Pernah kah teman-teman menemukan bahwa halaman web teman-teman tiba-tiba hilang dari SERP untuk beberapa kata kunci? Hal ini tentu bisa cukup merugikan karena artinya teman-teman juga bisa kehilangan traffic dari pencarian beberapa kata kunci tersebut.

Pada sesi Google SEO Office Hours bulan April, Gary Illyes yang merupakan Analyst Google menjawab pertanyaan dari salah satu website owner yang mengalami hal serupa, yaitu halaman webnya yang sebelumnya menempati ranking 1 hilang tiba-tiba dari SERP, meski masih berada dalam index.

Menurut Illyes, kasus seperti ini sebetulnya sangat jarang ia temui. Biasanya skenario yang paling sering terjadi adalah posisi ranking teman-teman untuk salah satu kata kunci di SERP mengalami penurunan karena digantikan oleh kompetitor lain.

Namun jika teman-teman menemukan kasus seperti ini, berikut beberapa tips dari Illyes yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab dan cara memperbaikinya.

Menginvestigasi Hilangnya Halaman Web dari SERP

Hal pertama yang disarankan oleh Illyes dalam menginvestigasi masalah ini adalah memeriksa apakah hilangnya halaman web teman-teman di SERP berlaku secara global—di lokasi lain dan pada user lain—atau tidak.

Mintalah bantuan teman yang berada di lokasi lain untuk melakukan pencarian di Google menggunakan kata kunci yang bermasalah, dan lihat apakah halaman web teman-teman muncul pada hasil pencarian tersebut.

Cara lain yang bisa juga teman-teman gunakan adalah dengan menggunakan VPN untuk mengganti lokasi pencarian teman-teman di Google.

Tahap investigasi ini penting dilakukan karena hasil pencarian mungkin saja dipengaruhi oleh lokasi dan riwayat pencarian pengguna.

Jika halaman web teman-teman muncul pada pencarian di lokasi lain, maka kemungkinan besar hilangnya halaman web hanya disebabkan oleh faktor personalisasi pencarian dari Google.

Baca Juga:   Jangan Pakai Target Keyword Sebagai Nama Domain Bisnis Anda: Google

Namun jika teman-teman menemukan hal sebaliknya, maka teman-teman butuh melakukan investigasi lanjutan.

Untuk melakukan hal ini, Illyes menyarankan untuk:

Cek kembali beberapa perubahan yang dilakukan sebelumnya untuk melihat apakah ada hal mungkin menyebabkan masalh ini terjadi.

Apakah saya merubah struktur internal link , page layout, mendapatkan link baru, menggunakan disavow tool, atau hal lain yang mungkin memengaruhi ranking pencarian. Jadi, memeriksa kembali beberapa hal tersebut mungkin akan membantu.

Gary Illyes, Google Search Central

Sebagai tambahan, teman-teman juga bisa memeriksa apakah halaman web teman-teman yang hilang mengalami isu teknis khususnya permasalahan seputar crawling dan indexing. Cobalah lihat kembali apakah didapati masalah pada beberapa elemen teknis seperti robots.txt, sitemap, broken link, atau waktu load halaman web teman-teman.

Jika teman-teman ingin menemukan jawaban lengkap dari Gary Illyes terkait isu ini atau isu SEO lainnya, teman-teman bisa menonton episode Google SEO Office Hour from April 2023 di channel Youtube Google Search Central.

__________

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk ikut series webinar selanjutnya di sini ya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment