Pada tanggal 24 Agustus lalu, Google mengumumkan akan menghilangkan fitur report International Targeting pada Google Search Console. Lantas adakah dampak terhadap upaya SEO internasional kedepannya? Simak pembahasannya di bawah!

Pengumuman Penghentian International Targeting Report

Lewat akun Twitter resminya, @googlesearchc, Google mengumumkan akan menghentikan penggunaan fitur International Targeting Report pada Google Search Console.

Rencananya, penggunaan fitur ini akan berakhir satu bulan lagi, atau tepatnya pada 22 September, 2022.

Apa itu Google International Targeting Report?

Bagi Anda yang telah berpengalaman menjalankan upaya SEO untuk website multi-bahasa atau multi-regional, tentunya sudah tidak asing lagi dengan fitur dashboard International Targeting Report yang ada pada Google Search Console.

international targeting report Google Search Console

International Targeting Report adalah sebuah fitur yang sudah tersedia pada Google Search sejak tahun 2014. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengelola website multi-bahasa atau multi-regional, yang memiliki konten dengan berbagai bahasa di dalamnya.

Lewat dashboard pada International Targeting Report, Anda dapat mendeteksi kemunculan error pada tag hreflang, dan menentukan target prioritas negara dari website Anda di Google.

Apa Dampaknya untuk Upaya SEO Internasional?

Karena hanya merupakan fitur laporan semata, maka bisa dibilang penghentian penggunaan fitur ini tidak akan berdampak apapun pada upaya SEO internasional Anda.

Baca Juga:   Pembaruan Hasil Pencarian: Google Mendukung Struktur Data Untuk Halaman Profil & Forum Online

Lewat pengumuman yang sama Google juga menekankan bahwa mereka akan tetap mempertimbangkan tag hreflang sebagai sinyal atas bahasa yang digunakan dalam web page tertentu. Selain itu, panduan rekomendasi pengelolaan website multi-bahasa dan multi-regional Google juga masih berlaku.

Tools Alternatif untuk Memantau Tag Hreflang

Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan laporan ini untuk memantau tag hreflang pada website, tentunya Anda perlu mencari tool penganti atau teknik lainnya.

Cara paling sederhana yang bisa Anda gunakan untuk memastikan tag hreflang Anda berjalan dengan baik adalah dengan memeriksanya secara manual lewat Google. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  1. Buka versi Google untuk negara yang ingin Anda periksa (contoh. google.co.id untuk Indonesia).
  2. Masukkan kata kunci website Anda pada search box.
  3. Pada URL hasil penelusuran, tambahkan &hl=lc&gl=cc di bagian akhir.
    • Ubah ‘lc’ ke kode bahasa yang Anda inginkan (contoh. id)
    • Ubah ‘cc’ ke kode negara yang Anda inginkan (contoh. id)

Cara lain yang lebih praktis adalah menggunakan tools thirdparty khusus untuk memeriksa tag hreflang seperti Weglot dan Cmlabs.

_______

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, Anda bisa bergambung di grup Telegram DailySEO ID! Lewat grup ini Anda bisa mendiskukan berbagai topik seputar SEO dengan para praktisi SEO lainnya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment