Mungkin, teman-teman sering membaca studi kasus SEO yang sukses. Lalu, bagaimana dengan studi kasus SEO yang gagal?
Jason Kilgore, Performance Manager di Findlaw menceritakan pengalaman buruknya 14 tahun lalu (perkiraan tahun 2010) melalui postingan LinkedIn.
Apa saja yang bisa kita pelajari dari pengalamannya?
Daftar Isi
Apa yang Dilakukan oleh Jason Kilgore
Melalui post LinkedIn-nya, Jason Kilgore menyatakan bahwa sebelumnya ia “bermain” PBN (private blog network) dengan autoblog.
Lebih lanjut, Jason menjelaskan bahwa ia menjalankan 2000 situs dengan WordPress sebagai content management system-nya dan cara monetisasinya adalah dengan Google Adsense.
Algoritma Google Panda Menjadi Horor bagi Jason
Google merilis algoritma Google Panda. Algoritma tersebut menjadi malapetaka bagi website yang dijalankan oleh dirinya. Ia menceritakan bahwa setelah adanya update algoritma tersebut, balance pada Adsense-nya hanya ⅕ dari penghasilan biasanya.
Ketika Jason Kilgore mengecek keyword yang biasanya ranking bagus di SERP, semuanya hilang. Bahkan operator site: tidak menghasilkan apa pun. Semua situsnya hilang dari Google SERP.
Pelajaran dari Studi Kasus Jason Kilgore
Jason Kilgore menegaskan bahwa pengalaman tersebut memberikan pelajaran bahwa jika tujuan teman-teman hanya untuk mengakali mesin pencari tanpa helpful kepada user, Google tidak membutuhkan Anda. Anda harus berpikir bahwa teman-teman adalah bagian dari value chain-nya Google daripada Google sebagai bagian dari diri Anda.
Setelah kejadian yang mengerikan tersebut, Jason Kilgore memutuskan untuk belajar dan sekarang menjadi spesialis dan punya sense pada strategi SEO dan bisnis.
Nasihat dari Jason Kilgore kepada Manajemen
Jason Kilgore memberikan nasihat kepada manajemen. Keahlian di satu bidang seperti bisnis tidak otomatis relevan pada bidang lain seperti SEO.
Jika search adalah kunci value chain bisnis Anda, pahamilah bahwa orang-orang yang paham rantai nilai ini harus mendapat posisi strategis.
Mereka bukan sekedar eksekutor, tetapi partner bisnis Anda. Terakhir, jadikan search sebagai investasi untuk kesuksesan dalam keberlanjutan bisnis di era digital.
Jangan Mencoba untuk Mengakali Mesin Pencari
Dari pengalaman Jason Kilgore, jelas bahwa kita sebagai praktisi SEO tidak sebaiknya mengakali mesin pencari karena hasilnya akan sangat buruk, cepat atau lambat.
Buatlah situs yang helpful untuk user agar investasi dan optimasi SEO bisa berhasil. Bagaimana caranya? Mulai dari buat konten yang helpful serta membuat desain website yang rapi supaya user dapat mengeksplornya dengan mudah.
Jika masih ada yang ingin ditanyakan perihal studi kasus di atas, Anda bisa langsung bergabung ke grup Telegram DailySEO ID. Ada banyak praktisi SEO yang siap diajak diskusi mengenai dunia SEO.
Tidak hanya itu, teman-teman yang masih awam dengan SEO juga bisa belajar SEO dari nol lewat SEO Fundamental Course batch 8 dari DailySEO ID.
Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di sini!
References: