Keyword adalah hal pertama yang mungkin teman-teman pikirkan ketika berbicara SEO (Search Engine Optimization).

Singkat kata, Anda melakukan keyword research (riset kata kunci), membuka CMS website (contoh: WordPress), lalu meletakkan keyword tersebut di meta tag keyword di plugin Yoast, RankMath, atau plugin SEO semisalnya, dan akhirnya menulis konten.

Pertanyaannya adalah, apakah memasukkan keyword di meta keyword dapat memengaruhi ranking website teman-teman di Google Search?

Nah, untuk mengetahui jawabannya silakan baca terus tulisan ini sampai selesai.

Klaim: Meta Keyword Merupakan Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search

Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu meta keyword.

Meta keyword adalah sebuah meta tag yang berada di HEAD section dokumen HTML.

Jika sebuah webpage (halaman web) memasukkan meta keyword, maka tag tersebut akan terlihat seperti ini:

<meta name="keywords" content="seo, apa itu seo, pengertian seo">

Klaim yang ada muncul karena meta keyword dianggap sebagai “jembatan” informasi antara topik konten yang dibahas dengan search engine, dalam kasus ini Google, namun tidak menutup kemungkinan untuk search engine lainnya.

Apalagi menurut pengalaman penulis, di sekitar tahun 2014-an ke bawah, banyak blogger-blogger SEO yang mengajak kita untuk memasukkan keyword di meta tag ini.

Belum lagi plugin-plugin SEO yang “memaksa” kita untuk memasukkan setidaknya satu keyword ke dalam kolom meta keyword-nya.

Tujuannya satu, karena meta tag keyword ini dianggap menjadi elemen penting untuk meningkatkan ranking website kita.

Baca Juga:   Apakah Urutan Link di Dalam Konten Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti Sanggahan: Meta Keyword Bukan Faktor yang Memengaruhi Ranking

Pada tahun 2009, Google Search Central pernah memublikasikan informasi mengenai meta keyword tag ini.

Di dalam dokumen tersebut ditanyakan, apakah Google menggunakan meta tag keyword pada search ranking-nya?

Jawabannya adalah TIDAK.

Web search kami (yang digunakan banyak orang setiap hari, Google.com) sama sekali tidak menggunakan meta tag keyword.

Meta tag keyword tidak memberikan efek apapun terhadap search ranking Google.

Lalu, mengapa Google mengabaikan penggunaan meta tag keyword?

Karena meta tag keyword cukup sering dimanipulasi, Google sejak bertahun-tahun lalu sudah mulai mengabaikan meta tag keyword.

Terakhir, apakah Google akan terus mengabaikan penggunaan meta tag keyword ini?

Kedepannya, Google mungkin saja menggunakan informasi yang ada di meta tag keyword, tapi kemungkinannya kecil.

Google sudah cukup lama mengabaikan meta keyword dan kami rasa kami tidak perlu mengubah keputusan tersebut.

Lalu, jika kita cek lebih lanjut di dokumen Advanced SEO Documentation di Google Search Central.

Google menjabarkan tentang meta tag yang mereka gunakan untuk Google Search. Di sana Google hanya memasukkan meta description dan meta robots saja, namun tidak dengan meta keyword.

Sehingga sanggahan ini terbilang cukup kuat.

Bing dan Yahoo juga Mengabaikan Meta Tag Keyword

Bukan hanya Google yang “menyuntik mati” meta keyword, ternyata Yahoo dan Bing pun sama.

Di tahun 2009, Yahoo mengeluarkan pernyataan di SMX East bahwa dukungan untuk meta keyword sudah cukup lama dihentikan.

Lalu ada juga Bing yang menuliskan “Blame The Meta Keyword Tag” di blog-nya pada tahun 2014.

Bing menuliskan:

Hari ini, meta keyword tag dengan jelas dan tegas sudah hilang di istilah SEO. Ya tentu, meta keyword tag mungkin bernilai untuk sistem iklan kontekstual atau menjadi penghantar bot penjelajah web dalam mencari topik, tapi sejauh ini, meta keyword tag sudah tidak sesukses dulu sebagai (ranking) booster.

Di tahun 2021 lalu, Google juga memperbarui halaman dengan irrelevant keyword (keyword yang tidak relevan).

Baca Juga:   Apakah HTTPS Memengaruhi Ranking di Google Search?

Google menuliskan bahwa Anda tidak boleh menggunakan keyword secara tidak natural atau spam dalam satu halaman, paragraf atau daftar.

Mereka juga mengatakan jika Anda melakukan keyword stuffing di segala tempat di halaman web, maka hal itu akan terindikasi spam.

Mengisi konten dengan banyak keyword akan berdampak kepada user experience yang buruk, dan dapat memberikan efek yang tidak bagus terhadap ranking website Anda.

Kesimpulan: Meta Keyword TIDAK DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Dulu, meta tag keyword merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan dan harus kita isi.

Kini? Sudah jelas, tidak lagi, meta keyword tag sudah tidak lagi menjadi faktor yang dapat memengaruhi ranking di Google Search.

Lalu di meta tag manakah Anda harus memasukkan keyword?

Jawabannya di meta tag description.

Nah, bagaimana? Apakah teman-teman DailySEO ID sudah memahami faktor ranking Google yang satu ini?

Jika belum, silakan beritahu kami dengan cara menuliskan komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas!

Sumber:

Searchenginejournal

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

1 Comment

Write A Comment