Pernahkah teman-teman berpikir dan membayangkan jika tampilan hasil pencarian di Google akan sama seperti tampilan media sosial layaknya Instagram, Twitter, ataupun TikTok?

Nah, baru-baru ini, Google baru saja mengumumkan update-an terbarunya, tetapi bukan update mengenai algoritma, melainkan update mengenai tampilan search engine.

Melalui pengumuman tersebut, Google berencana untuk memberikan “warna” pada tampilan search engine dengan menampilkan tombol “follow” supaya user dapat menikmati konten yang sesuai dengan minatnya.

Google meng-klaim bahwa update kali ini akan memberikan pengalaman yang lebih personal bagi user .

Melalui Search Engine Journal, Vice President Search di Google, Cathy Edwards mengatakan bahwa update Google ini akan membantu user dalam menemukan informasi yang paling berguna bagi mereka, tidak peduli seberapa spesifik pertanyaan mereka.

Lantas, seperti apa detail pembaruan ini? Apakah hal ini akan memengaruhi kinerja SEO? Mari simak sampai selesai!

Fitur Personalisasi di Search Ranking Google

Google mengumumkan akan melakukan perubahan pada search ranking dengan menampilkan konten-konten yang bersifat personalisasi bagi para user.

Perubahan ini dibuat oleh Google dengan tujuan untuk memudahkan user dalam menemukan informasi yang bersifat individu atau personal.

Dengan perubahan seperti ini, maka besar kemungkinan search engine akan menampilkan lebih sedikit sumber informasi yang berulang. 

Pasalnya, fitur personalisasi akan menampilkan informasi dari perspektif individu yang bersifat unik serta lebih relevan dengan user.

Follow Topik di Google yang Sudah Dikurasi Lebih Personal

Melalui pengumuman ini, Google juga menambahkan upayanya untuk menyesuaikan hasil pencarian di search engine berdasarkan riwayat pencarian dan minat dari user.

Salah satu upayanya yaitu mengaktifkan fitur “Follow” bagi user yang bisa teman-teman lihat di search engine.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, fitur ini tentunya akan membuat tampilan search engine hampir mirip dengan media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, dll.

Baca Juga:   Google Core Update Desember 2024 Telah Selesai, Apa yang Baru?

Melalui fitur ini, teman-teman dapat mengikuti topik yang Anda sukai seperti olahraga, TV, film, dll. 

Nantinya, Google akan menampilkan artikel, video, dan notifikasi yang sesuai dengan topik yang Anda follow secara real-time.

Sebagai contoh, Anda menyukai konten-konten yang berkaitan dengan fashion. Maka, teman-teman dapat menekan tombol “follow” untuk konten fashion

Untuk gambaran tampilan search engine, Anda bisa melihatnya di bawah ini:

Sumber: Search Engine Journal
google update
Sumber: Search Engine Journal

Fitur personalisasi ini akan diluncurkan oleh Google dalam beberapa minggu ke depan, namun belum dirilis secara global.

Melainkan baru direncanakan akan diluncurkan pada browser dan aplikasi di Amerika Serikat dalam bahasa Inggris.

Jadi, untuk Indonesia sendiri belum ada kabar lebih lanjut dari Google.

Bagaimana Dampaknya ke SEO?

Adanya perubahan ini tentu menimbulkan pertanyaan besar bagi para praktisi SEO. Kira-kira, apakah mempunyai dampak yang besar terhadap strategi optimasi SEO?

Secara garis besar, fitur ini memang ditujukan untuk menampilkan konten yang bersifat personalisasi kepada user.

Dengan demikian, besar kemungkinan situs website yang menampilkan konten berkualitas dan membahas seputar topik populer akan mendapatkan peningkatan traffic.

Pasalnya, ada kemungkinan Google akan menampilkan halaman tersebut kepada user sesuai minatnya.

Di sisi lain, fitur personalisasi ini tentu akan berdampak untuk user yang login saat menelusuri Google. Namun, tidak menutup kemungkinan user yang tidak login juga akan mendapatkan fitur personalisasi. 

Jadi, secara garis besar hal ini akan memengaruhi search engine secara umum.

Menanggapi pembaruan ini, praktisi SEO tetap dihimbau untuk terus memberikan konten yang bermanfaat bagi user

Akan tetapi, praktisi SEO juga perlu membuat konten bermanfaat yang mampu menjangkau user yang tertarik pada topik tertentu sehingga dapat relevan dengan adanya pembaruan ini.

Baca Juga:   Google Core Update November 2024 Telah Selesai! Apa Hal yang Baru?

Sebagai contoh, Anda bergerak pada industri fashion. Maka, sebaiknya terus produksi konten tentang fashion secara detail dan bermanfaat supaya bisa mendapatkan peringkat terbaik dengan adanya fitur personalisasi ini.

Demikian penjelasan singkat mengenai pembaruan dari Google tentang fitur personalisasi. Meski wacananya hanya diluncurkan di Amerika Serikat, teman-teman juga perlu mempelajari pembaruan ini sebagai wawasan SEO ke depannya.

Apabila Anda tertarik melakukan diskusi perihal pembaruan ini, teman-teman bisa langsung bergabung ke grup Telegram DailySEO.

Di sana, ada praktisi SEO dengan berbagai macam background yang siap diajak diskusi perihal update dan permasalahan SEO.

Bagi teman-teman yang mau belajar SEO, kini DailySEO juga mengadakan course SEO dari fundamental hingga advance.

Anda dapat mengikuti course SEO DailySEO dan diajarkan langsung oleh ahlinya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment