Google kembali meluncurkan spam update pada bulan Juni 2024, yang merupakan kelanjutan dari pembaruan terakhir pada 5 Maret 2024.

Dijadwalkan berlangsung selama seminggu, ini hanyalah pembaruan spam biasa dan Google tidak memberikan keterangan lebih lanjut tentang pembaruan tersebut.

Sebagai praktisi SEO, penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami dari pembaruan ini.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Simak artikel ini hingga selesai.

Tentang Spam Update dari Google

Spam update merupakan pembaruan pada sistem otomasi Google yang dirancang untuk “memerangi” praktek spam dalam Hasil Pencarian Google (SERP).

Teknologi yang digunakan Google dalam proses ini adalah SpamBrain, sebuah kecerdasan buatan (AI) ciptaan Google.

SpamBrain berfungsi untuk mengidentifikasi dan mencegah konten spam, dan secara berkala menerima pembaruan untuk meningkatkan efektivitasnya dalam memerangi praktik spam yang terus berkembang.

Pembaruan ini membantu memastikan bahwa pengguna mendapatkan hasil pencarian yang berkualitas dan relevan, serta menjaga kualitas hasil pencarian.

Apa yang harus Kita Lakukan dalam Merespon Spam Update Ini?

#1 Jika Terdampak Negatif

Jika situs Anda mengalami dampak negatif akibat spam update, langkah pertama yang harus dilakukan adalah kembali memeriksa kebijakan spam dari Google.

Teman-teman perlu memastikan bahwa semua konten dan strategi SEO Anda sesuai dengan kebijakan tersebut adalah kunci untuk pemulihan.

Lebih lengkapnya, Google menyediakan pedoman spam yang dapat diakses melalui tautan ini.

Jika trafik situs Anda anjlok, tips dan strategi untuk bangkit kembali dapat ditemukan di tautan berikut.

Baca Juga:   Update Google Gemini, Integrasinya ke Google Search, dan Search Generative Experience (SGE)

#2 Jika Tidak Terdampak/Terdampak Positif

Bagi situs yang tidak terdampak negatif atau bahkan mengalami peningkatan performa setelah spam update, ini menunjukkan bahwa praktik optimasi yang Anda terapkan telah sesuai dan tidak dianggap sebagai spam oleh Google.

Dalam hal ini, strategi terbaik adalah mempertahankan strategi optimasi yang telah terbukti efektif tersebut.

Pertimbangkan untuk terus memperbarui dan menyempurnakan strategi tersebut sesuai dengan perkembangan algoritma dan kebijakan baru dari Google untuk memastikan keberlanjutan performa yang positif.

Ayo Praktekkan Strategi SEO yang Awet!

Jika Anda mempraktekkan strategi SEO yang awet, sebenarnya spam update Juni 2024 ini tidak perlu Anda khawatirkan.

Justru, para praktisi yang sering menggunakan metode yang melanggar pedoman Google atau yang berorientasi pada spam adalah yang paling rentan terhadap efek negatif dari pembaruan semacam ini.

Untuk menghindari kecemasan setiap kali Google mengumumkan perubahan atau pembaruan algoritma, alihkan fokus Anda pada penerapan strategi SEO yang tahan lama.

Ini termasuk pembuatan konten yang berkualitas tinggi, berguna (helpful), dan mendukung user experience yang positif di situs Anda.

Strategi ini tidak hanya meningkatkan ranking Anda secara alami tetapi juga membangun fondasi yang kuat yang tahan terhadap perubahan algoritma di masa depan.

Akhir kata, lakukan monitoring dan evaluasi performa SEO situs kita selama update ini berjalan dan setelah Google menyatakan bahwa spam update Juni 2024 telah selesai.


Apabila teman-teman ingin mendapatkan info terbaru dan ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai update algoritma ini, Anda bisa langsung bergabung ke grup Telegram DailySEO dan tanyakan hal-hal yang membuat Anda penasaran.

Selain itu, jika Anda berniat untuk belajar lagi mengenai SEO atau baru belajar SEO, teman-teman bisa langsung mengikuti course DailySEO! Materi akan dibawakan langsung oleh founder DailySEO, Ilman Akbar.

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

Write A Comment