnya setelah website kita secara umum sudah memiliki otoritas yang lebih tinggi dibanding para kompetitor di medan tersebut.

Disebutkan dalam situs neilpatel.com, penelitian kata kunci dilakukan karena beberapa alasan berbeda, tetapi dua alasan utama adalah untuk menentukan peringkat di mesin pencari dan membuat konten yang relevan. Kata kunci sering kali dapat membuka pintu inspirasi dengan memberi tahu Anda secara tepat apa yang ingin diketahui orang berdasarkan apa yang mereka cari.

SEO Konten

Aspek penting dalam SEO adalah bagaimana sebuah situs bisa memberikan konten yang memang memiliki value kepada pengunjungnya. Ungkapan yang sangat terkenal “Content is King”, cukup bisa menggambarkan bahwa keberhasilan optimasi sebuah situs sangat ditentukan oleh konten berkualitas yang bisa menjawab kebutuhan mereka.

Search Engine Journal memberikan tips agar berpusat pada audiens, ini berarti Anda berfokus pada apa yang ingin didengar audiens daripada apa yang ingin Anda bicarakan. Dan, seperti yang telah diidentifikasi, menghasilkan konten yang berguna dan relevan adalah inti dari “permainan” jika Anda ingin mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Technical SEO

Optimasi pada area ini juga tak kalah penting. Walaupun seperti disebutkan sebelumnya bahwa “Content is King”, namun apa artinya jika sebuah konten terbaik Anda karena sesuatu hal tidak nyaman diakses, lambat atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali oleh pengunjung situs. Sebaliknya kenyamanan dan kecepatan yang meningkatkan kepuasaan akan menjadi hal yang sangat dipertimbangkan oleh mesin pencari untuk menampilkan situs Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait aspek teknikal pada situs Anda.

  • Kecepatan website
  • Struktur website
  • XML Sitemap
  • Keamanan situs (SSL)
  • Tema responsive
  • Layout website
  • Navigasi
  • dan masih banyak lagi

Off-page SEO

Yang terakhir namun tak kalah penting adalah elemen off-page SEO. Jika SEO konten dan technical adalah optimasi di dalam situs web Anda, optimasi secara off-page berada di luar area tsb.

Konsep dasarnya adalah mendapatkan vote atau rekomendasi dari teman-teman kita, baik secara offline dan online. Rekomendasi dari teman kita secara online ditandai dengan adanya tautan dari situs lain untuk menuju situs Anda atau biasanya disebut backlink.

Mirip seperti yang terjadi dalam kehidupan nyata, mesin pencari akan menganggap Anda memiliki otoritas yang tinggi terhadap topik tertentu ketika Anda mendapat banyak backlink dari situs-situs lain juga membahas topik tersebut. Ketika website Anda menjadi rujukan oleh banyak website lain, mesin pencari akan mengapresiasi dengan memberi ranking yang lebih tinggi karena website tersebut dianggap memiliki otoritas untuk membahas topik yang dibicarakan. 

Kegiatan yang perlu anda fokuskan untuk kegiatan SEO off-page adalah pada kegiatan-kegiatan berikut:

  • Link Building
  • Social Media Sharing
  • Content Marketing
  • Guest Post
  • Steal Competitor Backlink

Penjelasan lengkap dari poin-poin diatas akan kami bagikan pada artikel berikutnya. Demikian beberapa hal-hal dasar bagi Anda yang ingin mengenal tentang apa itu SEO. Simak terus DailySEO ID untuk berita serta artikel terupdate seputar SEO dan temukan hal-hal menarik lainnya. Selamat mengoptimasi!

Author

SEO Enthusiast. Love to Write Over Jazz and a Cup of Black Local Coffee.