Penerapan optimasi search engine tidak hanya menyasar segmentasi dari suatu wilayah tertentu.

Search engine optimization (SEO) juga bisa digunakan untuk mengundang traffic secara global. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan strategi SEO internasional. 

Strategi ini umumnya digunakan oleh perusahaan multinasional supaya SEO campaign yang mereka jalankan bisa sesuai target market untuk luar negeri.

Jika hanya mengandalkan SEO biasa tanpa adanya internasional, besar kemungkinan market-nya hanya menyasar pada daerah lokal saja.

Lalu, seperti apa SEO internasional? Bagaimana cara penerapannya?

Apa Itu SEO Internasional?

SEO internasional adalah serangkaian strategi pengoptimalan untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di search engine result page (SERP) dalam berbagai negara atau bahasa. Tujuan utamanya untuk mengundang traffic dari audiens internasional.

Dari sudut pandang pembuatan konten SEO-friendly, seluruh konten butuh penyesuaian agar selaras dengan bahasa, budaya, dan ekspektasi audiens di setiap negara yang teman-teman targetkan.

Sedangkan dari segi teknis, Anda pun memerlukan beberapa konfigurasi di sisi website

Manfaat SEO Internasional

Keuntungan yang teman-teman dapatkan ketika menggunakan SEO internasional bukan cuma soal traffic saja. Ada manfaat lain yang dapat Anda rasakan jika menggunakan strategi ini: 

1. Menyiasati masalah duplikasi konten

Ketika Anda memiliki konten yang sama dalam beberapa versi bahasa atau untuk berbagai negara, masalah duplikasi konten sering kali terjadi.

Sebab, algoritma search engine akan menganggap konten tersebut sebagai duplikasi dan dapat menurunkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian. 

Secara tidak langsung SEO internasional membantu menyiasati masalah ini dengan menerapkan teknik khusus, yaitu hreflang.

2. Meningkatkan visibilitas website pada skala global

Dengan menerapkan SEO internasional, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna di berbagai negara, sehingga meningkatkan visibilitas global. 

Artinya, situs website dapat muncul di hasil pencarian di berbagai search engine dengan berbagai kata kunci yang relevan di pasar internasional.

Baca Juga:   Google Bakal Deindex Website yang Terlalu Downtime!

3. Menjangkau audiens luar negeri

Lewat optimalisasi situs web untuk bahasa di negara yang berbeda, Anda dapat menarik pengunjung dari berbagai negara yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan.

Dengan begitu, maka dapat meningkatkan peluang untuk membangun basis pelanggan global. Keuntungan ini juga memungkinkan teman-teman untuk lebih kompetitif di pasar global terlepas dari batasan geografis yang ada. 

4. Berpotensi meningkatkan transaksi

Manfaat SEO internasional berikutnya adalah potensi signifikan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dikarenakan meningkatnya visibilitas dan jangkauan internasional. 

Saat lebih banyak orang di berbagai negara menemukan dan mengunjungi website, peluang untuk konversi juga meningkat.

Kapan Anda Butuh SEO Internasional?

Sebelum penjelasan lebih lanjut, Anda perlu tahu kapan butuh implementasi SEO internasional atau tidak.

Memang, strategi ini sangat menguntungkan, khususnya jika teman-teman memiliki bisnis yang sedang atau akan proses ekspansi ke luar negeri. 

Selanjutnnya, jika target audiens Anda merupakan audiens yang menggunakan multi bahasa, sebaiknya gunakanlah SEO internasional. 

Namun, apabila target audiens Anda mencakup satu wilayah tertentu saja, maka lebih baik teman-teman menggunakan local SEO guna menyasar segmen audiens yang lebih spesifik. 

Perbedaan SEO Internasional dan Lokal

Membicarakan SEO internasional tidak akan lepas dari SEO lokal. Kedua aspek ini dari namanya saja tentu sangat berbeda jika dilihat dari namanya.

Ada perbedaan lainnya dari SEO internasional dan lokal yang sebaiknya teman-teman perlu pahami: 

1. Skala geografis

Perbedaan paling mendasar antara SEO lokal dan internasional terletak pada skala geografis. 

SEO lokal berfokus pada area geografis yang spesifik dan terbatas, seperti kota atau wilayah tertentu.

Misalnya, sebuah restoran di Jakarta akan menggunakan SEO lokal untuk menarik pelanggan di area Jakarta.

Sebaliknya, SEO internasional menargetkan audiens di berbagai negara dan wilayah secara global, seperti restoran terbaik di Italia ataupun tempat wisata terbaik di Yunani.

2. Konten dan bahasa

SEO lokal biasanya menggunakan satu bahasa utama yang digunakan di area target. Konten dapat disesuaikan dengan dialek atau istilah lokal untuk meningkatkan relevansi.

Misalnya, menggunakan bahasa Indonesia dengan istilah-istilah yang umum digunakan di daerah tertentu.

Di sisi lain, SEO internasional memerlukan lokalisasi konten ke dalam berbagai bahasa sesuai dengan negara target teman-teman serta penyesuaian agar sesuai dengan budaya di setiap negara. 

Baca Juga:   Apa itu CDN? Kenali Manfaat dan Cara Kerjanya Untuk SEO

3. Strategi kata kunci

Dalam strategi SEO lokal, kata kunci yang digunakan biasanya mencakup istilah produk atau layanan yang dikombinasikan dengan lokasi geografis. 

Contohnya, “toko bunga di Bandung” atau “jasa perbaikan AC Surabaya”. Keyword ini membantu mesin pencari menampilkan bisnis Anda kepada orang-orang yang mencari layanan tersebut di area tertentu.

Sedangkan keyword yang digunakan untuk SEO internasional harus diteliti dalam setiap setiap bahasa dan negara. 

Oleh karena itu, ketika melakukan keyword research, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana budaya negara yang akan ditargetkan untuk menyesuaikan dengan selera user.

4. Optimasi technical

Dari segi teknis pun baik lokal dan internasional jauh berbeda. SEO internasional memerlukan implementasi hreflang untuk mengindikasikan bahasa dan target geografis halaman kepada sistem algoritma search engine

Berbeda dengan local SEO yang condong menggunakan optimasi profil bisnis di platform seperti Google Business Profile.

Tips Membuat Strategi SEO Internasional

1. Lakukan riset market untuk wilayah yang berbeda

Sebelum memulai ekspansi internasional, penting untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh untuk setiap wilayah yang ingin Anda targetkan. 

Proses ini melibatkan pemahaman tentang perilaku konsumen, preferensi budaya, tren pasar, dan kompetitor lokal di masing-masing negara.

Dengan melakukan riset ini, teman-teman dapat menyesuaikan strategi pemasaran dan SEO Anda agar lebih relevan dan efektif.

Riset pasar juga mencakup analisis kata kunci di setiap negara. Kata kunci yang populer di satu negara mungkin tidak relevan di negara lain, bahkan jika bahasanya sama. Contohnya saja antara Amerika Serikat dan Inggris. 

Gunakan alat penelitian kata kunci seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan memiliki volume pencarian tinggi di pasar target Anda. 

Memahami bahasa dan slang yang digunakan oleh audiens lokal akan membantu Anda membuat konten yang lebih engaging.

2. Gunakan URL structure untuk internasional

Struktur URL yang tepat sangat penting dalam SEO internasional karena membantu mesin pencari dan pengguna memahami target geografis dan linguistik dari website. Ada beberapa opsi untuk struktur URL internasional:

  • Subdomain: Menggunakan subdomain untuk setiap negara atau bahasa (contoh: id.contoh.com)
  • Subdirectory: Menggunakan subfolder dalam domain utama (contoh: www.contoh.com/id/)
  • gTLD dengan Parameter URL: Menggunakan parameter URL untuk menentukan bahasa atau negara (tidak direkomendasikan untuk SEO)
Baca Juga:   Apakah Membuat Konten dengan AI Bisa Terkena Plagiarisme?

3. Implementasi hreflang

implementasi hreflang sangat penting dalam SEO internasional. Tag hreflang memberi tahu mesin pencari tentang bahasa dan target geografis dari halaman tertentu, membantu mengarahkan pengguna ke versi situs yang paling sesuai dengan preferensi.

4. Buat konten dengan preferensi wilayah yang ditargetkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten adalah elemen kunci dalam SEO internasional. Konten yang dibuat bukan hanya sekadar translasi, tetapi dalam bentuk localization sesuai dengan preferensi dan budaya target wilayah. 

5. Bangun internal dan eksternal link yang berkualitas

Dalam startegi SEO apapun, link building tetap menjadi faktor penting. Bangunlah backlink berkualitas dari situs web lokal yang memiliki otoritas tinggi dapat meningkatkan kredibilitas dan peringkat website. 

Anda dapat mencari kesempatan untuk berkolaborasi dengan media lokal, blogger, atau situs industri yang relevan untuk mendapatkan backlink.

Selain itu, struktur internal link yang baik membantu pengguna dan mesin pencari menavigasi situs Anda dengan lebih mudah. Pastikan bahwa tautan internal konsisten dan mengarah ke versi bahasa atau negara yang tepat. 

Internal linking yang efektif dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu distribusi otoritas halaman di seluruh situs teman-teman.

Demikian ulasan singkat tentang SEO internasional dan penerapannya. Jangan ragu untuk berkomentar di kolom komentar apabila ada yang ingin Anda tambahkan atau diskusikan, ya!

Tak lupa, Anda dapat bergabung dengan grup Telegram DailySEO. Di grup ini ada berbagai praktisi SEO andal yang dapat Anda ajak bertukar pikiran dan diskusi soal  strategi serta berita SEO paling up-to-date

Teruntuk Anda yang baru saja ingin mendalami SEO, maka Anda bisa mencoba kelas SEO Fundamental Course DailySEO Batch 7. Kelas ini cocok untuk pemula karena menyediakan materi yang komprehensif mulai dari awal penerapan SEO. 

Ada pula kelas 3-Day Intermediate SEO Masterclass yang secara intensif akan membahas pembekalan lebih dalam seputar SEO. Kelas ini dikhususkan bagi orang yang telah memiliki pemahaman dasar soal SEO, contohnya Junior SEO Specialist dan SEO Content Writer. 

References:

International SEO: Best Practices for Global Online Success

What Is Internasional SEO?

10 International SEO Best Practices + Checklist

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment