Hari Kamis tanggal 17 Maret 2022 kemarin, SEOCon Jakarta 2022 secara resmi memasuki hari keduanya, antusiasme para peserta masih sangat tinggi dan luar biasa.

Hal ini dapat dilihat ketika pada saat live session dimulai tidak kurang dari 400-an peserta hadir untuk menyaksikan para speaker memberikan materi terbaiknya mengenai SEO dan Digital Marketing.

Pada sesi pembuka di sekitar jam 10.00 WIB, SEOCon memulai konferensinya oleh Cyril Bedat dari Botify yang beberapa waktu lalu berkesempatan melakukan sesi wawancara eksklusif dengan DailySEO ID.

Cyril Bedat sendiri membawakan tema berjudul “How to pitch SEO to your Boss”, dan hal tersebut merupakan hal yang penting mengingat banyak praktisi SEO yang masih bingung dan bertanya bagaimana cara menyampaikan ruang lingkup SEO dengan atasannya atau bahkan tim terkait lainnya.

Meskipun menggunakan Bahasa Inggris, namun para peserta tetap aktif memberikan komentar dan pertanyaannya karena SEOCon Jakarta 2022 ini dilengkapi dengan fitur auto transcript. Luar biasa bukan?

Kemudian dilanjutkan oleh Miftahul Khoir dari Klikdokter yang membahas tema E.A.T (Expertise, Authority, Trustworthiness) yang masih sering dipertanyakan apakah memberikan dampak positif ataupun negatif secara langsung terhadap optimasi SEO yang sedang dikerjakan.

Pada sesi keempat secara urut, ada Radius Arianto dari Kalibrr dan Andhika Wijaya Kurniawan dari Idea X Digital yang masing-masing membawakan judul “Increasing SEO Performance” dan “Growth Local Business with Local SEO 2022 Strategy”.

Seperti biasanya, setiap dua speaker melakukan presentasi maka akan dilakukan sesi QnA, supaya para peserta bisa mendapatkan wawasan tambahan dari setiap hal yang mereka tanyakan terkait SEO.

Tidak lupa setelah jam makan siang hadir salah satu praktisi search marketing ternama yaitu Ridho Putradi S’Gara dari Search Agency. Beliau membawakan tema berjudul “Content Optimization for Rapid SEO Growth”.

Baca Juga:   Memperkenalkan DailySEO ID, Blog Khusus SEO dalam Bahasa Indonesia

Ridho menyampaikan bahwa SEO itu bukan hanya sekedar ranking, keyword, dan bahkan hanya sekedar sertifikasi SEO hasil kontes. Beliau menekankan untuk memanusiakan manusia di dalam SEO ini, karena konten yang kita buat bukanlah untuk mesin, melainkan untuk manusia yang butuh informasi yang dapat dicerna dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada intinya yang saya tangkap dari apa yang Ridho Putradi S’Gara sampaikan adalah bagaimana kita memenuhi kebutuhan user, dan inilah yang nantinya akan disebut dengan UX (user experience).

Jadi teman-teman praktisi SEO harus memperhatikan UX ini dengan teliti dan seksama agar berdampak positif terhadap proses SEO yang sedang Anda kerjakan.

Setelah itu secara runut ada Deasy Natalia dari BLU, Viktor Iwan dari Doxa Digital, Reza Putra dari BIM, Nur Anasta (Mbah Anas), dan terakhir ada Adythia Pratama dari Tofreeinstitute.

Event pun diakhiri dengan secara acak para peserta dipertemukan secara daring, hal ini dilakukan untuk menambah teman, relasi, hingga rekanan baik dalam bisnis maupun untuk SEO itu sendiri. Sehingga besar harapan komunitas SEO akan semakin besar dan meningkat setelah event SEOCon Jakarta 2022 ini.

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment