Google baru saja memperbarui panduan review snippet-nya, sekarang pemberian rating schema markup harus dibarengi dengan komentar dan nama penulisnya.

Dengan adanya pembaruan ini diharapkan review structure data akan menjadi lebih bermanfaat bagi audiens dan tentunya transparan.

Sepertinya sudah ada pihak-pihak yang mencoba mengelabui Google dengan memasukkan structure data yang palsu.

Jadi, Apa yang Baru dari Google Documentation?

Di dokumentasi Google yang baru, kini Google menyarankan setiap website yang menampilkan review (ulasan) dan rating (penilaian) yang biasanya dalam bentuk bintang di SERP (Search Engine Results Page) untuk menyertai ulasan komentar dan nama penulis yang dapat diidentifikasi.

Meskipun hal ini tidak wajib untuk diterapkan pada rich results (hasil kaya), Google mengatakan pendekatan ini akan membantu audiens teman-teman dalam memahami konteks di balik penilaian yang teman-teman dapatkan.

Google menjelaskan:

Kami merekomendasikan pengaturan yang hanya menampilkan rating dan ulasan yang disertai dengan komentar ulasan dan nama penulisnya, karena cara ini dapat membantu pengguna Anda memahami konteks rating yang ada.

Mengapa Hal Ini Penting?

Review snippet (cuplikan ulasan), yang mana merupakan peringkat bintang biasanya disertai kutipan ulasan yang ditampilkan di SERP yang dimaksudkan untuk memberikan informasi sekilas bagi pengguna.

Contoh review snippet:

Dok. Google

Namun, rating tanpa komentar yang tertulis sering kali tidak memiliki konteks, sehingga menghasilkan pengalaman pengguna yang kurang optimal.

Pembaruan ini diharapkan akan meningkatkan kualitas snippet di hasil penelusuran dan mencegah rating yang kurang mendalam serta cenderung spam.

Rekomendasi Google Terkait Pembaruan Ini

Berikut adalah rekomendasi Google untuk teman-teman yang website-nya menampilkan rating schema markup:

  • Ulasan harus ada dan terlihat di dalam website, sehingga audiens Anda bisa dengan menemukannya
  • Perhatikan konteks. Memasukkan komentar dengan rating akan membantu user memahami “alasan” di balik skor yang ada
  • Nama penulis yang valid. Nama pemberi ulasan haruslah asli (bukan sebuah frasa promosi) dan di bawah 100 karakter, pastikan juga bahwa rating didapat dari user secara langsung
Baca Juga:   Update Algoritma "Helpful Content": Konten Harus Bermanfaat Dulu untuk Manusia, Bukan Google

Saran untuk Developer

Tim developer harus melakukan validasi structure data (data terstruktur) menggunakan alat Rich Results Test Google atau Schema Markup Validator dan memantau performanya di Search Console.

Implementasi properti Schema.org seperti Review atau AggregateRating yang tepat sangatlah penting.

Pasalnya, jika ada yang salah, kemungkinan tidak akan ada rich snippet yang tampil di SERP.

Demikianlah artikel mengenai pembaruan dokumentasi Google tentang review snippet ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Reference:

Google Pushes For Ratings With Comments In Review Snippets

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

I began my SEO journey in 2017 and deepened my expertise in 2019. Since then, I’ve managed SEO for Farmaku.com, DokterSehat.com, and Impulse Digital Agency, while also contributing to DailySEO ID. Now, as a full-time freelancer, I focus on helping B2B companies improve their search visibility and achieve their goals.

Write A Comment