Google mengumumkan Core Algorithm Update (pembaruan algoritma inti) pada 12 September 2022 kemarin.

Update resmi yang diumumkan Google menyatakan bahwa update ini akan memakan waktu hingga dua pekan.

(Google) Merilis core update September 2022. Update akan memakan waktu 2 pekan untuk selesai.

Para SEO profesional menanggapi hal ini secara positif walaupun beberapa orang ada yang diam saja dan ada yang merasa kaget maupun kesal.

Apa saja yang baru, berubah dan terdampak dari core update kali ini? Mari kita baca informasi selengkapnya.

Core Algorithm Update

Bagi teman-teman yang belum tahu atau baru menekuni SEO, core algorithm update adalah sebuah pembaruan yang Google lakukan ketika ada perubahan cukup besar terkait Search Engine Results Page (SERP).

Google mengumumkan September 2022 core update ini melalui akun Twitter Google Search Central.

Apa saja yang berubah?

Core update mengubah berbagai macam bagian dari algoritma Google dan bukan hanya satu saja.

Hasil update algoritma akan terlihat dalam beberapa hari kedepan ketika perubahan tersebut masuk ke data center.

Saat ini belum ada konfirmasi terkait apa saja yang akan berubah dan terdampak di SERP secara global maupun bahasa.

Tapi karena jenis update-nya umum, tampaknya update kali ini akan memengaruhi search result di sebagian besar bahasa.

Akankah Core Update Memengaruhi Helpful Content?

Baru-baru ini Danny Sullivan men-tweet sebuah jawaban untuk pertanyaan mengenai efek dari helpful content update selama September 2022 core update ini.

Baca Juga:   Update Algoritma "Helpful Content": Konten Harus Bermanfaat Dulu untuk Manusia, Bukan Google

Berikut tweet dari Danny:

Mungkin sinyal helpful content sendiri saja tidak cukup untuk memberikan pengaruh dan perubahan dalam situasi tertentu seseorang, tapi ketika kami melakukan update lainnya (core, product review), mungkin akan ada pengaruh tambahan dan lebih signifikan.

Pernyataan di atas tampaknya umum dan bagaimanapun juga kita tidak boleh menganggap sebuah update akan lebih terasa jika dibarengi dengan core update.

Teman-teman harus ingat kata “mungkin” yang Danny Sullivan tuliskan di tweet-nya.

Konon, helpful content merupakan bagian inti dari core algorithm update dan terus berjalan hingga ada website baru yang terdampak oleh komponen algoritma yang dikenal dengan sebutan Helpful Content Update (HCU).

Namun, anggapan helpful content adalah bagian dari September 2022 core update ini hanyalah asumsi sampai Google mengeluarkan pernyataan resminya.

Terlepas dari sejumlah prediksi mengenai HCU akan mengubah industri SEO, kini search community (komunitas pencari) menanggapinya dengan rasa ragu.

Beberapa orang berpendapat bahwa mereka ingin agar HCU bisa lebih berpengaruh dengan adanya core update, akan tetapi Roger Montti tidak setuju.

Mengapa Roger Montti tidak setuju? Itu karena Roger pernah menyatakan pendapat tentang HCU di akun Facebook-nya berdasarkan performa update sebelumnya.

Rangkaian Review Update Google sebelumnya tampak hanya memengaruhi halaman yang sangat jelas (pelanggarannya). Jadi, berdasarkan performa update tersebut, saya pesimis dengan pengaruh Helpful Content Update.

Jadi saya berpikir update ini hanya akan seperti film jadul-nya Humphrey Bogart, Casablanca, ketika pihak berwenang bergerak hanya untuk menangkap tersangka yang biasa (tidak spesial).

Pada saat review dan berbagai algoritma update untuk memberantas spam rampung, tidak semua jenis industri terkena dampaknya, hanya sebagian saja, itupun karena jenis pelanggarannya sudah sangat jelas.

Baca Juga:   Yuk Ikut SEO Salary Survey 2024, Pertama di Indonesia!

Sehingga Roger merasa bahwa HCU tidak akan banyak memengaruhi website secara keseluruhan.

Apa yang Harus Kita Lakukan Terkait Core Update?

Saat ini belum ada saran apapun untuk merespon September 2022 core update, karena beberapa pemain affiliate marketing juga masih diam tak bersuara.

Ada baiknya sekarang Anda fokus, waspada dan cek akun Google Search Console Anda, apakah ada perubahan mendadak atau tidak.

Kemudian tunggu beberapa waktu, karena mungkin SERP mengalami bounce (guncangan/perubahan) di beberapa minggu ke depan.

Biarkan update ini selesai, sebelum kita mencoba memecahkan masalahnya (jika ada).

Penutup

Itulah informasi terbaru mengenai Google September 2022 Core Algorithm Update.

Terkait update ini, respon search community cukup baik, mereka berharap update kali ini akan membuat SERP menjadi lebih baik.

Lalu, bagaimana dengan tanggapan teman-teman DailySEO?

Silakan beritahu kami dengan cara menuliskan komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram Daily SEO di sini, jangan lupa untuk berperan aktif di dalam grup ya!

Sumber:

Searchenginejournal

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

7 Comments

  1. pandangan ane, pengaruh backlink aga berkurang. namun content is the king adalah prioritas skr.

  2. web gw udah kena dampaknya….langsung melorot lebih dari 20 peringkat…padahal kagak pake backlink2an….dan kointen udah bagus dari segi bobot..makin aneh nih google skrg..kyknya kita dipaksa pake google ads deh

  3. Rangking beberapa artikel drop, dan trafik jadi terjun bebas. Menunggu sharing lebih lanjut apa yang mesti dilakukan untuk memperbaiki lagi peringkat blog diserp.

  4. Pingback: Google Selesai Rilis Core Update Maret 2023, Ini Dampaknya! - DailySEO ID

Write A Comment