Pemilihan CMS (Content Management Systems) yang SEO friendly (ramah SEO) merupakan tahap yang tidak boleh disepelekan.

CMS tidak hanya digunakan untuk membuat, mengedit, menghapus, dan mengelola konten saja. Lebih dari itu, CMS juga harus mendukung berbagai aktivitas SEO (Search Engine Optimization) yang kita lakukan.

Ingin tahu CMS apa saja yang memiliki fitur untuk mendukung SEO website teman-teman?

Simak artikel ini untuk dapat jawaban lengkapnya.

Sejumlah Fitur SEO di CMS yang Perlu Dipertimbangkan

Ketika sedang mencari platform CMS yang SEO-friendly, fokuslah terhadap fitur-fitur yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas dan ranking website teman-teman.

Setiap CMS harus memiliki atau terintegrasi dengan tool (alat) untuk mendukung aktivitas SEO, baik dari aspek on page (di dalam halaman) maupun technical (teknis).

Dari aspek on page SEO, teman-teman bisa fokus terhadap CMS yang memiliki desain responsif, integrasi tool analytics, dan memiliki plugin SEO yang memberikan keleluasan untuk mengoptimasi meta title, meta description, alt image, internal link, hingga heading dan subheading.

Sementara dari aspek technical, Anda bisa mencari CMS yang memiliki fitur atau plugin pendukung untuk membuat dan mengelola file XML Sitemap, robots.txt, canonical tag, hingga structured data (schema markup).

Lalu bagaimana dengan off page SEO?

Teman-teman tidak perlu memusingkan off page SEO, sebab setiap optimasi yang dikerjakan tidak terjadi di dalam website kita.

Referensi CMS yang SEO-Friendly untuk Anda Gunakan

Berikut adalah beberapa platform CMS SEO-friendly yang bisa teman-teman gunakan, baik untuk keperluan pribadi maupun blog perusahaan:

#1 WordPress

Mungkin sudah tidak ada keraguan lagi di antara para webmaster maupun website owner, bahwa WordPress merupakan open-source (sumber terbuka) CMS paling populer.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Cek Trafik Situs Kompetitor dan Apa Manfaatnya?

Hal ini bukan tanpa sebab, karena WordPress menawarkan begitu banyak plugin (termasuk plugin SEO), tema, dan customization (penyesuaian) yang fleksibel dan sangat luas.

Oleh karena itu, penggunaan WordPress memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi SEO website baik secara on page content dan technical.

Mulai dari mengoptimalkan meta tag, pembuatan XML sitemap dan HTML sitemap, penerapan schema-markup, hingga penyesuaian file robots.txt, semuanya terbilang sangat lengkap.

Salah satu plugin SEO populer yang ada di WordPress antara lain:

  • Yoast SEO.
  • All-in-One SEO Pack.
  • Rank Math.

Belum lagi dukungan dari komunitas WordPress sangat banyak, tentunya akan memudahkan teman-teman apabila di kemudian hari mengalami kendala terkait website WordPress Anda.

#2 Drupal

Drupal merupakan CMS yang menawarkan fitur SEO yang terbilang sangat baik. Salah satu fitur penting yang Drupal hadirkan adalah dukungan untuk membuat semantic markup (markup semantik)

Semantic markup ini berperan dalam membantu search engine (misalnya Google) untuk menemukan dan memahami konten dan konteks website dengan lebih baik.

Selain itu, Drupal memungkinkan hal teknis lainnya seperti pembuatan XML sitemap dengan mudah, memastikan search engine dapat crawling (merayapi) dan mengindeks website Anda dengan efisien untuk meningkatkan visibilitas di SERP (Search Engine Results Page).

#3 Joomla

CMS SEO friendly yang selanjutnya adalah Joomla.

Joomla sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai jenis website, mulai dari blog pribadi hingga website perusahaan yang kompleks.

Tidak seperti WordPress yang dapat dengan mudah mengatur SEO dengan plugin-pluginnya.

Di CMS Joomla ini, Anda perlu melakukan konfigurasi manual untuk meningkatkan performa SEO pada website teman-teman.

Itu artinya, penggunaan Joomla terbilang lebih sulit dan kurang cocok bagi para pemula.

SEO dasar yang mudah untuk disesuaikan pada CMS Joomla adalah SEO-friendly URL dan URL rewriting (penulisan ulang URL).

Tidak ketinggalan, Joomla juga memiliki sekitar 8 ribu-an extension untuk teman-teman gunakan.

Baca Juga:   Panduan Dasar Google Featured Snippet: Cara Kerja & Tipe-tipenya

#4 Squarespace

Squarespace memiliki banyak template yang keren dan bagus, dan sudah terintegrasi dengan tool SEO.

Dengan Squarespace, teman-teman bisa membuat website hanya dengan drag-and-drop saja tanpa perlu pengetahuan coding, dan inilah salah satu keunggulan dari Squarespace.

Squarespace juga menyediakan plugin SEO bernama SEOSpace yang sengaja dibuat khusus untuk para penggunanya, sampai-sampai ada yang menyebutnya sebagai Yoast-nya Squarespace.

#5 Wix

Wix adalah CMS yang juga easy to use (mudah digunakan), ditambah lagi dengan tool SEO bawaan yang berguna untuk membantu Anda dalam meningkatkan visibilitas website.

Dengan Wix, Anda dapat mengoptimalkan URL website untuk memastikan URL tersebut search engine friendly (ramah mesin pencari).

Lebih dari itu, Wix juga menawarkan manajemen metadata, mulai dari meta title, meta description, hingga alt image.

Wix ini mirip dengan Squarespace, yaitu menggunakan fitur drag-and-drop dalam pembuatan web page (halaman web) dan website secara keseluruhan.

Namun dari pengalaman penulis, Wix ini terbilang cukup berat untuk dioperasikan, entah karena memang dashboard-nya terlalu banyak “fitur” atau karena laptop penulis yang kurang mumpuni.

Catatan: Laptop yang penulis gunakan adalah Lenovo Thinkpad X240 dan pengelolaan website berbasis Wix ini dilakukan di tahun 2022.

#6 Adobe Commerce (Sebelumnya Magento)

Pernah mendengar atau tahu tentang Magento? Jika ya, di tahun 2018 ia telah diakuisisi oleh Adobe dan bertransformasi menjadi Adobe Commerce.

Adobe Commerce bisa teman-teman gunakan untuk membuat dan mengelola website toko online yang kompleks.

Keunggulan Adobe Commerce adalah dengan memberikan kustomisasi yang luas, fleksibel, dan mendukung sistem pembayaran yang aman (ini sangat penting untuk website toko online).

Adobe Commerce juga menyediakan tool SEO bawaan yang canggih dan memiliki ekstensi tambahan yang bisa teman-teman install seperti URL rewrite tool.

#7 Shopify

Alternatif lainnya jika teman-teman ingin membuat dan mengelola website toko online selain Adobe Commerce adalah Shopify.

Baca Juga:   Review 4 Plugin SEO WordPress Gratis yang Pernah Saya Coba: RankMath, Yoast, All in One, Slim SEO

Shopify merupakan CMS yang canggih yang dirancang khusus untuk website E-Niaga dan menawarkan fitur SEO dasar hingga tingkat lanjut.

Ingin membuat halaman produk yang SEO friendly dengan interface (antarmuka) yang user friendly (ramah pengguna)? Shopify adalah jawabannya.

Di Shopify, Anda dapat menyesuaikan URL dengan mudah dan hebatnya lagi menyediakan fitur CDN (Content Delivery Network) bawaan untuk memastikan website dapat diakses dengan cepat.

Desainnya pun responsif, saat diakses dari perangkat desktop maupun seluler, tampilannya tetap bagus dan fungsional.

Hal-hal tersebutlah yang tentunya akan membantu Anda untuk mendapatkan performa SEO yang optimal.

Shopify adalah pilihan tepat bagi bisnis yang ingin mengintegrasikan online ritel sekaligus mengoptimalkan penjualan produknya melalui strategi SEO.

#8 Webflow

CMS yang SEO friendly terakhir di dalam daftar ini adalah Webflow.

Webflow merupakan platform intuitif yang memungkinkan teman-teman untuk membuat website tanpa perlu melakukan coding.

CMS satu ini mengambil pendekatan secara visual yang memadukan design freedom (kebebasan mendesain) dengan dukungan teknis yang canggih.

Webflow juga menjadi salah satu website “tanpa perlu meng-install plugin”.

Sayangnya dari sisi SEO, Webflow hanya menawarkan fitur SEO bawaan yang cukup terbatas, seperti kolom untuk menambahkan meta tag title dan tag description saja.

Demikianlah artikel mengenai daftar CMS yang SEO Friendly ini, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment