Pada tanggal 5 Agustus 2024, Google Search Console meluncurkan fitur baru yang dinamakan “Rekomendasi.”

Fitur ini dirancang untuk membantu praktisi SEO menemukan peluang dan memberikan saran tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan visibilitas situs web di Google.

Rekomendasi yang diberikan didasarkan pada data dari sistem pencarian Google, termasuk proses crawling, indexing, dan serving. Dengan informasi ini, praktisi SEO dapat membuat “keputusan” yang lebih tepat untuk mengoptimalkan situs mereka.

Perlu diperhatikan bahwa rekomendasi ini akan diperbarui secara rutin dan dapat kadaluarsa seiring berjalannya waktu, sehingga penting bagi pengguna untuk terus memantau dan menindaklanjuti saran yang diberikan.

Apakah Fitur Ini Tersedia untuk Semua Situs?

Dikutip dari Google Search Central, fitur rekomendasi masih bersifat eksperimental ini belum tersedia untuk semua situs.

Mereka akan melakukan update secara perlahan beberapa bulan ke depan hingga semua situs mendapatkan fitur ini.

Rekomendasi akan muncul di halaman overview seperti gambar di bawah ini:

Rekomendasi di Google Search Console

Sumber: website Google

Apakah dengan Fitur Ini, Praktisi SEO Tidak perlu Site Audit?

Menurut hemat kami, meski dengan fitur rekomendasi dari Google Search Console, praktisi SEO tetap harus melakukan site audit secara rutin.

Analoginya, fitur rekomendasi ini adalah tools untuk membantu site audit. Bak alat tes gula darah, tidak akan bisa menggantikan peran dokter spesialis endokrin untuk berkonsultasi/mendiagnosa tentang diabetes. 

Justru, fitur rekomendasi ini akan membantu praktisi SEO dalam site audit serta membuat skala prioritas untuk dikerjakan saat bekerja sama dengan web developer.

Yuk Optimalkan Fitur Rekomendasi Ini!

Praktisi SEO bisa mengoptimalkan fitur ini untuk mengoptimasi situs jika mereka telah mendapatkan fitur ini.

Baca Juga:   Google Core Update Agustus 2024 Resmi Dirilis: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Akhir kata, pakailah fitur ini dengan baik dan jadi prioritas karena Google Search Console adalah 1st party tools atau tools yang jadi rujukan utama dan tentunya lebih akurat daripada 3rd party tools (Ahrefs, Ubersuggest, Semrush, dll.).

Jika Anda ingin terus mendapatkan insight dan berbagi pengalaman seputar SEO, bergabunglah dengan Komunitas Telegram DailySEO ID.

Di sana, Anda dapat berdiskusi dengan praktisi SEO lainnya, mendapatkan kabarterbaru, serta memperluas networking Anda.

Referensi:

https://developers.google.com/search/blog/2024/08/search-console-recommendations

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

Write A Comment